Rekomendasi Makanan Khas Semarang yang Wajib Dicicipi

Saat ini, Semarang menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Ada berbagai macam makanan khas Semarang dan juga tempat wisata yang bisa kamu nikmati. Tentunya, dengan adanya perpaduan komplit tersebut akan membuat kamu lebih betah.

Apabila kamu dan keluarga sedang merencanakan berlibur di daerah Semarang. Maka, kamu bisa mencicipi juga makanan ala Semarang. Supaya banyak pilihan yang bisa kamu pilih, simak ulasan makanan atau oleh-oleh khas Semarang berikut.

Makanan Khas Semarang

Ada banyak makanan yang bisa kamu cicipi dan dijadikan oleh-oleh. Kamu tinggal memilih saja, mana makanan yang akan kamu cicipi di tempat dan mana makanan yang akan kamu jadikan oleh-oleh. Agar kamu memiliki pilihan yang beragam, berikut pilihan beberapa menu yang bisa kamu pilih.

1. Lumpia Semarang

Makanan khas Semarang
Lumpia basah

Pertama, makanan khas Semarang adalah lumpia. Makanan yang satu ini, memang menjadi salah satu incaran para wisatawan. Sehingga tidak salah jika banyak wisatawan yang mencicipi sekaligus menjadikannya oleh-oleh saat berkunjung ke Semarang.

Saat mencicipi makanan ini, lidah kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang gurih. Kamu akan merasakan perpaduan rebung, telur, dan juga ayam yang sangat nikmat. Kamu juga bisa memilih varian lumpia, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Pilihlah sesuai dengan selera lumpiamu.

2. Wingko Babat

Gambar makanan enak
Wingko babat

Makanan ini juga bisa menjadi alternatif oleh-oleh kamu saat berada di Semarang. Pastikan kamu membeli wingko dalam keadaan masih hangat. Pasti cita rasa yang akan kamu dapatkan akan semakin nikmat.

Wisata Traveloka

Bahan dari wingko sendiri, merupakan perpaduan antara tepung beras, tepung ketan, gula, dan juga kelapa. Saat kamu mencicipinya, maka kamu bisa merasakan rasa manis pada wingko ini. Bagi kamu pecinta kue, kamu wajib mencoba makanan khas yang satu ini.

3. Tahu Gimbal

Tahu gimbal khas Semarang
Tahu gimbal

Bagi kamu pecinta bumbu kacang, tidak ada salahnya untuk mencoba varian makanan bumbu kacang dalam bentuk tahu gimbal. Perlu diketahui bahwa tahu gimbal ini sangat berbeda dengan ketoprak. Sebab, ada tambahan petis pada ulekan bumbu yang akan digunakan.

Adanya tambahan petis inilah yang semakin menambah cita rasa tahu gimbal. Apabila tertarik untuk mencobanya, maka kamu bisa mencoba kuliner Semarang yang satu ini.

4. Babat Gongso

Babat gongso khas Semarang
Babat gongso

Sebagaimana namanya, makanan ini merupakan perpaduan antara babat dan bumbu rempah yang diolah dengan cara digongso atau disangrai. Kamu akan mendapatkan cita rasa yang sangat nikmat karena babat ini disajikan dalam keadaan bumbu meresap.

Jangan lupa untuk meminta nasi saat mencicipi makanan tradisional Semarang ini. Pasti akan tambah nikmat jika kamu menikmatinya dalam keadaan hujan.

5. Tahu Pong

Tahu pong
Tahu pong

Jika di Sumedang ada makanan khas tahu Sumedang, maka di Semarang kamu bisa menemukan kuliner khas Semarang berupa tahu pong. Kamu bisa mencicipi makanan ini dengan tambahan petis ataupun bumbu kecap.

Selain mencicipinya ditempat, kamu juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh. Pastikan kamu membawanya dalam jumlah banyak karena dijamin pasti kamu akan ketagihan mencicipinya.

