Cara Menghapus Data di Aplikasi Pinjaman Online

Langsung saja ke inti permasalahan, di artikel ini kita akan membahas cara menghapus data di aplikasi pinjaman online. Artikel ini khusus dibuat untuk kamu yang ingin menghapus dan menghilangkan data-data yang dibagikan padanya.

Salah satu kejadian yang menjadi pemicunya adalah penyalahgunaan informasi kontak yang diminta oleh aplikasi. Seperti diketahui, di masa sekarang ini email dan nomor HP adalah hal yang sangat-sangat dicari oleh perusahaan untuk kepentingannya masing-masing.

Cara menghapus data di aplikasi pinjaman online

Perhatikan Hal Berikut sebelum Menghapus Data Pinjaman Online

Sebelum menghapus data pada pinjaman online, kamu harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kesepakatan utang antara kamu dan aplikasi itu, kewajiban utang yang harus dipenuhi peminjam misalnya.

Hati-hati, ada beberapa lender pinjaman online yang tidak terdaftar FSA sehingga masuk dalam kategori ilegal.

Banyak kasus seperti, peminjam telah melunasi utang namun masih saja ada tagihan yang harus dibayar. Awalnya hanya Rp400.000 tapi jumlah tagihan bisa jadi jutaan, dan seperti yang telah disebutkan di atas, itu harus dibayar.

Lebih-lebih, ada risiko terjadinya ancaman terhadap orang-orang terdekatmu, entah itu keluarga, teman kantor, bahkan teman-temanmu yang baru pertama kali ketemu. Orang-orang itu tentu akan terganggu apabila sudah terjadi demikian.

Ada pula pinjol yang memiliki bunga yang terlampai tinggi hingga melewati kewajaran perhitungan kredit. Cermati rincian pembayaran pada saat jatuh tempo. Bahkan, tak sedikit pinjaman online legal yang tidak transparan tentang suku bunga ini.

Kalau sudah begini tak salah jika kamu mencari bagaimana cara untuk menghapus data kontak dari pinjaman online.

Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

Ini adalah cara tuntas menghapus data yang kamu daftarkan di aplikasi pinjaman online. Jika kamu telah berkomitmen untuk berhenti dari dunia pinjam meminjam uang, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Bila pinjaman sudah lunas, segera hubungi call center aplikasi kredit online terkait untuk mengajukan permohonan penghapusan data pribadimu.
  2. Hapus aplikasi kredit online yang terpasang di perangkatmu.
  3. Nonaktifkan dan ganti SIM card.
  4. Hapus seluruh akun media sosial yang terpasang seperti WA, IG, LINE, hingga Facebook.
  5. Jika ingin membuat lagi, gunakan data yang baru termasuk nickname dan nomor HP tertaut.
  6. Laporkan ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan) jika gangguan masih berlanjut.

Cara Mengamankan Data Kontak

Jika langkah di atas terlalu keras, berikut adalah cara yang lebih lembut. Kamu bisa melakukan langkah ini apabila belum terlambat. Intinya sangat mudah, kamu hanya perlu membatasi akses aplikasi pinjol ke data-data penting milikmu.

Izin aplikasi diperlukan untuk bisa mengakses data yang mereka butuhkan. Berikan akses ke hal-hal yang penting saja. Sebab terkadang ada aplikasi nakal yang menggunakan data pribadi untuk kepentingan mereka.

Sedikit berbagi, bagi saya penting untuk menggunakan logika saat menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi kalkulator minta akses ke internet banking? Jelas mencurigakan. Aplikasi hitung kurs minta akses ke kontak? Aneh. Aplikasi senter minta data lokasi? WOW.

Namun, apabila ada sebuah fitur logis yang berguna saya akan memberikan aksesnya. Misalnya aplikasi kalkulator minta akses ke kamera agar bisa memotret hitung-hitungan di kertas lalu kalkulator tersebut memberi jawaban pada saya. Setelah selesai, saya cabut kembali aksesnya.

Jadi hati-hatilah saat memberikan akses ke sebuah aplikasi. Apa perlu sebuah aplikasi mengakses data internet banking, ecommerce, galeri, file explorer, dan microphone? Kamu harus memikirkan apa fungsinya.

Semua smartphone dapat mengatur akses ini, namun bahasanya saja yang mungkin berbeda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pergi ke pengaturan (settings).
  2. Buka menu “Aplikasi”, “Kelola Aplikasi”, atau kata lain yang sama dengan itu.
  3. Pilih aplikasi pinjaman online yang hendak kamu ubah aksesnya.
  4. Klik sub menu “Perizinan”, “Perizinan Aplikasi”, atau kata lain yang sejenis.
  5. Atur izin aplikasi sesuai keinginanmu.

Perlindungan Hukum

Kementerian Komunikasi dan Informatika sekarang telah menyoroti penyalahgunaan data kontak pribadi nasabah oleh sejumlah aplikasi pinjaman online. Aplikasi yang melakukan hal tersebut akan dikenakan sanksi perdata maupun pidana yang cukup berat menurut RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP).

Selesai sudah pembahasan mengenai cara menghapus data pada aplikasi pinjaman online. Semoga artikel ini dapat berguna dan memberi wawasan baru apabila kamu berniat melakukan pinjaman online karena himpitan keadaan.

Selengkapnya