Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Kegiatan rumah yang bisa dilakukan

Berada di rumah dalam waktu lama bisa membuat kita merasa tertekan, apalagi tanpa kegiatan yang menarik.

Kita sebagai manusia yang memiliki rasa bosan, tentu perlu referensi tentang suatu hal baru yang menarik.

Beruntungnya, kamu menemukan artikel ini. Berikut beberapa kegiatan yang bisa coba kamu lakukan sekarang agar tidak bosan dengan aktivitas itu-itu saja.

Mari kita mulai.

1. Dekati Musik

Buat kamu yang tidak pernah mencoba bermain musik, sekarang adalah kesempatan buatmu untuk mencobanya.

Tidak memiliki alat musik?

Kamu bisa mengunduh aplikasi alat musik apapun di ponselmu atau FL Studio di laptopmu. Di internet juga banyak tutorial bermain alat musik. Mulai dari gitar, biola, piano, drum, saxophone, dan lainnya.

Jika kamu enggan bermain musik, coba lihat dan dengarkan berbagai musik yang belum sempat kamu nikmati.

Kita sekarang dapat menikmati musik aliran apapun menggunakan alat yang kamu gunakan untuk membaca artikel saya ini.

2. Mulai Menggambar

Meski zaman semakin modern, kita tetap bisa menggambar dengan alat dan media yang relatif sederhana.

Kita dapat melihat bahwa kreativitas adalah hal yang semakin mahal dewasa ini. Mungkin saja, kegiatan yang kamu lakukan ketika di rumah ini adalah masa depanmu.

Kamu bisa menggambar di kertas atau menggunakan software grafis. Beruntungnya, saya beri bonus buatmu yang mau memanfaatkan software grafis sebagai mediamu.

Ada banyak platform yang bisa memberimu penghasilan apabila kamu dapat membuat karya terbaik.

3. Mulai Menulis

Menulis adalah hal lain yang bisa kamu coba. Keadaanmu sekarang bisa kamu kemas dengan menarik dan publikasikan melalui berbagai platform yang telah tersedia sekarang ini.

Menulis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang di zaman digital saat ini.

Kamu bisa memulainya dengan menuliskan kegiatan yang kamu lakukan hari ini. Hal ini seperti yang saya lakukan dalam artikel yang kamu baca sekarang.

4. Membuat Video

Saya tidak akan berbicara banyak soal YouTube karena semua orang sudah mengetahuinya. Saya akan berbicara mengenai kemampuan pengolahan video. Kemampuan tersebut, kini dihargai mahal.

Jikapun tidak menjadi YouTuber, kemampuan ini bisa kamu manfaatkan sendiri untuk segala kebutuhan yang berkaitan dengan pemasaran.

Pemasaran menggunakan media video relatif lebih menarik karena target tidak disuguhi banyak tulisan yang mengganggu. Hampir segala bisnis membutuhkan pemasaran berbasis video.

5. Membaca Buku dan Artikel Menarik

Buku adalah jendela dunia. Jika tak ada buku HP pun jadi jendelanya. Buat kamu yang sudah bosan dengan bahasan itu-itu saja, kamu bisa membuka buku lama yang pernah kamu beli namun belum sempat terbaca.

Buku itu mungkin saja memancingmu untuk mencari bahan bacaan yang lebih beragam di internet.

Kamu juga bisa membaca artikel-artikel menarik di internet. Salah satu platform yang harus kamu coba adalah Quora.

Di sana kamu bisa membaca jawaban-jawaban menarik yang mungkin tidak bisa kamu temukan di internet.

5. Melihat Video Menarik

Video adalah jenis konten paling menarik yang bisa kita nikmati sekarang ini. Kita dapat menikmati konten berbasis video di banyak platform entah itu YouTube, Instagram, atau TikTok.

Tapi jika kamu datang ke sini karena sudah mencobanya, kamu bisa memanfaatkan fitur cari dan mencari kanal baru yang belum pernah kamu lihat.

Selain menggunakan fitur cari, kamu bisa mulai merapikan daftar langgananmu. Tidak perlu merasa bersalah hanya karena kamu melakukan unsubscribe.

Mungkin saja dengan melakukan kegiatan tersebut, beranda YouTube memberikan daftar video-video baru yang menarik.

Selain itu, kamu juga bisa marathon melihat drama atau film yang belum sempat kamu nikmati karena rutinitas yang sangat padat. Banyak platform yang bisa kamu manfaatkan seperti Netflix.

6. Bermain Game

Mungkin kamu harus mencoba untuk bermain game. Cari game-game seru untuk dimainkan. Di zaman sekarang ini, banyak pilihan game yang bisa kamu coba jika kamu hanya ingin membuang rasa bosan.

Mulai dari game papan sederhana seperti Sudoku hingga game dengan genre aksi petualangan seperti GTA V. Permainan tersebut bisa mengobati rasa bosanmu yang teramat sangat.

Selain itu, kamu juga bisa menciptakan permainanmu sendiri semisal monopoli dan hide-and-seek. Permainan ini relatif sederhana, namun tetap bisa mengobati rasa bosanmu.

Kamu bisa melihat daftar konten saya tentang game online untuk pembahasan yang lain.

7. Berolahraga

Banyak yang bilang bahwa kita harus selalu menjaga kesehatan. Kita dapat berolahraga di rumah. Olahraga yang dapat kita lakukan di rumah juga relatif beragam. Kita bisa melakukan olahraga tanpa alat seperti push-up, sit-up, atau pull-up.

Selain itu, kita juga bisa melakukan olahraga sebagai hukuman sebuah permainan. Menarik bukan?

8. Membuat Karya

Sebenarnya, poin satu hingga empat di atas juga termasuk karya. Namun, karya yang saya maksud di sini adalah kerajinan seperti origami dan pemanfaatan kain perca.

Sebab, bisa saja apa yang coba kamu lakukan adalah hal yang menarik untuk dilakukan setidaknya beberapa hari ke depan.

Prinsipnya, jika kamu adalah orang yang mudah bosan, janganlah melakukan kegiatan yang bersifat rutinitas.

Lakukan hal-hal di atas secara acak dan tidak teratur sehingga setiap harinya ada suatu rasa tertarik akan suatu hal yang belum sempat dicoba pada hari itu.

Saya rasa ini saja yang dapat saya bagikan. Semoga apa yang saya tulis benar-benar menginspirasimu mencoba hal baru ketika melakukan kegiatan di rumah aja.

Terima kasih.