3 Negara yang Berbatasan Langsung dengan Daratan Indonesia

  • 2
    Shares

Perbatasan langsung dataran Indonesia

Indonesia adalah kepulauan terbesar di dunia maka sebagian besar wilayahnya terdiri dari laut. Tapi taukah kamu, dari semua negara yang ada di sekitar Indonesia, ada 3 negara yang berbatasan daratan langsung dengan Indonesia. Perbatasan langsung Indonesia ini sangat penting.

Andaikan ada pertanyaan:

  • Sebutkan negara tetangga yang daratannya berbatasan langsung dengan Indonesia!
  • Tuliskan 3 negara yang daratannya berbatasan langsung dengan Indonesia!
  • Negara tetangga yang wilayah daratannya berbatasan langsung dengan Indonesia adalah ….

Kita bisa menjawab, “Ya. Kita memiliki perbatasan langsung dengan 3 negara.” dan kita menjelaskan nama-nama negara itu juga.

Pemerintah Indonesia mengatur kawasan perbatasan dalam UU nomor 43 tahun 2008 tentang wilayah negara. Pada pasal 5 disebutkan bahwa terdapat 3 negara yang berbatasan langsung dengan daratan Indonesia yakni Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini.

1. Timor Leste

Identifikasi perbatasan daratnya Timor Leste

Terdapat tiga negara yang berbatasan langsung dengan indonesia salah satunya adalah Timor Leste. Negara ini beribu kota di Dili. Meski belum menjadi anggota ASEAN, Timor Leste adalah salah satu negara di Asia Tenggara bagian selatan yang berhubungan secara langsung dengan daratan Indonesia.

Indonesia mempunyai perbatasan darat dengan negara Timor Leste melalui Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di Pulau Timor. Timor Leste dulunya adalah bagian dari Republik Indonesia. Sekarang sudah merdeka.

2. Papua Nugini

Tulislah yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini (Papua New Guinea)

Papua Nugini adalah negara yang berbagi pulau dengan Papua, Indonesia. Negara yang beribu kota di Port Moresby ini berbatasan daratan dengan Republik Indonesia melalui Provinsi Papua, provinsi paling timur di Indonesia.

Negara ini adalah satu-satunya negara di luar kawasan Asia Tenggara yang berbatasan dengan wilayah Indonesia dan tidak menjadi anggota ASEAN.

3. Malaysia

Tuliskanlah negara yang berbatasan dengan Malaysia, kecuali gambar

Malaysia adalah salah satu monarki berdaulat di Asia Tenggara. Bagian timur negara ini berbatasan langsung dengan daratan Indonesia, di Negara Bagian Sabah dan Serawak karena terletak di wilayah bagian utara Pulau Kalimantan.

Dan Malaysia adalah satu-satunya negara anggota ASEAN yang sebagian daratannya berbatasan langsung via darat dengan Indonesia melalui Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara di Pulau Kalimantan.

Buka link berikut jika ada pertanyaan, “Negara mana sajakah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia?

Tanya & Jawab

Di atas adalah 3 dari 10 negara yang terhubung dengan Indonesia. Kamu bisa mengetahui 7 nama negara lainnya dalam artikel Daftar Negara-Negara yang Berbatasan dengan Indonesia, termasuk beberapa di antaranya dari luar Asia Tenggara.

Berikut adalah tanya jawab yang mungkin berguna untuk melengkapi konten ini.

Apakah Singapura satu daratan dengan Indonesia?
Tidak, Indonesia tidak berbatasan secara langsung dengan daratan Singapura. Indonesia berbatasan dengan Singapura melalui Selat Singapura tepatnya di sebelah utara Batam, Kepulauan Riau.

Apakah Brunei Darussalam berbatasan dengan daratan Indonesia?
Tidak, Indonesia tidak memiliki perbatasan darat maupun laut dengan Brunei Darussalam. Brunei Darussalam memang berada di Pulau Kalimantan, namun negara tersebut hanya berbatasan darat dengan Malaysia.

Negara ASEAN mana sajakah yang berbatasan langsung dengan Indonesia?
Satu-satunya negara ASEAN yang berbatasan langsung dengan Indonesia adalah Malaysia.

Sekian konten yang bisa saya berikan, semoga manambah pengetahuan. Terima kasih.


  • 2
    Shares

Selengkapnya

Satu tanggapan pada “3 Negara yang Berbatasan Langsung dengan Daratan Indonesia

  • 30 April 2021 pukul 09:57
    Permalink

    Makasih

Komentar ditutup.