Obat Alami Vertigo yang Ampuh Meredakan

  • 1
    Share

Obat alami vertigo

Pusing sampai tempat sekitar terasa berputar sanggup membatasi aktivitas penderita vertigo. Vertigo adalah masalah kesehatan ketika otak merasakan tubuh tidak seimbang padahal sebenarnya tidak.

Vertigo dapat sering kumat karena menjadi bagian atau gejala suatu penyakit, misal stroke, cedera kepala dan leher, atau penyakit meniere.

Untuk vertigo karena penyakit tertentu, cara mengatasi vertigo perlu menyembuhkan penyakit itu sendiri.

Ada juga jenis vertigo ringan yang terjadi hanya sesekali saat ada masalah kesehatan tertentu. Terdapat beberapa cara alami mengobati vertigo ringan yang relatif minim efek samping.

Kamu juga bisa menjajal beberapa obat vertigo alami sebagai alternatif meredakan salah satu masalah kesehatan ini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah obat vertigo alami yang ampuh dan kerap digunakan dalam pengobatan tradisional China.

Dilansir dari Medical News Today, ginkgo biloba sanggup mengobati vertigo dengan cara melancarkan aliran darah ke otak.

Dengan peredaran darah yang lebih lancar, masalah keseimbangan dan pusing yang jadi gejala masalah kesehatan ini dapat berkurang.

Studi International Journal of Otolaryngology menyebut bahwa ginkgo biloba sama efektifnya dengan obat vertigo jenis betahistine.

Melansir Healthline, cara mengobati vertigo dengan ginkgo biloba bisa dilakukan melalui mengonsumsinya sebanyak 240 miligram per hari.

2. Jahe

Jahe juga disebut sebagai salah satu obat vertigo alami yang ampuh meredakan gejala vertigo.

Studi yang diterbitkan di Journal of Acupuncture and Tuina Science menyebut bahwa mengonsumsi jahe sanggup mengurangi efek vertigo.

Efektivitas minum jahe sebagai cara mengatasi vertigo disebut-sebut lebih baik ketimbang terapi reposisi manual untuk vertigo.

Cara mengobati vertigo dengan jahe dilakukan lewat menyeduh rimpang jahe dalam secangkir air mendidih selama lima menit.

Minum seduhan air jahe tersebut dua kali sehari untuk membantu mengatasi vertigo, pusing, sampai mual mual.

3. Air Putih

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab vertigo yang cukup umum. Bahkan, dehidrasi ringan juga dapat memicu masalah kesehatan ini.

Menjaga kecukupan cairan dalam tubuh dengan cukup minum air putih dapat membantu mencegah vertigo.

Pastikan kamu minum air putih setidaknya delapan gelas per hari. Hindari minuman berkafein seperti yang terkandung dalam kopi karena bisa memicu sering kencing yang menjadi biang dehidrasi.

4. Minyak Esensial

Selanjutnya, minyak esensial juga dapat jadi salah satu alternatif obat vertigo alami. Minyak esensial atau minyak atsiri dapat membantu mengatasi gejala vertigo seperti mual, sakit kepala, dan pusing.

Beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk mengatasi vertigo termasuk peppermint, jahe, lavender, dan lemon.

Minyak esensial dapat dihirup lewat difuser atau diencerkan dengan minyak khusus sebelum dioleskan ke tubuh.

5. Cuka Apel dan Madu

Kombinasi cuka apel dan madu juga bisa dipakai sebagai obat vertigo alami. Manfaat cuka apel dan madu adalah dapat digunakan untuk melancarkan aliran darah ke otak.

Cuka apel dan madu disebut-sebut bisa mencegah sekaligus mengobati vertigo secara alami.

6. Pisang

Pisang yang mengandung potasium sanggup meningkatkan energi di dalam tubuh secara cepat. Pisang juga kaya akan serat vitamin B, karbohidrat, dan vitamin C.

Buah pisang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan vertigo karena kandungan kalium dalamnya yang berguna untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.

Kamu dapat mengonsumsi pisang satu hingga dua buah setiap harinya untuk menjaga energi tubuh dengan baik.

7. Alpukat

Kandungan vitamin B6 serta lemak tak jenuh pada alpukat ampuh mencegah vertigo kambuh. Kalau suka minum jus buah, mungkin jus alpukat dapat menjadi pilihan terbaik buat mengatasi vertigo.

Jus alpukat juga dapat menjadi pilihan terbaik buatmu yang sibuk namun tidak bisa minum kopi karena punya vertigo.

Cara mengobati vertigo dengan obat alami bisa jadi solusi jangka pendek atau instan untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini.

Jika vertigo sering kambuh, berkonsultasi dengan dokter adalah pilihan terbaik. Dokter akan menemukan diagnosis dan solusi yang tepat untuk mengatasi vertigo.


  • 1
    Share