Makanan Khas Yogyakarta yang Lezat dan Nikmat

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang membuat orang rindu untuk mengunjunginya. Sajian pemandangan alam yang menawan dengan makanan khas Yogyakarta yang menggoda, membuat orang selalu ingin kembali untuk menikmati suasana Yogyakarta.

Jika kamu berencana menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi wisatamu, maka jangan lupa untuk menikmati makanan khas yang ada di kota ini. Liburan kamu akan menjadi lebih lengkap, jika kamu tidak hanya menikmati wisatanya saja.

Makanan Khas Yogyakarta

Terkenalnya Yogyakarta sebagai kota budaya, membuat masyarakat Yogyakarta masih kental dengan budayanya. Begitu juga dengan masakan makanannya yang masih kental dengan bumbu rahasianya.

Apabila sedang berada di Kota Jogja, kamu juga perlu mencicipi berbagai sajian makanan khas. Untuk memberikan kamu rekomendasi dalam berwisata kuliner, berikut beberapa makanan yang bisa kamu cicipi saat berada di Yogyakarta.

1. Gudeg

Gudeg, makanan khas Yogyakarta
Gudeg

Salah satu yang menjadi makanan khas Yogyakarta adalah gudeg. Makanan ini erat dikaitkan dengan Yogyakarta. Sehingga, orang-orang akan mencicipi makanan khas Yogyakarta ini saat berada di Yogyakarta.

Begitu juga dengan kamu yang saat ini telah berwisata ke Yogyakarta. Jangan lupa untuk mencicipi makanan lezat ini. Kamu bisa memadukan gudeg yang kamu cicipi dengan lauk yang beragam. Dari mulai ayam kampung hingga telur, bisa kamu tambahkan ke dalam piringmu.

Wisata Traveloka

Gudeg sendiri biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), nangka muda (gori), potongan ayam kampung, telur, tahu, dan sambal goreng krecek.

2. Sate Klatak

Sate Klatak
Sate Klatak

Makanan satu ini, juga menjadi salah satu makanan khas Yogyakarta yang sedang hits. Banyak wisatawan yang tak mau meninggalkan untuk tidak mencicipi sate klatak saat berada di Yogyakarta. Sajiannya yang unik, membuat sate ini nikmat untuk kamu nikmati.

Selain sate, kamu juga bisa mencoba menu lainnya seperti tongseng ataupun gulai. Karena biasanya penjual sate klatak juga menyediakan tongseng dan juga gulai. Rasanya akan terasa nikmat jika kamu nikmati dalam keadaan masih hangat.

3. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah
Tengkleng Gajah

Jangan salah persepsi dulu dengan nama yang digunakan pada menu ini. Maksud kata gajah pada makanan ini bukan berarti menggunakan daging gajah. Hal itu hanya untuk menunjukkan ukuran makanan ini. Kamu bisa menikmati menu tengkleng dalam porsi yang besar.

Kamu bisa mencicipi tengkleng dengan isian daging, jeroan, dan juga tulang yang disajikan dalam keadaan masih hangat. Akan sangat nikmat jika kamu menikmatinya dengan tambahan nasi.

4. Oseng Mercon

Oseng Mercon
Oseng Mercon

Bagi kamu pecinta makanan pedas, kamu bisa mencoba oseng mercon. Tingkat rasa pedasnya yang sangat pas untuk para pecinta pedas, membuat makanan ini menjadi salah satu menu yang paling banyak dicari oleh para wisatawan.

Berbahan dasar cabai rawit membuat masakan ini menggugah selera pecinta pedas. Masakan ini memiliki tekstur berminyak dengan sedikit rasa gurih.

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan ini saat berada di sini. Pastikan kamu mencobanya dengan ditambahkan nasi agar lebih nikmat makanan yang kamu cicipi.

5. Tiwul

Tiwul khas Yogyakarta
Tiwul

Selanjutnya, makanan khas dari Yogyakarta adalah tiwul. Mungkin, rasa makanan pengganti nasi ini akan sedikit asing untuk kamu nikmati. Namun, jika kamu sudah mencicipinya sekali saja, maka kamu akan ingin mencobanya terus.

Pastikan kamu memilih tiwul yang dijual dengan beraneka rasa karena biasanya, kamu bisa menemukan tiwul dengan rasa original. Namun jika berkunjung ke Imogiri, kamu bisa mencicipi tiwul dengan beraneka rasa. Ada yang dicampur coklat, original, dan masih banyak rasa lainnya.

6. Bakpia Pathok

Bakpia Pathok
Bakpia Pathok

Makanan yang satu ini, bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Bentuk bakpia pathuk yang praktis dan rasanya yang manis akan membuat orang suka untuk mencicipinya. Kamu bisa membeli makanan ini di sepanjang jalan Yogyakarta.

Jadi, sangatlah mudah untuk membeli makanan Yogyakarta satu ini. Jika tertarik untuk menjadikannya oleh-oleh, kamu bisa menuju ke pusat oleh-oleh khas Jogja yang ada di daerah Malioboro.

7. Bakmi Jawa

Bakmi Jogja
Bakmi Jogja

Masakan bakmi jogja atau lebih dikenal bakmi jawa merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu masakan khas Jawa. Terkstur mie yang lembut dan gurih menjadikan masakan ini sangat digemari oleh semua kalangan.

8. Sate Kere

Sate Kere Jogja
Sate Kere Jogja

Satu masakan yang bisa kamu jumpai di Pasar Beringharjo adalah sate kere. Kamu bisa mencoba makanan ini saat berkunjung ke Yogyakarta dengan harga relatif murah.

9. Belalang Goreng

Belalang goreng
Belalang Goreng

Walang goreng merupakan salah satu masakan khas Gunungkidul yang banyak dijual di Kota Jogja. Memang unik, belalang bisa diolah menjadi makanan yang kaya protein dan renyah.

10. Gongso Kepala Sapi

Gongso kepala sapi
Gongso Kepala Sapi

Saat mampir ke Bantul, Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir mencicipi makanan unik yaitu gongso kepala sapi. Gongso pada umumnya adalah babat sapi, daging ayam, atau daging sapi yang dimasak dengan bumbu hingga empuk dan menyisakan sedikit kuah.

Namun di Warung Gongso Jolgo Mas Iyan, Dusun Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, gongso kepala sapi jadi sajian utama yang mengundang banyak orang untuk mencobanya.

Pilihan makanan khas Yogyakarta memang sangatlah banyak. Pastikan kamu menyukainya dulu agar kamu bisa menikmati makanan yang ingin kamu cicipi. Jangan lupa juga untuk membelikan oleh-oleh keluarga kamu yang berada di rumah.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup