Pengertian Wash Sale untuk Kamu Ketahui

Pengertian wash sale

Tidak sedikit orang yang masih bingung mengenai pengertian wash sale dalam dunia saham. Padahal istilah yang satu ini sangat penting untuk diketahui untuk tetap memperoleh profit yang menguntungkan melalui investasi aset saham.

Bahkan praktik wash sales ini juga telah dikenal lama oleh para investor untuk mengakali kerugian yang kemungkinan akan dialaminya.

Pengertian Wash Sale di Dunia Saham

Pada dasarnya istilah wash sales sendiri mengacu pada sebuah transaksi yang kerap digunakan oleh para investor pemegang saham untuk mengantisipasi kerugian yang timbul. Transaksi yang dimaksud dari wash sale sendiri tak lain adalah usaha untuk memperoleh insentif pajak.

Para investor nantinya akan menjual sekuritas yang mereka anggap sebagai bentuk kerugian selama satu tahun. Dengan begitu, para investor nantinya dapat mengajukan kerugian modal pajak di tahun tersebut.

Setelahnya, para investor akan membeli kembali sekuritas yang sebelumnya telah dijual itu di awal tahun berikutnya. Menariknya lagi, jika nantinya harga yang dijual oleh sekuritas tersebut jauh lebih murah maka mereka akan membeli kembali jika dibandingkan saat menjualnya.

Memahami Lebih Jauh Wash Sale di Dunia Saham

Sebenarnya transaksi yang satu ini bisa dilakukan oleh para investor apabila badan hukum memang sudah memberi potongan pajak kepada mereka. Dimana hal tersebut terkait sekuritas yang dirasa merugikan tersebut pada akhir tahun pajak.

Selain itu kamu juga harus paham bahwa nantinya jika tidak ada proses transaksi wash sale sama sekali maka kamu tidak akan mendapatkan intensif sekalipun. Beda halnya jika kamu menemukan kondisi wash sale seperti berikut ini.

Kondisi pertama yaitu jika kamu merasa mendapat kerugian pada sekuritas saham yang dimiliki maka sebagai kamu bisa langsung menutup posisinya. Kamu bisa melakukannya saat akhir tahun atau bahkan saat menjelang sekalipun.

Kondisi kedua yaitu kamu harus memahami juga bahwa transaksi wash sale tersebut nantinya akan membuat para investor menanggung kerugian yang dapat diklaim. Semua itu bisa dilakukan secara legal melalui jalur hukum yang telah disahkan pada saat pengembalian pajak.

Dengan catatan, semua proses yang dilakukan tersebut berguna untuk mengurangi penerimaan di tahun itu. Hal itu nantinya akan membuat para investor investor membayar jumlah pajak dalam nilai yang cukup rendah.

Kondisi ketiga yaitu para investor bisa membeli sekuritas sahamnya kembali di tahun sesudahnya, baik itu sekuritas saham dengan harga yang sama atau dengan nilai yang jauh lebih murah pada saat sebelum menjualnya.

Seluruh ketentuan yang telah dijelaskan di atas berlaku selama kurang lebih 30 hari sebelum atau bahkan setelah kamu menjual sekuritas saham itu. Dengan catatan kamu telah membeli sekuritas saham itu.

Selain itu, kerugian yang akan kamu peroleh dari hasil penjualan yang telah dilakukan tersebut tidak bisa sepenuhnya dihitung sebagai pemasukan. Hal ini tak lain karena nantinya bisa menyebabkan dirimu tidak memperoleh insentif.

Kamu melakukan wash sale dalam jangka yang pendek. Dengan kata lain, wash sale bisa terjadi apabila para investor menjual semua kerugian atas sekuritas yang dimilikinya. Aktivitas tersebut dilakukan untuk memperoleh insentif pajak atas kerugian yang ditanggung.

Bagikan ke media sosial:

Tutup