Makanan Pembentuk Otot [Temukan dengan Mudah]

makanan pembentuk otot

Banyak orang setuju bahwa seseorang yang mempunyai otot proporsional itu menarik. Berbagai cara dilakukan mulai dari melakukan latihan rutin, menjalankan pola hidup sehat, dan tentunya memakan makanan pembentuk otot.

Sayangnya, makanan seperti junk food bukanlah makanan yang termasuk dalam kategori ini. Kamu perlu mengurangi bahkan menghindari makan makanan cepat saji apabila ingin memaksimalkan program latihanmu.

Makanan Pembentuk Otot

Saat ingin membentuk otot, kita disarankan untuk makan makanan yang banyak mengandung protein. Berikut makanan pembentuk otot yang bisa dikonsumsi saat menjalani program latihan.

Telur Ayam

Telur ayam merupakan salah satu sumber protein termudah yang bisa kamu temui. Banyak atlet dan binaragawan akan setuju dengan hal ini.

Setengah gram asam amino leusin dalam telur merupakan sumber energi bagi otot-otot yang hendak kamu bentuk. Baik kuning telur maupun putih telur, keduanya dapat bermanfaat bagi otot.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa mengonsumsi setidaknya 3 butir telur per hari untuk mengimbangi latihan pembentukan otot.

Daging Sapi

Daging sapi diketahui dapat membantu pembentukan otot secara klinis. Meski relatif mahal, kita bisa dengan mudah menemukan daging sapi di pasar lalu mengolahnya agar bisa dikonsumsi secara rutin.

Banyak nutrisi yang terkandung dalam daging sapi namun yang terpenting dalam sepotong daging sapi setidaknya terdapat protein dan lemak.

Daging Ayam

Daging ayam merupakan satu dari sekian sumber protein hewani yang mudah didapat dan dimasak. 100 gram daging ayam di bagian dada setidaknya terkandung 30 gram protein atau sekitar 30%.

Sebagai catatan, ayam memiliki lebih sedikit kandungan lemak dibandingkan dengan daging sapi.

Tahu

Berbahan baku susu kedelai, tahu dikonsumsi oleh beberapa orang sebagai pengganti daging. Tahu juga dianggap sebagai salah satu pilihan makanan bagi vegan dan vegetarian.

Tahu adalah sumber protein nabati, leusin, dan kalsium nabati yang dibutuhkan oleh otot.

Tempe

Sama seperti tahu, tempe merupakan makanan berbahan baku kedelai. Makanan khas Indonesia ini kaya akan kandungan gizi. Tempe setidaknya menyediakan 41% kebutuhan protein harian tubuh.

Kita bisa dengan mudah mengolah tempe mulai dari digoreng, direbus, dibacem, atau yang lainnya.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah bahan baku dari banyak makanan kaya protein seperti tahu dan tempe. Kacang kedelai juga mengandung leusin. Leusin merupakan salah satu jenis asam amino yang dibutuhkan dalam proses pembentukan otot.

298 kalori, 29 gram protein, 17 gram karbohidrat, dan 15 gram lemak terkandung dalam secangkir kedelai rebus. Selain itu, kedelai adalah salah satu antioksidan yang bisa dengan mudah kita temui.

Ikan Salmon

Mirip dengan daging sapi, ikan salmon juga memiliki kandungan asam omega-3 selain mengandung protein. Kandungan protein dalam salmon sangat baik bagi tubuh.

Jika tidak suka ikan salmon, kamu dapat bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan untuk mendapatkan manfaat dari ikan ini.

Pisang

Di dalam buah pisang terdapat sebuah zat bernama bromelain yang berperan penting dalam meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh.

Kandungan dalam buah pisang itu secara tidak langsung ternyata mempengaruhi proses pembentukan otot.

Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang sangat bergizi dan memiliki manfaat bagi kesehatan yang luar biasa. Meski tidak mengandung banyak kalori, nyatanya alpukat adalah makanan terbaik untuk menambah berat badan.

Setidaknya 332 kalori, 29 gram lemak, dan 17 gram serat terkandung dalam satu buah alpukat. Alpukat juga mengandung vitamin C, E, dan K yang dibutuhkan tubuh.

Penutup

Melakukan olahraga yang didukung dengan pola hidup yang sehat dapat mempercepat pembentukan otot.

Tidak ada jalan mudah untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Termasuk makanan, kita harus memperhatikan makanan pembentuk otot yang akan kita makan secara rutin.

Semoga latihan dan program pembentukan ototnya berhasil.

  • 1
    Share