Makanan yang Bisa Dikonsumsi oleh Penderita Tipes

  • 1
    Share

Kenapa orang yang sakit tipes harus menjaga asupan makanannya?

Mudahnya, agar proses pemulihan tubuh penderita tipes lebih cepat. Penderita tipes perlu diperhatikan asupan gizinya.

Tipes (demam tifoid) adalah penyakit menular yang menyerang sistem pencernaan.

Tipes disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Hal ini mampu menyebabkan sistem pencernaan mengalami peradangan.

Nah, berhubung tipes merupakan jenis penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan, penderita tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan sembarangan.

Ada beberapa makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tipes. Apa saja makanan itu?

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Tipes

Makanan penderita tipes

Pertama-tama mari kita bahas tentang makanan yang diajurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tipes.

Sepertinya mudah menemukan makanan-makanan di bawah ini.

1. Makanan yang Lembut

Berhubung tipes merupakan jenis penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lembut, lunak, atau berkuah. Hal ini dilakukan agar makanan tersebut lebih mudah dicerna oleh pencernaan.

Pasalnya, sistem pencernaan orang yang mengalami tipes sedang dalam kondisi yang kurang baik dan akan susah mencerna makanan yang relatif kasar.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang lembut ini juga untuk menghindari komplikasi perdarahan di usus serta perforasi usus (muncul lubang-lubang di dinding usus).

Kamu bisa memilih makan bubur karena makanan ini bertekstur lembek bahkan cenderung encer. Kamu bisa menambahkan kaldu ayam agar protein yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi dengan baik.

Kamu juga bisa memakan makanan bertekstur lembut lainnya seperti nasi tim ayam, kentang tumbuk, atau puding.

2. Makanan Berprotein

Selain harus mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup, penderita tipes juga harus mendapatkan asupan protein yang cukup.

Protein sangat bermanfaat bagi tubuh karena sebagai sumber tenaga dan zat pembangun dalam tubuh.

Hal itu juga berlaku bagi penderita tipes karena dapat mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Ini disebabkan oleh kemampuan protein yang mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi.

Penderita tipes bisa mendapatkan protein yang cukup dari ikan rebus atau ikan yang di tim, atau makanan dengan protein lainnya seperti daging ayam bagian dada, hati ayam, telur, ikan, tahu, tempe, dan sebagainya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan ini sebaiknya dibuat lebih lunak dan berukuran lebih kecil dari biasanya.

Kamu bisa merebusnya, dibuat menjadi sup, atau dikukus. Hindari metode masak dengan cara digoreng. Menggoreng produk makanan tersebut akan membuatnya lebih keras dan sulit dicerna oleh pencernaan orang yang menderita tipes.

3. Makanan Rendah Serat

Berdasarkan hasil penelitan yang diterbitkan American Journal of Nursing, sementara waktu, penderita tipes tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung kadar serat tinggi.

Pasalnya, makanan yang mengandung serat tinggi sulit dicerna dan dapat mengiritasi usus yang sedang meradang.

Apabila ingin mengkonsumsi buah dan sayur, kamu disarankan untuk mengonsumsi jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan serat yang rendah.

Nah, berikut ini adalah beberapa buah rendah serat yang bisa kamu konsumsi. Meski rendah serat, buah-buahan ini tetap memiliki vitamin dan mineral penting bagi tubuh, sehingga bisa membantu proses pemulihan orang yang sedang sakit tipes. Buah-buahan tersebut di antaranya:

1. Pisang

Buah pisang sangat baik dikonsumsi oleh penderita tipes. Tekstur pisang matang yang umumnya lembek dan lebih lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran pencernaan.

Tidak hanya itu, tipes biasanya juga disertai dengan diare. Nah, kandungan kalium dalam pisang akan membantu menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh kamu ketika diare.

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang penuh nutrisi karena mengandung serat dan protein di dalamnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic menyebutkan bahwa alpukat merupakan buah yang sangat baik untuk pencernaan. Sebab, alpukat dapat menjaga ritme buang air besar agar tetap teratur dan berkala.

