Pentingnya Mengontrol Pengeluaran demi Masa Depan


Mengontrol pengeluaran sangat penting agar pendapatan yang diterima tidak sekedar lewat tanpa tau digunakan untuk apa. Hal pertama yang dianjurkan ialah memisahkan uang yang didapatkan sesuai dengan tujuannya.

Mulai untuk memenuhi kebutuhan bulanan seperti makan, internet, pulsa, transportasi, hingga kebutuhan hiburan misalnya traveling ke Kota X.

Pertanyaannya di sini adalah bagaimana caranya agar pengeluaran tidak over budget?

Sebenarnya, kunci menjawab pertanyaaan itu adalah mencatat. Dengan mencatat kita akan diperingatkan bahwa kita telah mengeluarkan sekian rupiah pada bulan ini.

Tak perlu khawatir, kamu bisa melatih kemampuan untuk mengontrol pengeluaran dengan mudah melalui 5 hal berikut!

Mengontrol pengeluaran

1. Catat Setiap Pengeluaran

Hal pertama yang perlu dibiasakan adalah mencatat setiap pengeluaran, mulai dari yang terkecil seperti membayar parkir, hingga pengeluaran terbesar.

Jika kesulitan, ada banyak aplikasi pencatatan keuangan yang bisa kamu pakai. Supaya hasilnya maksimal, lakukan secara rutin setiap kali melakukan transaksi, jangan sampai ada yang terlewat karena lupa.

2. Beli Barang sesuai Rencana

Mencegah pengeluaran tidak terkontrol bisa dilakukan dengan membuat daftar produk yang diinginkan, terutama yang bernilai besar.

Misalnya, bulan depan berencana berlibur. Kamu harus membuat daftar produk yang akan dibeli. Mulai dari permasalahan akomodasi, makan, hingga oleh-oleh. Berikan juga rentang maksimal dana cadangan.

Hindari mengeluarkan uang melebihi data yang telah dimasukkan ke dalam daftar agar pengeluaran tetap terkontrol dengan baik.

3. Kenali Kebiasaan

Setiap bulannya, kamu tentu memiliki pengeluaran rutin, seperti transportasi, asuransi, internet, hingga check-up kesehatan.

Hal tersebut mudah terukur, tetapi bagaimana dengan kebutuhan sekunder seperti membeli pakaian atau untuk memenuhi gaya hidup masa kini, misalnya makan di restoran?

Untuk itu, kamu harus mencatatnya agar kamu dapat mengenali polanya. Keuntungan yang kamu dapatkan jelas, kamu jadi lebih bisa memperkirakan pada hal apa sajakah kamu akan mengurangi pengeluaran.

4. Membiasakan Diri Menabung

Kebiasaan yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menabung. Menabung memang kebiasaan yang membosankan meskipun telah diajarkan sejak dini.

Tapi bukan tidak mungkin, impian mewujudkan hal-hal menyenangkan bisa dilakukan karena telah menabung. Buka artikel berikut untuk pembahasan lebih lanjut mengenai tips menabung.

5. Mau Berubah

Bagi kamu yang sedang berjuang untuk memahami pola keuangan dari pemasukan hingga pengeluaran, tetap semangat dan nikmati setiap prosesnya.

Jangan menganggap hal ini sebagai beban meski berat. Dan yang terpenting, jika kamu benar-benar ingin membenahi pola keuangan, kamu perlu keinginan kuat untuk berubah agar bisa berubah menjalani hidup yang lebih baik.