Manfaat Ceker Jika Kamu Konsumsi dengan Cukup

Manfaat mengonsumsi ceker ayam

Ceker memeiliki rasa tersendiri bagi penikmatnya. Apalagi jika tulang-tulang empuk di dalamnya termasak sempurna. Tak hanya enak, ceker juga memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh. Simak khasiat tak terduga dari makan ceker berikut ini.

Manfaat Makan Ceker

Dilansir Intisari dari Delishably, hasil penelitian Departemen Ilmu Hewan Universitas Chung-Hsing Nasional di Republik Tiongkok menunjukkan bahwa ceker ayam mengandung banyak kolagen.

Kolagen adalah protein utama yang terdapat pada kulit, tulang, tendon, tulang rawan, dan jaringan ikat. Berkat kolagen, tubuh dapat tersambung dan terikat satu sama lain secara kuat, elastis, dan terstruktur.

Selain kolagen, ada beberapa manfaat lain dari ceker ayam bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi ceker.

1. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makan ceker ayam bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dimungkinan oleh kandungan mineral dalamnya yang sangat bermanfaat untuk membangun kesehatan.

Ceker juga mengandung kolagen dan beberapa mineral seperti tembaga, magnesium, fosfor, seng, serta kalsium.

2. Meremajakan Kulit

Ceker ayam yang kaya kolagen juga baik untuk kesehatan kulit. Bagian ayam yang satu ini membantu proses regenerasi sel kulit dan mempertahankannya dari bahaya.

Ceker juga meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah kulit terlihat keriput. Karena efek ini, beberapa dokter menyarankan untuk memakan sajian dengan bahan dasar ceker untuk kecantikan kulit.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan kolagen dan sejumlah komponen protein pada ceker ayam berkemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan mengatasi kerusakan sel.

Infeksi jelas sangat berbahaya jika berlangsung dalam waktu lama. Dengan mengonsumsi ceker, hal itu dapat dengan mudah diatasi.

4. Tingkatkan Kekuatan Sendi dan Cegah Tulang Rapuh

Semakin bertambahnya usia membuat jumlah kalsium berkurang dan sel dalam tubuh makin sulit beregenerasi. Lain cerita jika kita mengkonsumsi ceker ayam secara teratur karena kandungan nutrisi dalamnya seperti kalsium, protein, tulang rawan, dan kolagen.

Nutrisi tersebut dipercaya dapat memperkuat persendian dan mencegah tulang rapuh ketika sudah berusia senja.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Ceker ayam mengandung lebih banyak protein kolagen daripada daging pada dada ayam. Salah satu fungsi protein kolagen pada ceker ayam adalah menurunkan tekanan darah.

Kolagen ini dapat menurunkan kadar renin plasma. Ceker juga mengandung kalium, sehingga orang yang memiliki hipertensi diperbolehkan mengonsumsi ceker ayam.

6. Atasi Gangguan Pencernaan

Ceker ayam diolah menjadi sup atau kaldu rasanya tentu sangat lezat. Semua nutrisi seperti protein, kolagen, kondroitin, dan glukosamin tentu masih ada dalam sup jika dimasak dengan benar.

Manfaat berbagai nutrisi dalam ceker sangat bagus untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

7. Mempertahankan Keseimbangan Hormon

Salah satu kunci terjaganya kadar hormon adalah kadar seng dalam tubuh. Ceker ayam mengandung kadar seng yang dapat memenuhi setidaknya 1/3 kebutuhan seng di setiap porsinya.

Lemak yang baik yang terkandung di ceker ayam juga meningkatkan kinerja kelenjar dalam tubuh, karena sejumlah kelenjar dalam tubuh bekerja dibantu oleh peran lemak sehat dalam tubuh.

8. Mengurangi Stres

Selain itu, ceker ayam juga memberikan beberapa jenis asam amino yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu jenis asam amino yang berada dalam cakar adalah arginin.

Arginin adalah jenis asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat arginin adalah membantu tubuh melepaskan hormon yang menyebabkan perasaan tertekan dan stres.