Jajanan Tradisional yang Dapat Ditemukan dengan Mudah

  • 1
    Share

Indonesia adalah negara yang beruntung, sebab banyak kuliner enak tersedia dengan berbagai rasanya. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di banyak tempat. Salah satu kuliner yang menarik dicoba adalah jajanan tradisional Indonesia.

Setiap daerah biasanya memiliki jajanan khas yang menjadi buruan pencari oleh-oleh. Berikut adalah beberapa jajanan tradisional yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar dengan harga yang cukup murah.

Aneka Jajanan Tradisional

Jajanan tradisional Indonesia

1. Lumpia

Yang pertama, mari berkenalan dengan lumpia yang merupakan jajanan khas Semarang. Lumpia adalah perpaduan antara kuliner tradisional Indonesia dan Tionghoa. Lumpia memiliki kulit yang garing dan biasa diisi dengan rebung.

Ada 2 jenis lumpia yang biasa dijual yakni lumpia basah dan lumpia goreng. Terdapat juga versi sederhana lumpia yang berisi bihun, namun itu bukan dari Semarang.

2. Risol

Selanjutnya risol, jajanan ini bercita rasa gurih ini terdiri dari lapisan kulit dan isian yang disukai banyak orang. Kulit risol terbuat dari tepung cair yang didadar. Sebelum digoreng, risol kembali dilapisi dengan tepung roti.

Terdapat 3 varian risol yang bisa ditemukan di pasar yakni risol berisi sayuran, risol isi daging, dan yang paling mudah ditemui sekarang adalah risol mayo. Jajanan ini kerap dijadikan pengganjal perut pengganti sarapan oleh banyak orang termasuk pelajar sekolah.

3. Tahu Goreng

Akan sangat mudah menemukan gorengan yang satu ini. Dengan berbagai variannya, tahu goreng adalah makanan yang hampir selalu ada. Tahu goreng dapat diisi dengan campuran sayuran seperti wortel, kol, dan taoge.

4. Bakwan

Selanjutnya adalah jajanan yang punya banyak nama yakni bakwan. Gorengan ini memiliki banyak nama lain, misalnya bala-bala, ote-ote, bikang doing, weci, dan pia-pia. Perbedaan nama tersebut kadang terpengaruh oleh isian dan teksturnya.

Ciri khas bakwan bisa dilihat dari bentuknya yang tidak teratur dan kadang seperti mangkuk. Apapun jenis dan isiannya, semua penikmat tentu setuju kalau bakwan paling nikmat disantap bersama cabai pedas.

5. Pastel

Masyarakat umum menyebut kue ini sebagai pastel. Di Makassar, jajanan ini disebut sebagai jalangkote. Meski mirip, terdapat perbedaan pada kulit adonan yang relatif lebih tipis dan biasanya disajikan bersama sambal cair.

Jajanan tradisional ini berbahan dasar tepung. Pastel dibuat dari adonan tepung padat yang ditipiskan kemudian diberi isian sesuai keinginan dan dibentu seperti kerang. Terakhir, itu akan dimasak dengan cara digoreng.

Isian yang dipakai biasanya adalah sayuran seperti kentang, wortel, taoge, telur, dan terkadang ditambah bihun. Terdapat beberapa jenis kue pastel yaitu pastel basah, kering, dan pastel tutup.

6. Klepon

Jajanan dengan rasa gurih dan manis ini adalah jajanan pasar yang unik. Klepon berbentuk bola kecil yang diselimuti kelapa parut putih dengan isian gula jawa. Saat klepon digigit, maka sensasi letusan gula jawa yang manis akan menggoyang lidah.

7. Bolu Kukus

Bolu kukus adalah kue khas Indonesia yang berbahan dasar tepung terigu. Dalam penyajiannya, bolu kukus tampil seperti bunga merekah dengan berbagai warna. Bahan dasar bolu kukus adalah tepung terigu yang dicampur dengan telur, mentega, gula, dan air soda.

