Parodi Lagu Indonesia Raya Heboh, Ini Respons Malaysia

Parodi lagu Indonesia Raya

Jagad maya kembali dihebohkan dengan beredarnya video parodi lagu Indonesia Raya di kanal YouTube MY Asean yang mengganti lirik asli dengan kata-kata melecehkan. Kini, video tersebut telah dihapus dari kanal YouTube MY Asean.

Meski begitu, video tersebut diunggah kembali oleh salah satu kanal YouTube Sultan Alvator dengan judul “Indonesia Raya with Instrumental & Lyrics, Reupload dari channel Asean channel MY“.

Pengunggah video pertama dari akun MY Asean menggunakan judul “Indonesia Raya Instrumental (Parody + Lyrics Video)” dan menambahkan lokasi video di Malaysia. Video yang menghina Republik Indonesia itu diunggah dua minggu lalu oleh oknum tak bertanggung jawab.

Tak hanya mengubah lirik lagu Indonesia Raya, pembuat video tersebut juga melecehkan bendera merah putih dan lambang negara Indonesia. Pada sisi kanan dan kiri pun terlihat gambar orang yang sedang buang air kecil.

Bahkan, pembuat video juga tak segan-segan memasukkan nama tokoh yang dihormati dan berpengaruh di Indonesia, seperti Soekarno dan Presiden Joko Widodo.

Akibat beredarnya video parodi lagu Indonesia Raya itu, warganet di media sosial Twitter geram dan murka. Terpantau tagar #IndonesiaRaya dan #Malaysia menduduki Trending Topic Twitter Indonesia.

Respons Malaysia

Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta mengecam keras tindakan provokatif tersebut. Menurut Kedutaan, hal tersebut dapat memengaruhi hubungan harmonis kedua negara.

Dalam pernyataan yang dirilis semalam, Kedutaan mengonfirmasi bahwa pihak berwenang Malaysia bergerak menyelidiki video yang menghina Indonesia, yang diduga diunggah oleh seorang warga negara Malaysia.

“Jika video itu ditemukan diunggah oleh seorang warga negara Malaysia, tindakan tegas akan diambil berdasarkan hukum yang ada,” bunyi pernyataan resmi Kedutaan.