3 Negara yang Berbatasan Langsung dengan Daratan Indonesia

Perbatasan langsung dataran Indonesia

Meski Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di sekitar khatulistiwa, negara kita memiliki perbatasan langsung dengan 3 negara lain.

Jadi, seandainya ada yang bertanya:

  • Negara ASEAN yang berbatasan langsung dengan daratan indonesia adalah ….
  • Sebutkan negara-negara tetangga yang berbatasan darat dengan wilayah Indonesia!
  • Negara tetangga yang wilayah daratannya berbatasan langsung dengan Indonesia adalah ….
  • Tuliskan 3 negara yang daratannya berbatasan langsung dengan Indonesia!

Kita bisa menjawab, “Ya. Kita memiliki perbatasan langsung dengan 3 negara.” dan kita menjelaskan nama-nama negara itu juga.

Pemerintah Indonesia mengatur kawasan perbatasan dalam UU nomor 43 tahun 2008 tentang wilayah negara. Pada pasal 5 disebutkan bahwa terdapat 3 negara yang berbatasan langsung dengan daratan Indonesia yakni Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini.

Dalam penetapannya, Indonesia mematuhi peraturan perundang-undangan dan hukum Internasional yang mengatur batasan daratan maupun lautan. Batas wilayah ditetapkan berdasarkan perjanjian bilateral dan/atau trilateral.

Panjang garis perbatasan darat Indonesia secara keseluruhan setidaknya mencapai 2914,1 km. Berikut ini adalah negara di sekitar kita yang memiliki perbatasan langsung dengan daratan Indonesia beserta ibu kotanya.

1. Perbatasan Indonesia dengan Timor Leste

Identifikasi perbatasan Timor Leste, di antaranya

Terdapat tiga negara yang berbatasan langsung dengan indonesia salah satunya adalah Timor Leste. Timor Leste adalah negara yang letaknya di bagian timur pulau Timor dan beribu kota di Dili.

Meski belum menjadi anggota ASEAN, Timor Leste adalah salah satu negara di Asia Tenggara bagian selatan yang berhubungan secara langsung dengan daratan Indonesia.

Indonesia mempunyai perbatasan darat dengan negara Timor Leste melalui Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di Pulau Timor. Pilar batas pertama dalam bentuk prasasti didirikan di PLB Motaian Batugede pada 30 Agustus 2015.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, perbatasan Indonesia dan Timor Leste berada di Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka, NTT dengan daratan utama Timor Leste.

Ada juga perbatasan di Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Kupang, NTT dengan ekslave Timor Leste yang bernama Oecussi-Ambeni.

Dilansir dari situs resmi Kementeian Pertahanan (Kemenham), panjang batas wilayah darat Indonesia dan Timor Leste adalah 268,8 kilometer.

Tanah Timor ini dulunya merupakan koloni Portugal dan provinsi Indonesia dari tahun 1975 hingga tahun 2000-an. Negara ini mendapat pengakuan penuh dari komunitas internasional pada tahun 2002.

Sejarah perbatasan Indonesia Indonesia dengan Timor Leste dapat ditarik dari kisah persaingan antara Portugis dan Belanda di masa lalu. Pulau Timor merupakan wilayah jajahan kedua negara.

Persaingan tersebut membagi Timor menjadi wilayah Timor Barat dan Timur serta wilayah Oekusi. Pulau Timor sangat menarik karena hasil bumi berupa kayu candana yang pada waktu itu menjadi komoditi dagang istimewa.

2. Perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini

Tulislah yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini

Papua Nugini adalah negara yang berbagi pulau dengan Papua, Indonesia. Negara ini adalah satu-satunya negara di luar kawasan Asia Tenggara yang berbatasan dengan wilayah Indonesia dan tidak menjadi anggota ASEAN.

Negara yang beribu kota di Port Moresby ini berbatasan daratan dengan Republik Indonesia melalui Provinsi Papua, provinsi paling timur di Indonesia.

Papua Nugini dulunya merupakan koloni Inggris dan Jerman. Hingga pada suatu ketika Jerman menyerahkan bagiannya kepada Inggris. Jerman dulunya menguasai daerah Papua Nugini sekarang yakni bagian utaranya.

Nama Papua Nugini memiliki asal yang unik. Orang Portugal memberi nama Papua yang artinya “berambut keriting”. Sedangkan, New Guinea diberikan oleh Orang Spanyol karena penduduk di sana mirip dengan penduduk di Guinea, Afrika.

Perbatasan Indonesia dan Papua Nugini ditetapkan berdasarkan perjanjian Indonesia-Australia pada 1974, sekitar setahun sebelum kemerdekaan negeri itu yang jatuh pada tanggal 16 September 1975.

Di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini, Pemerintah Indonesia membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw di Distrik Muaratami, Kota Jayapura.

3. Perbatasan Indonesia dengan Malaysia

Tuliskanlah negara yang berbatasan dengan Malaysia, kecuali gambar

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang daratannya berbatasan langsung dengan Indonesia yaitu Pulau Kalimantan adalah Malaysia.

Malaysia ialah sebuah negara yang ibu kotanya terletak di Semenanjung Malaya tepatnya Kuala Lumpur. Wilayahnya terbagi dua oleh sebuah wilayah Indonesia di Provinsi Kepulauan Riau.

Satu-satunya negara anggota ASEAN yang sebagian daratannya berbatasan dengan Indonesia adalah Malaysia.

Sabah dan Serawak, dua wilayah Malaysia yang berada di bagian utara Kalimantan adalah sebagian wilayah Malaysia yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Malaysia berbagi perbatasan langsung dengan daratan Indonesia melalui Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, beserta Kalimantan Utara di Borneo (Pulau Kalimantan).

Perbatasan daratan Indonesia dengan Malaysia membentang sepanjang 2.019 km dari Tanjung Batu di barat melewati dataran tinggi pedalaman Kalimantan hingga Teluk Sabatik dan Laut Sulawesi di sebelah timur.

Penetapan perbatasan kedua negara berawal dari perjanjian antara Belanda dan Inggris pada 1824. Selanjutnya, pada 1891 digelar Konvensi London yang ditandatangani Belanda dan Inggris.

Pada konvensi tersebut, dinyatakan bahwa ujung timur perbatasan berada pada 4 derajat, 10 derajat LU hingga ke arah barat melintasi Pulau Sebatik dilepas pantai Sabah.

Pulai Sebatik dibagi 2, yakni bagian utara dikuasai Borneo Utara Inggris. Sementara bagian selatan dikuasai Hindia Belanda. Perbatasan melintasi selat antara Sebatik dan daratan yang berada di sepanjang garis tengah Tambu dan Sikapal.

Buka link berikut jika ada pertanyaan, “Negara manakah yang berbatasan langsung dengan Malaysia?

Kesimpulan

Jadi, Indonesia berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini.

Jumlah negara yang memiliki perbatasan langsung dengan Indonesia hanya tiga negara, dua di sebelah timur dan 1 di sebelah utara.

Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia di atas adalah 3 di antara 10 negara yang berbatasan dengan Indonesia.

Kamu bisa mengetahui 7 nama lainnya dalam artikel Daftar Negara-Negara yang Berbatasan dengan Indonesia, termasuk beberapa diantaranya dari luar Asia Tenggara.

Terima kasih.

  • 1
    Share