Jarak Bumi ke Bulan Muat Diisi Semua Planet Tata Surya

Ilustrasi jarak Bumi dan Bulan
Ilustrasi jarak Bumi ke Bulan. Astari Kusumawardhani/CNN Indonesia

Planet Bumi yang kita huni sekarang ini memiliki satu satelit alami yaitu Bulan. Dengan ukurannya sekarang, tentu tidak sulit bagi kita melihat Bulan dengan mata telanjang. Padahal jarak Bumi dengan Bulan sebenarnya cukup jauh.

Menurut data badan antariksa Amerika Serikat yakni National Aeronautics and Space Administration (NASA), jarak antara Bulan dan Bumi adalah sekitar 384.400 kilometer.

Dengan jarak itu, seluruh planet di Tata Surya ternyata muat dijejer dalam satu garis lurus. Mungkin kita tidak bisa melakukannya, namun fakta unik yang satu ini sangat beralasan.

Dilansir CNN Indonesia dari laporan Universe Today, berdasarkan data NASA, planet terdekat dengan bintang induk kita yakni Merkurius memiliki diameter sepanjang 4.879 kilometer, Venus berdiameter 12.104 kilometer, dan diameter planet merah Mars sekitar 6.771 kilometer.

Lalu, planet raksasa gas Jupiter memiliki diameter sepanjang 139.822 kilometer, diameter planet bercincin Saturnus 116.464 kilometer, lalu Uranus dan Neptunus masing-masing memiliki diameter sepanjang 50.724 kilometer dan 49.244 kilometer.

Dilihat dari ketujuh planet tersebut, jika semuanya dijumlahkan maka akan senilai 380.008 kilometer. Semua planet bisa tersusun berderet di ‘celah’ antara Bumi dan bulan, bahkan masih tersisa 4.392 kilometer.

Jika Pluto yang dianggap mantan planet turut dimasukkan, ternyata masih muat juga. Pluto memiliki diameter sekitar 2.300 kilometer. Dari 384.400 masih tersisa sekitar 2.092 kilometer. Sungguh menakjubkan bukan?

Buat kamu yang ingin tau lebih banyak fakta luar angkasa lainnya, silakan buka Fakta Menarik Luar Angkasa yang Menakjubkan.

Terima kasih.