6. Wedang Tahu

Wedang tahu
Wedang tahu

Jangan salah persepsi dengan namanya. Bukan berarti wedang yang disajikan adalah wedang dengan campuran tahu. Melainkan, ada campuran kembang tahu dan juga kuah jahe dalam sajian wedang tahu ini. Sehingga perpaduan tersebutlah yang menjadikan wedang ini menjadi wedang tahu.

Akan sangat pas, jika kamu mencicipi ini saat malam hari. Meskipun begitu, kamu juga bisa mencicipi makanan ini saat siang hari. Dimana fungsi dari makanan ini adalah membuat segar tenggorokanmu.

7. Tahu Petis

Tahu petis Semarang
Tahu petis

Masakan ini adalah gorengan tahu yang berisikan saus petis udang dengan cita rasa unik. Makin mantap disantap selagi panas ditemani pedasnya cabai rawit.

Tahu petis merupakan kuliner yang banyak diburu di Semarang. Tahu petis terbuat dari tahu pong yang digoreng matang tidak terlalu asin dan kemudian dibelah tengahnya untuk diisi saus petis.

8. Soto Bangkong

Soto bangkong
Soto bangkong

Bangkong dikenal luas sebagai sebutan dari katak berukuran besar. Namun, Soto Bangkong di Semarang tidak berarti soto daging katak.

Ini merupakan soto ayam khas Semarang yang namanya diambil dari lokasi tempat warung soto itu berdiri. Selain suwiran ayam, soto bangkong berisi irisan tomat, tauge, bihun, bawang merah, dan banyak bawang putih.

9. Pisang Plenet

Pisang plenet cemilan khas Semarang
Pisang plenet

Cemilan ini bisa menjadi pengganti lumpia bila sedang berlibur ke Semarang, Jawa Tengah. Jajanan khas ini telah 66 tahun ikut meramaikan dunia kuliner kaki lima di Kota Atlas itu. Kamu bisa menikmati jajanan ini dengan harga mulai dari Rp10.000. Kamu bisa meminta tambahan topping meses atau keju bila mau.

10. Mie Kopyok

Mie kopyok gambar makanan khas Semarang
Mie kopyok

Ini adalah masakan berbahan dasar mi dari Semarang dengan isian mie kuning, taoge, tahu, lontong, taburan seledri, dan kerupuk gendar di atasnya.

Mi kopyok ini adalah salah satu makanan khas Kota Semarang yang susah ditemukan di tempat lain. Kebanyakan mi kopyok dijajakan dengan gerobak keliling dari kampung ke kampung.

11. Mangut Kepala Manyung

Mangut kepala manyung
Mangut kepala manyung

Makanan ini bisa kamu jadikan alternatif jika sedang ingin menikmati kuliner ikan laut. Mangut kepala manyung merupakan makanan khas Semarang yang diracik dari bahan kepala ikan manyung, daging manyung asap, tomat, santan, dan cabai.

Yang khas dari masakan ini adalah kuah santan kental dengan rasa khas ikan mangut yang nikmat. Mangut kepala manyung biasanya dinikmati bersama nasi hangat dan perkedel. Mangut kepala manyung ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 25.000 per porsinya.

12. Bandeng Presto

Bandeng presto Semarang yang enak
Bandeng presto

Yang khas dari bandeng presto Semarang adalah ikan bandeng sudah dipresto terlebih dahulu sebelum disajikan sehingga duri bandeng yang keras menjadi lunak dan menjadi enak untuk dimakan.

Bandeng presto diberi bumbu berupa bawang putih, garam, dan kunyit. Bandeng Presto dapat dijumpai di seluruh kota dengan harga Rp 40.000 per boks berisi 5 ikan.

Itulah beberapa makanan khas Semarang yang enak untuk dijadikan oleh-oleh. Jangan lupa membawakan makanan khas ini untuk keluarga kamu di rumah. Pasti akan sangat bahagia keluargamu, jika kamu tetap ingat untuk membawakan oleh-oleh.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup