Main Badminton saat Pandemi Corona, Apakah Beresiko?

  • 1
    Share

Main badminton saat pandemi Corona

Tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional. Peringatan itu dimaksudkan agar masyarakat Indonesia rajin berolahraga demi menjaga kesehatan.

Sehubungan dengan itu, olahraga adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan selama pandemi virus corona Covid-19. Alasan kebanyakan orang adalah untuk menghilangkan kebosanan.

Salah satu olahraga yang digemari masyarakat saat ini adalah badminton atau bulu tangkis. Namun, apakah aman main badminton saat pandemi?

Menjawab pertanyaan tersebut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, Sp.K.O mengatakan bahwa badminton termasuk olahraga yang tidak berbahaya untuk dilakukan selama pandemi Covid-19.

“Kalau disebut berbahaya, tidak. Selama kita tahu siapa yang berhadapan dengan kita. Kalau untuk kelas atlet, mereka akan diperiksa menggunakan rapid dan swab. Sementara orang dari luar ditahan, tidak boleh masuk,” kata dr. Michael, dalam Instagram Live PDSKO, Rabu 9 September 2020.

Di masyarakat, mereka yang bermain badminton biasanya tidak menerapkan protokol layaknya atlet. Tapi dr. Michael menjelaskan bahwa bulutangkis adalah olahraga yang menjaga jarak cukup jauh, dan hampir tidak ada kontak fisik antara pemain.

“Sementara kontak dekat jarang sekali kecuali netting, itu juga dibantu dengan panjang raket. Jadi risikonya cukup kecil. Tapi karena kita tidak tahu lawan bermain seperti apa, ini yang akan membuat permainan ini berpotensi menularkan Covid-19,” lanjutnya.

Dokter Michael pun menambahkan bahwa risiko penularan Covid-19 saat bermain badminton mungkin bisa ditularkan juga melalui kok yang dipegang bergantian.

Meski demikian, jika semua protokol kesehatan diperhatikan, main badminton saat pandemi aman dilakukan.


  • 1
    Share