3. Melon

Melon merupakan buah yang mengandung serat paling sedikit dibanding dengan jenis buah-buahan segar lainnya. Meskipun rendah serat, tapi melon mengandung banyak nutrisi yang tidak kalah menyehatkan.

Di dalam satu buah melon terkandung 50 kalori, 108 persen vitamin A, 98 persen vitamin C, dan 12 persen kalium. Berbagai kandungan tersebut bisa membantu penderita tipes untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga bisa mempercepat proses pemulihan.

4. Buah Naga

Buah yang satu ini memiliki daging yang lembut dan tidak memiliki rasa yang tajam. Sehingga, buah naga bisa dengan mudah dicerna oleh orang yang sakit tipes.

Selain dari teskturnya, buah naga memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan berguna dalam mempercepat proses penyembuhan orang yang sakit tipes.

5. Anggur

Buah anggur kaya akan antioksidan berupa flavoid dan resveratrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute, resveratrol yang terkandung di dalam anggur mampu menangkal dampak yang disebabkan oleh peradangan serta pencegahan beberapa penyakit tertentu, termasuk tipes.

Sebelum mengonsumsi buah ini, pastikan anggur yang kamu makan adalah anggur manis dan sudah matang.

6. Semangka

Semangka adalah buah yang baik untuk sakit tipes. Kandungan yang paling banyak terkandung dalam daging buah semangka adalah air. Karena tingginya kandungan air, semangka memilliki kandungan serat yang rendah.

Sama halnya dengan melon, meski semangka memiliki serat yang rendah, nutrisi yang terkandung dalam buah ini tidak kalah menyehatkan dibandingkan dengan buah lainnya. Tidak hanya itu, semangka adalah sumber antioksidan yang sangat sangat baik bagi tubuh.

7. Buah-Buahan Lainnya

Selain buah yang sudah disebutkan di atas, beberapa buah-buahan lain yang juga baik dikonsumsi untuk orang sakit tipes adalah aprikot, blewah matang, buah persik, jeruk manis, dan pepaya.

Jika kamu mengalami sembelit, kamu bisa minum jus buah yang sudah disaring untuk mengurangi kadar seratnya dan dibuangnya ampasnya.

Itulah buah-buahan untuk penyakit tipes.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Tipes

Banyak orang suka dengan makanan pedas. Akan tetapi makanan jenis ini harus dihindari orang yang sedang menderita tipes. Tipes membuat usus kamu luka akibat infeksi bakteri Salmonella Typhi.

Makanan pedas tersebut akan membuat organ pencernaan terutama usus mengalami rasa panas hingga yang terburuknya adalah terjadi pembengkakan atau mungkin pendarahan. Hal ini tentu saja akan memperparah keadaan dan memperlama proses penyembuhan tipes.

Selain makanan pedas, ada beberapa makanan dan minuman lain yang harus dihindari saat terkena tipes, yaitu:

  • Makanan cepat saji.
  • Makanan berbumbu tajam.
  • Makanan mentah, seperti sushi dan salad (yang tanpa direbus)
  • Makanan berlemak tinggi, seperti santan dan gorengan.
  • Minuman berkafein, seperti kopi, soda, dan alkohol.

Ayo Mulai Hidup Sehat!

Itulah tadi makanan untuk orang sakit tipes.

Selain memperhatikan makanan, jangan lupa penuhi juga kebutuhan cairan. Tipes menimbulkan gejala diare. Itu sebabnya, penderita tipes rentan terkena dehidrasi. Jangan lupa cukupi kebutuhan cairan tubuh kamu dengan minum air putih sesuai anjuran.

Penderita tipes juga harus minum 8-12 gelas air putih per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menghindari risiko dehidrasi.

Jangan lupa untuk mengonsultasikan ke dokter terlebih dulu untuk memastikan makanan terbaik bisa kamu konsumsi sesuai dengan kebutuhan kamu. Dan terakhir, kamu masih boleh menggosok gigi serta membersihkan permukaan lidah untuk membantu mengatasi rasa pahit.


  • 1
    Share