Adakah Manfaat Ngemil bagi Kesehatan Tubuh?

Sebagian besar orang menjadikan ngemil sebagai hobinya ketika tidak sedang berkegiatan. Mereka yang memiliki hobi ini sudah tentu rela menyisihkan sebagian uangnya untuk membeli cemilan.

Tapi, kegiatan yang sangat mengasyikan ini tentu dianggap sebelah mata karena tidak bermanfaat bagi kesehatan secara signifikan.

Sebab, bagi sebagian orang makan cemilan terlalu banyak dapat menaikkan berat badan.

Meski begitu, mari kita lihat sisi yang lainnya. Mengonsumsi makanan ringan juga dapat bermanfaat baik bagi tubuh.

Penasaran? Berikut 5 manfaat ngemil bagi kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat ngemil

1. Mengontrol Nafsu Makan

Kebiasaan ngemil mampu menghindarkan diri dari makan berlebih dan terlalu banyak. Hal ini dikarenakan camilan membuat perut selalu penuh sehingga nafsu makan yang seharusnya ada menjadi berkurang.

Selain itu, ngemil mampu mengontrol nafsu makan. Misalnya, dengan ngemil kacang-kacangan, buah, atau puding yang kaya akan serat bernutrisi.

Makanan kaya serat memiliki manfaat sangat bagus untuk kegiatan ngemil karena dapat mengontrol nafsu makan yang berlebih.

2. Meningkatkan Kerja Otak.

Tidak hanya ketika bersantai, di kala mengerjakan tugas atau bekerja terkadang kamu akan menjalankannya sambil ngemil.

Nah, kebiasaan ini ternyata juga berdampak positif, terutama jika kamu menyantap camilan yang kaya akan protein karena bisa membuat kinerja otakmu jadi lebih aktif.

Camilan yang kamu santap ketika bekerja tentu dapat berubah menjadi energi yang membuat kamu lebih berkonsentrasi.

3. Membangkitkan Mood

Ketika sedang BDMD atau bad mood, sebagian orang umumnya akan memilih untuk melampiaskannya dengan mengonsumsi camilan.

Biasanya, camilan yang dipilih adalah makanan-makanan manis berupa kue, permen, cokelat, atau pancake.

Nah, ngemil makanan manis memang mampu membangkitkan mood kamu yang buruk. Hal ini karena kandungan gula di dalam cemilan bisa memicu rasa senang dalam diri.

Tapi ingat, jangan berlebihan makan makanan manis.

4. Menstabilkan Gula Darah

Kebiasaan ngemil ternyata dapat membantumu mengisi energi serta menjaga gula dalam darah ketika sedang melakukan aktivitas berat yang dapat menguras dua hal tersebut.

Bagi para penderita diabetes perlu dipastikan dulu bahwa camilan yang dikonsumsi adalah camilan sehat dan ada baiknya berkonsultasi juga kepada ahli gizi dan dokter.

5. Mencegah Perut Keroncongan

Pada dasarnya, perut harus terisi setiap empat atau lima jam sekali. Sebab semua organ pencernaan akan terus bekerja bahkan ketika perut sedang kosong.

Tak mengherankan jika kamu lapar akan mendengar suara keroncongan. Nah, kebiasaan ngemil tentu akan membuat perut selalu terisi, sehingga tidak ada lagi bunyi perut yang mengganggu akibat keroncongan.

Kamu bisa memakan kudapan sehat pada momen-momen tertentu seperti menjelang makan siang atau sebelum makan malam.