Manfaat Minum Air Rendaman Serai secara Rutin

Kamu pasti sudah tidak asing dengan bumbu dapur yang satu ini. Panjang, terdapat batang sedikit bewarna putih, dan daun bewarna hijau. Benar, bumbu itu adalah serai.

Daun serai memiliki bau harum yang khas dan cocok ditambahkan dalam sebuah hidangan. Namun tahukah kamu kalau serai juga memberikan banyak khasiat untuk kesehatan?

Manfaat air rendaman serai

Mengutip Food NDTV, rupanya serai tak hanya bisa digunakan sebagai pelengkap hidangan saja. Kamu bisa membuat air putih serai atau air teh serai di rumah agar mendapatkan khasiat yang jauh lebih besar.

Cara ini sangat baik dan disarankan untuk penderita diabetes. Para peneliti berpendapat bahwa air rebusan serai lebih bermanfaat dibandingkan dengan pil vitamin.

Asalkan rutin mengonsumsinya, air rendaman serai akan memberi manfaat kesehatan. Salah satu manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari minum air rendaman serai adalah terkontrolnya gula darah.

Pengontrolan gula darah ini rupanya berkaitan erat dengan yang organ pankreas. Penelitian menunjukkan serai akan menjaga fungsi dan kerja pankreas dalam memproduksi insulin.

Semakin terjaga jumlah insulin dalam tubuh maka kandungan gula dalam darah dapat terkontrol. Selain untuk penderita diabates, ada juga manfaat lain dari mengonsumsi ekstrak serai. Berikut adalah beberapa manfaat serai untuk menjaga tubuh.

1. Menjaga Tekanan Darah

Serai mengandung kalium yang dapat membantu peningkatan produksi urin dalam tubuh. Hal tersebut nantinya bisa merangsang sirkulasi darah agar menurunkan tekanannya.

Dengan lancarnya sirkulasi darah, rendaman air serai ini juga bisa menjaga organ hati. Hati adalah organ yang bertanggung jawab menurunkan kadar kolesterol berlebih. Serai bisa membantu menyerap banyak kolestrol agar kesehatan organ dalam tetap terjaga.

2. Menjaga Pencernaan

Serai punya semacam energi pendingin yang bisa menurunkan suhu dalam perut. Terdapat sebuah zat yang bernama citral dalam serai. Zat itu bisa membantu dalam proses mencerna segala makanan.

Selain itu, zat tersebut dapat menyisihkan segala racun di usus. Efeknya tentu tubuh akan terhindar dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Menjaga Metabolisme dan Membakar Lemak

Sistem pencernaan terjaga tentu akan berdampak baik bagi metabolisme tubuh. Selain itu, proses pembakaran kalori akan berjalan lebih lancar dan itu dapat menunjang upaya menurunkan berat badan.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013 mengatakan bahwa polifenol yang ada pada serai akan meningkatkan metabolisme pada tubuh. Selain itu, polifenol bisa meningkatkan energi dan mempercepat oksidasi asam lemak dalam tubuh.