Keuangan Masa Muda: Gaya Hidup Jangan Ketinggian

  • 1
    Share

Tingkat keuangan di masa muda relatif tidak terlalu mapan. Terlebih jika tiba-tiba terjadi masalah keuangan karena entah karena pandemi maupun pengelolaan keuangan tidak dilakukan dengan baik.

Untuk para milenial, kamu harus pintar-pintar mengelola keuangan agar tidak boncos. Berikut beberapa aturan penggunaan uang di masa muda.

Keuangan masa muda

1. Gaya Hidup sesuai Kemampuan

Lakukan gaya hidup yang sesuai dengan isi kantong. Jangan sekedar mengikuti ego bergaya tinggi namun penghasilan masih rogoh-rogoh kantong takut uang tidak cukup.

Jangan sampai ego mengontrol diri dan menjadi alasan menjalani gaya hidup tinggi. Fokus meningkatkan potensi diri untuk menaikkan kemampuan lalu menemukan sumber pendapatan tambahan untuk ditabung.

2. Hati-Hati Berkomitmen

Dalam hal menjalin sebuah hubungan, alangkah lebih baik jika tidak bersifat konsumtif, pasalnya hal tersebut dapat membuat pengeluaran menjadi lebih boros.

Lebih baik merencanakan keuangan untuk keperluan yang lebih penting. Hal-hal seperti hunian, membahagiakan orang tua, atau mencapai cita-cita adalah sesuatu yang penting.

3. Hindari masalah

Menghindar dari permasalahan yang seharusnya bisa dihindari patut dilakukan. Jangan malah sampai terjebak dalam lubang permasalahan yang tidak diinginkan sebelumnya.

Kebenaran dalam hal ini adalah tidak perlu mengambil banyak keputusan besar untuk mencegah terjadinya hal-hal riskan. Lakukan keputusan-keputusan besar dengan perlahan.

4. Efisien

Pertimbangkan untuk melakukan hal-hal yang benar-benar efisien. Satu contoh yang bisa dipikirkan adalah tentang kuta internet.

Jika berbicara internet, kamu diberi pilihan untuk memakai data seluler, wifi, atau memanfaatkan wifi gratisan. Keluarkan dana sesuai dengan kebutuhan.

Misal, saya adalah seorang live streamer, setiap hari saya harus live streaming agar mendapatkan penghasilan. Pilihan terbaik bagi saya adalah memasang wifi dengan koneksi cepat agar tidak putus sewaktu bekerja.

Contoh lain misalnya, saya adalah seorang pekerja kantoran. Saya hanya perlu bekerja di kantor. Pilihan terbaik bagi saya adalah memanfaatkan wifi kantor atau menggunakan data seluler, sebab keperluan saya hanya melakukan chating.

5. Karier Tidak Sesuai tapi Gaji Sesuai

Karier sangat menentukan kelangsungan hidup di masa mendatang, kita dituntut untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi komunitas agar mendapatkan penghidupan.

Beberapa orang di masa mudanya menjalani pekerjaan yang tidak pernah dipikirkan ketika masih kecil. Itu tidak salah dan wajar dilakukan apabila benar-benar mulai dari nol.

Dalam beberapa waktu setelah mereka bekerja, ternyata ada yang menikmatinya dan menjadi cinta dengan bidang tersebut dan ada pula yang masih ingin menggapai mimpi masa kecilnya.

Satu hal yang perlu dipikirkan di sini adalah tanggung jawab. Ketika kita memutuskan untuk melakukan sebuah hal, pastikan itu dilakukan guna memenuhi tanggung jawab.


  • 1
    Share