Manfaat Tidur Siang yang Bisa Bikin Senang

Manfaat tidur siang

Tidur siang selama belasan menit hingga kurang dari satu jam ternyata membawa manfaat mengejutkan yang mungkin belum pernah Anda dengar.

Tidur siang dapat menjaga kesabaran tetap terkendali hingga mampu memperbaiki suasana hati.

Namun, jangan terlalu lama tidur siang karena jika terlalu lama malah memberi efek buruk pada tubuh, yang salah satunya adalah meningkatnya risiko terkena penyakit diabetes.

Berikut tujuh manfaat mengejutkan tidur siang yang sayang kalau dilewatkan.

1. Tidur Siang Menjaga Kewaspadaan

Setelah menempuh perjalanan yang jauh atau mengerjakan tugas yang berat, tidur siang menjadi salah satu cara ampuh guna mengembalikan kewaspadaan. Kedua hal tersebut dapat menurunkan konsentrasi Anda.

Sebuah studi dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) menunjukkan bahwa pilot yang telah tidur siang selama 40 menit menjadi lebih waspada daripada sebelum tidur.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat ini diketahui dari sebuah studi yang telah dilakukan di Jerman. Pada penelitian itu, seluruh peserta diminta mengingat sekumpulan kata. Setelah itu, setengah peserta diminta untuk menonton sebuah video di dalam DVD dan setengah sisanya diminta untuk tidur.

Ketika ditanya tentang apa yang mereka hafalkan, kelompok orang yang tidur siang dapat mengingat lima kali lebih baik daripada kelompok yang menonton video.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Semua organ di dalam tubuh bekerja sesuai dengan ritme masing-masing, salah satunya jantung. Saat mengantuk, tekanan darah akan meningkat dan itu bisa memperberat kerja jantung.

Itulah sebabnya, tidur adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi rasa kantuk. Dengan tidur siang, kita memberi waktu “istirahat” bagi jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur berisiko terkena penyakit jantung sementara orang yang cukup tidur lebih aman dari risiko kematian akibat penyakit jantung.

4. Mengurangi Stres

Saat mengantuk, kadar hormon kortisol akan naik. Kortisol berfungsi untuk mengatur respon tubuh terhadap hal yang menegangkan termasuk stres.

Jadi, saat kadar kortisol meningkat, stres yang dirasakan juga semakin berat. Banyak kerugian yang didapatkan pada tubuh saat kita stres, salah satunya menjadi lebih mudah sakit.

Tidur siang mempermudah proses penurunan kadar kortisol dan tekanan darah sehingga dapat mengurangi stres sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Memperbaiki Mood yang Buruk

Kurang tidur selama puasa membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh tidak terkontrol. Kita menjadi lebih mudah lelah dan marah. Nah, untuk mengatasinya, tidur siang bisa jadi solusi.

Tidur siang membantu tubuh mengontrol hormon neuroendokrin kembali ke tingkat normal, sama seperti tingkat hormon setelah tidur malam yang nyenyak.

Jika tidak memungkinkan untuk tidur siang, berbaring selama 10 menit ternyata membawa manfaat mengejutkan.

Studi pada tahun 2007 menunjukkan bahwa hanya dengan berbaring, mood akan lebih baik daripada mereka yang tidak sempat tidur siang.

6. Meningkatkan Kesabaran

Tidur siang ternyata dapat membuat seseorang menjadi sosok penyabar.

Peneliti dari Universitas Michigan, AS, pernah melakukan riset pada beberapa orang terkait hal tersebut. Peneliti meminta para peserta untuk menggambar desain geometris pada layar komputer.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa para peserta yang telah tidur siang mampu bertahan selama 45 detik lebih lama. Berbeda dari dengan para peserta yang tidak tidur siang. Mereka yang tidak tidur mampu bertahan selama 45 detik saja.

7. Meningkatkan Kreativitas

Jika memiliki masalah terkait kreativitas, sebaiknya Anda mencoba tidur siang. Hal ini dibuktikan studi yang dilakukan oleh seorang psikiater dari Universitas California, Sara Mednick.

Studi tersebut menerangkan bahwa seseorang yang tidur siang yang nyenyak hingga bermimpi, lebih kreatif daripada mereka yang tidak.

  • 1
    Share