8. Kue Ku

Kue angku, kue tok, atau kue ku adalah kue Indonesia yang terbuat dari tepung ketan isi kacang hijau halus. Warna merah seperti kura-kura adalah ciri khas yang melekat pada kue kenyal nan legit satu ini.

9. Nagasari

Nagasari (dibaca nogosari oleh orang Jawa) adalah jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula. Perpaduan tersebut dibuat menjadi adonan yang kental dan lengket, terakhir biasanya diberi potongan pisang.

Nagasari dikukus dalam daun pisang atau daun pandan agar baunya lebih harum. Jajanan murah yang satu ini dapat ditemukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh.

10. Kue Talam

Kue talam memiliki penampilan seperti kue dua lapis, lapisan atas selalu berwarna putih sedangkan lapisan bawahnya beraneka ragam tergantu keinginan. Di Sumatra, ada kue yang mirip dengan kue talam. Kue tersebut dikenal dengan nama kue lumpang atau kue gandus.

Kamu bisa menemukan berbagai jenis kue talam di pasar yang dibedakan dari bahan baku dan warnanya. Pada dasarnya, kue ini berbahan baku tepung, namun terkadang bisa ditambah ubi atau jagung jika mau. Kue ini akhirnya dimasak dengan cara dikukus.

11. Lemper

Lemper adalah jajanan kesukaan banyak orang. Panganan berbahan dasar beras ketan ini dimasak bersama santan. Adonan ini biasanya diberi isian tumisan ayam atau abon. Sebelum dikukus, lemper akan dibungkus daun pisang terlebih dahulu.

11. Kue Dadar Gulung

Dadar gulung yang biasa ditemukan di pasar berbahan dasar terigu. Untuk membuat dadar gulung, terigu yang telah disiapkan dibuat menjadi adonan dadar tipis berwarna hijau. Untuk menambah cita rasa, dadar gulung diisi kelapa parut yang tercampur gula jawa sebelum digulung.

12. Onde-Onde

Jajanan tradisional ini memiliki bentuk yang sangat unik. Dengan bentuk bola bertaburan biji wijen, onde-onde memiliki tekstur yang kenyal dan rasa gurih dan manis. Onde-oden adalah jajanan tradisional khas peranakan yang berisi campuran kacang hijau halus dan gula.

13. Kue Sus

Dalam bahasa Prancis, kue sus disebut sebagai choux à la crème. Kue sus adalah kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla, daging, atau custard. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, lebih mudah basi.

Buat kamu yang coba buat kue sus, bisa coba mampir ke artikel resep kue sus isi vla vanila.

14. Kue Apem

Terdapat dua jenis kue apem yakni apem panggan dan apem kukus. Kue ini dibuat dari campuran berbagai bahan seperti tepung beras, santan, dan tape. Kue apem biasanya dicetak dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik.

15. Carabikang

Jajanan ini cukup populer di Indonesia terutama di Pulau Jawa. Carabikang adalah kue manis khas Indonesia terbuat dari tepung terigu. Sebagai jajanan yang cukup digemari, carabikang memiliki bentuk seperti bunga yang merekah dengan berbagai warna yang menarik.

16. Kue Cucur

Kue cucur, kucur, kuih cuccur, atau dalam bahasa Thailand disebut khanom fak bua atau khanom jujun adalah kudapan tradisional khas di kawasan Asia Tenggara termasuk Malaysia, Indonesia, dan Thailand bagian selatan.

Jajanan tradisional ini berbentuk bundar namun agak ceper. Warnanya yang cokelat dan teksturnya agak kenyal tentu sangat nikmat disantap. Bahan utama pembuat kue cucur adalah tepung beras yang diberi gula merah.

17. Pisang Goreng

Jajanan tradisional ini sangat mudah ditemukan di negara Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Pisang goreng sebenarnya dapat dibuat dengan mudah, cukup kupas kulit buah pisang, potong, lalu goreng. Buah pisang juga dapat dipadukan dengan taburan meses atau susu kental manis.

Untuk kamu yang coba belajar membuat pisang goreng, kamu bisa membaca artikel resep rahasia membuat pisang goreng.


  • 1
    Share