Penyebab Mulut Berlendir setelah Sikat Gigi

Penyebab mulut berlendir setelah sikat gigi

Mulut adalah salah satu organ yang dibutuhkan untuk bisa bertahan hidup terutama untuk makan dan minum. Melalui mulut pula seseorang bisa mengetahui keadaan individu lain secara jasmani maupun rohani.

Meski begitu, banyak hal bisa terjadi pada mulut. Salah satu yang mungkin terjadi adalah mulut berlendir setelah sikat gigi. Apa yang menjadi penyebab hal itu dapat terjadi?

Dilansir dari Alodokter, penyebab mulut berlendir setelah sikat gigi adalah karena penggunaan odol yang tidak cocok. Bahan pasta gigi yang terlalu kuat dapat mengakibatkan iritasi pada lapisan terluar gigi yang akhirnya membentuk lendir putih agak kental.

Hal tersebut bisa terjadi seperti itu karena dalam lendir itu terdapat sel yang mati akibat iritasi pada mulut. Konsultasikan masalah ini dengan dokter gigi untuk informasi dan pemeriksaan lebih lengkap, terutama bila terjadi nyeri pada gigi dan bengkak pada mulut.

Hal yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Mengganti pasta gigi yang digunakan dengan bahan yang lebih ringan atau hindari pasta gigi yang mengandung peroksida, baking soda, maupun pemutih gigi.
  2. Hindari konsumsi makanan yang terlalu panas maupun terlalu dingin.
  3. Jaga kebersihan gigi dan mulut dengan menggosok gigi 2 kali sehari (pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur) dengan pasta gigi berfluoride
  4. Jangan lupa untuk membersihkan bagian lidah juga.
  5. Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin berkala minimal 2 kali dalam setahun.