7 Manfaat Hula Hoop untuk Tubuh yang Lebih Sehat

  • 1
    Share

Manfaat hula hoop

Apa saja manfaat hula hoop?

Hula hoop adalah alat olahraga yang cukup populer dan banyak digunakan oleh orang-orang. Meski awalnya ditujukan untuk anak-anak, ternyata alat yang satu ini juga diterima oleh kalangan orang dewasa.

Jika kamu sedang mencari alternatif olahraga rumahan, mungkin bisa mempertimbangkan untuk bermain hula hoop. Selain menyenangkan, olahraga yang satu ini dapat dilakukan bersama orang terdekatmu juga.

Meski terlihat mudah, ternyata bermain hula hoop juga memiliki manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Melatih Otot Inti

Dilansir KlikDokter dari sebuah penelitian di International Journal of Applied Research menerangkan bahwa gerakan hula hoop hampir sama dengan melakukan plank. Hula hoop tidak memperbesar otot tubuh, namun malah meningkatkan endurance.

Melakukan hula hoop secara rutin memberi manfaat untuk menstabilkan otot inti tubuh dan tulang belakang. Maka, kamu akan bisa memperbaiki postur tubuh dengan bermain hula hoop.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Bermain hula hoop termasuk jenis olahraga aerobik. Seperti diketahui bersama, olahraga aerobik itu baik untuk kesehatan jantung dan kardiovaskular.

Peningkatan denyut jantung ketika melakukan gerakan hula hoop akan memperbaiki aliran darah yang menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah yang baik juga berkontribusi pada meningkatnya sistem imun.

3. Mengatasi Stres

Manfaat hula hoop bagi tubuh selanjutnya adalah dapat mengatasi stres berlebih. Hula hoop dapat kamu jadikan opsi untuk olahraga sembari refreshing, apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau teman teman terdekatmu.

Agar olahraga ini mampu menekan stres yang melanda, dengarkanlah musik upbeat karena dapat menambah semangat dalam memainkan hula hoop.

4. Baik untuk Kekuatan Otot Tubuh Bagian Bawah

Tidak berhenti hanya pada otot inti tubuh, otot tubuh bagian bawah pun turut merasakan efeknya. Otot-otot pada paha bagian depan dan belakang, betis, serta bokong akan terlatih.

Manfaat tersebut diperoleh karena gerakan yang kamu lakukan saat memainkan hula hoop. Dalam praktiknya, otot kakimu akan membawamu bergerak ke depan, belakang, maupun samping agar mempertahankan putaran hula hoop.

5. Menjaga Keseimbangan dan Postur Tubuh

Selanjutnya adalah melatihmu menjaga keseimbangan dan postur tubuh agar tetap tegap. Sebab untuk menjaga hula hoop tetap berputar, kamu perlu berdiri pada postur tubuh terbaikmu.

Perlu diketahui bahwa, postur tubuh yang baik juga memberi manfaat baik bagi kehidupan sosial. Postur tubuh yang baik memberi kesan bahwa kita seorang profesional yang pantas dihargai.

6. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat (LDL) perlu dijaga agar jangan sampai berlebihan sebab dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Olahraga aerobik yang satu ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Untuk menjaga performanya dan agar mendapat hasil maksimal, sangat disarankan agar kamu melakukannya secara rutin di saat waktu-waktu senggang.

7. Memperkuat Sistem Imun

Sistem limfatik adalah sistem sirkulasi sekunder selain sistem pembulu darah yang berpengaruh terhadap sistem imun. Aliran limfatik yang baik dapat menghantarkan sel imun ke seluruh tubuh.

Kontraksi otot tubuh mempengaruhi aliran limfatik. Selain melalui kegiatan sehari-hari, kontraksi otot dapat dilakukan saat berolahraga. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah hula hoop.

Untuk diketahui, saluran limfatik dalam tubuh paling banyak terdapat pada perut. Ketika melakukan gerakan hula hoop, kamu akan menggunakan otot perut untuk mempertahankan alat olahraga itu berputar.

Gerakan mengencangkan perut dan memutar pada pinggang akan memberi efek memijat sehingga memberi dorongan agar sirkulasi limfatik berjalan lancar.


  • 1
    Share
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar