Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuhmu

Khasiat buah mangga

Dengan rasa manis dan sedikit masam yang terdapat pada buah mangga, menjadikannya enak untuk dinikmati. Buah yang satu ini dapat diolah menjadi jus maupun rujak. Satu gelas jus mangga yang dipotong mengandung 1,5 miligram vitamin E yang setara 10% kebutuhan harian.

Dilansir dari Times of India, mangga merupakan salah satu buah yang dapat membantu menurunkan berat badan. Mangga mengandung vitamin C, serat, dan pektin yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah jika berlebih.

Tidak hanya enak disantap, mangga juga bermanfaat untuk tubuh. Berikut adalah beberapa khasiat buah mangga yang perlu kamu ketahui, dilansir dari Livestrong.

Dukung Kesehatan Mata dan Tulang

Sebuah mangga kaya akan vitamin A yang menyehatkan. Kebutuhan tubuh akan vitamin A cukup banyak. Vitamin tersebut diperlukan untuk meningkatkan kesehatan mata dan pertumbuhan tulang. Satu buah mangga segar mengandung sekitar 35% kebutuhan harian vitamin A.

Cegah Penyakit Kardiovaskular

Sekitar 2,6 gram serat terdapat pada satu buah mangga. Serat dibutuhkan tubuh untuk membantu melancarkan saluran pencernaan yang terjadi pada tubuh sehingga dapat mencegah sembelit.

Diet tinggi serat dapat mengurangi potensi terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, serta penyakit divertikular.

Institute of Medicine merekomendasikan agar wanita setidaknya mengonsumsi serat 25 gram sehari untuk memperlancar proses pencernaan. Sementara pria mengonsumsi minimaal 38 gram agar dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Obat Anemia

Asam folat yang bisa ditemukan dalam buah mangga dapat digunakan untuk membantu mengobati anemia megaloblastik. Seperti diketahui, gangguan ini terjadi saat sel darah merah lebih besar dari biasanya.

Kamu membutuhkan 400 mcg folat setiap hari, sementara satu porsi mangga sudah cukup menyediakannya.

Cegah Bayi Lahir Cacat dan Keguguran

Folat dan vitamin B penting untuk menjaga kesehatan ibu yang hamil. Nutrisi tersebut dapat dipercaya dapat mencegah cacat lahir seperti spina bifida dan sumbing langit-langit mulut. Jika tubuh kekurangan asam folat bisa juga menyebabkan keguguran.

Kaya Nutrisi

Satu cangkir jus mangga segar memasok nutrisi yang menyehatkan. Salah satu yang paling penting adalah kandungan vitamin C 60 mg per porsi. Sebagai pengingat, wanita dewasa membutuhkan sekitar 75 mg vitamin C per hari dan pria membutuhkan sekitar 90 mg sehari.

Buah mangga memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi, satu porsinya memiliki 277 mg potasium. Mangga juga mengandung sejumlah nutrisi lain seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Seporsi mangga juga terkandung tembaga, selenium, mangan dan seng. Menambahkan buah mangga ke menu makanan sehari-hari dapat mencukupi asupan nutrisi penting itu dan merasakan khasiat di tubuhmu.

Apakah Makan Mangga Akan Memengaruhi Kadar Gula Darah?

Jika dikonsumsi secara normal, mangga pada dasarnya tidak akan memengaruhi kadar glukosa atau gula darah manusia. Sebab, buah mangga juga mengandung serat yang dapat memperlambat proses penyerapan gula pada tubuh.

Ketika tidak berlebihan memakan mangga, kadar gula dalam tubuh lebih sulit untuk naik. Tidak hanya itu, mangga juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mengurangi efek tekanan yang timbul karena kenaikan gula darah.

Terlebih, mangga kaya akan vitamin C yang berperan dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mangga adalah salah satu buah terbaik dalam mengatasi kolesterol. Mangga memiliki kalium tinggi, serta mampu mengontrol sel cairan tubuh dan tekanan darah.