Manfaat Konsumsi Madu sebelum Tidur

  • 5
    Shares

Manfaat konsumsi madu

Semua orang yang pernah konsumsi madu tentu setuju kalau rasa manis yang ada padanya sangat enak. Selain itu, madu punya banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Jika kamu mengonsumsi madu secara rutin di malam hari, ternyata itu memiliki khasiat lebih, salah satunya membuat tidur lebih nyenyak. Berikut ini manfaat konsumsi madu sebelum tidur seperti dilansir dari Bright Side.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Madu kaya akan antioksidan dan antibakteri yang bertugas meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuatmu lebih kuat dalam menghadapi infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan virus.

Selain mengoptimalkan pertahanan alami, konsumsi madu tiap malam juga memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka.

Menurunkan Tekanan Darah

Karena tekanan darah tinggi adalah faktor yang secara signifikan berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung, menjaganya tetap dan stabil adalah pilihan terbaik agar dapat menghindari komplikasi jantung.

Madu mengandung senyawa antioksidan yang telah terbukti mengurangi tekanan darah, mengonsumsi sesendok madu di malam hari adalah cara terbaik untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Tidur Nyenyak

Madu mengandung nutrisi yang disebut tryptophan. Itu adalah hormon yang membantumu rileks dan memberi tubuhmu sinyal agar segera tidur. Meski tubuh membutuhkan asam amino, tubuh tidak memproduksinya secara alami, kita perlu mengkonsumsi bahan seperti madu.

Terkadang kita terbangun di tengah malam. Ini terjadi karena selama tidur, otak membutuhkan zat yang disebut glikogen dan menginduksi kelenjar adrenalin yang terletak di ginjal untuk mengeluarkan adrenalin dan kortisol yang tidak membiarkanmu tidur.

Untungnya, madu mengandung glikogen, jadi mengonsumsinya sebelum tidur akan membantumu menghindari pelepasan adrenalin dan memastikan tidur malam yang nyenyak.

Membakar Lemak Lebih Cepat

Ketika diminum, madu meningkatkan metabolisme tubuh dengan menghasilkan efek termogenik. Efek tersebut dapat meningkatkan suhu tubuh yang pada akhirnya akan membantumu membakar lemak tanpa banyak melakukan olahraga berat.

Menurunkan Trigliserida

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang ada dalam darah. Kandungan trigliserida yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Untungnya, madu dianggap mampu menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Madu bisa mengubah trigliserida menjadi sekutu dan membersihkan darah dari lemak yang tidak perlu.

Menghindari Depresi

Madu mengandung polifenol, bahan kimia organik yang bisa melawan depresi dengan mengurangi stres oksidatif dalam sel-sel otak. Jika kamu ingin menjaga kesehatan psikologis dan bangun dengan motivasi, mengonsumsi madu setiap malam akan sangat membantu.

Terhindar dari Batuk

Madu adalah anti-inflamasi alami yang tersedia. Jadi dengan mengonsumsi satu sendok makan madu yang dicampur dengan air hangat setiap malam, kamu dapat meminimalkan iritasi pada tenggorokan dan menghindari batuk.

Plus, madu adalah antibiotik yang baik dan dapat melawan bakteri apa pun yang lewat di tenggorokan.

Sebagai Anti-penuaan

Metode alami terbaik untuk memperlambat penuaan adalah dengan mengonsumsi antioksidan, dan madu memilikinya. Ini merupakan metode terbaik untuk melembapkan dan mengaplikasikan serum bergizi pada kulit.

Mengonsumsi madu setiap malam sebelum tidur akan membantu kamu memerangi tanda-tanda penuaan dari dalam.


  • 5
    Shares