Notifikasi Telegram Tidak Muncul Berhasil Diatasi

Sebagian masyarakat Indonesia adalah pengguna Telegram yang kepincut karena lebih jernihnya gambar yang bisa dikirim ketimbang aplikasi pesaingnya. Selain itu tentu soal keamanan yang diklaim lebih baik.

Meski sebagian pengguna masih menggunakan aplikasi chat lain seperti WhatsApp dan Line karena alasan sosial, mereka setuju dengan pendapat di atas.

Jika kamu datang sebagai pengguna baru dan menemukan masalah notifikasi Telegram yang tidak muncul, di bawah akan dijelaskan cara mengatasi notifikasi telegram tidak muncul.

Selayaknya sebuah aplikasi pesan instan, Telegram seharusnya dapat memberi notifikasi pemberitahuan. Entah itu panggilan atau chat biasa, notifikasi sangat diperlukan agar dapat memberi respon lebih cepat.

Notifikasi Telegram tidak muncul

Cara Kerja Aplikasi Telegram

Aplikasi ini akan berjalan dengan baik jika:

  • Mendapatkan akses internet
  • Mendapat izin untuk berjalan di latar belakang

Itu adalah izin dasar yang harus dipenuhi agar Telegram bisa running.

Lanjut ke apa penyebab masalah ini dapat terjadi. Secara default, Telegram langsung mendapat izin akses internet dan berjalan di latar belakang ketika selesai proses install. Akan tetapi, izin akses tersebut tidak akan disetujui secara langsung apabila pengaturan khusus handphone diterapkan.

Tidak diberinya akses tersebut secara langsung membuat Telegram berjalan tanpa akses yang tidak disetujui dan ujungnya notifikasi tidak bisa berfungsi secara normal.

Jika masalah yang terjadi bukan karena tidak adanya akses internet, beberapa langkah di bawah mungkin bisa kamu coba untuk menyelesaikan masalah notifikasi pesan masuk aplikasi Telegram yang tidak muncul.

Notifikasi Telegram Tidak Muncul karena Tidak Berjalan

Banyak aplikasi membutuhkan izin berjalan di latar belakang agar dapat memaksimalkan kinerjanya. Meski tak semuanya, kebanyakan aplikasi media sosial dan perpesanan membutuhkan izin ini agar dapat berjalan normal.

Meskipun bikin boros baterai, aplikasi yang berkerja di belakang layar relatif lebih cepat update situasi. Aplikasi tersebut terus menjalankan aktivitas-aktivitas yang diperlukan misalnya memperbarui FYP akunmu meski sedang tidak membuka TikTok.

Aplikasi dengan izin bekerja di latar belakang bersifat pasif dan akan aktif apabila aplikasi tersebut dibuka. Nah, bisa saja masalah inilah yang terjadi pada Telegram milikmu. Mengatasinya cukup mudah, lakukan langkah berikut:

  • Untuk pengguna iPhone, buka Setting -> Telegram -> Background App Refresh (on)
  • Untuk Android, buka Setelan -> Perizinan -> Izinkan Telegram berjalan di latar belakang

Saya tidak bisa spesifik dalam menjelaskan langkah-langkahnya karena beragamnya merek HP yang tersedia di pasaran saat ini. Intinya, izinkan Telegram agar dapat bekerja di latar belakang.

Masing-masing merek handphone berbeda cara mengaktifkannya, namun intinya tetap sama, izinkan bekerja di latar belakang.

Notifikasi Telegram Tidak Muncul karena Dibatasi

Pada beberapa kasus, Telegram sudah diizinkan berjalan di latar belakang tapi masih tidak muncul juga notifnya. Mungkin kamu yang user Xiaomi bisa mengecek aplikasi keamanan bawaan. Fitur pembatasan dengan maksud keamanan ini ada di sana.

Jika kamu menjadwalkan pembersihan rutin untuk membuang sampah dan beban aplikasi agar lebih wus-wus, bisa saja itu berimbas pada kerja Telegram di latar belakang.

Pembersihan terjadwal ini bahkan bisa berjalan ketika sedang lockscreen maupun ketika smartphone nganggur beberapa menit. Jika kamu tidak mengecualikan Telegram, maka aplikasi pembersih tadi akan menutup Telegram.

Oleh sebab itu, kecualikan Telegram dari pembersihan rutin agar aplikasi chating andalanmu dapat tetap bekerja di latar belakang sehingga notifikasi dari Telegram bisa muncul sebagaimana mestinya.

Selengkapnya