3 Negara yang Berbatasan Langsung dengan Daratan Indonesia

3 Negara yang Berbatasan Langsung dengan Daratan Indonesia

Meski Indonesia adalah negara kepulauan, negara kita memiliki perbatasan langsung dengan 3 negara.

Jadi, seandainya ada yang bertanya:

  • Tuliskan negara di Asia Tenggara yang berbatasan darat dengan wilayah Indonesia!
  • Sebutkan negara ASEAN yang daratannya berbatasan langsung dengan Indonesia!
  • Wilayah yang berbatasan langsung dengan Indonesia adalah ….
  • Negara tetangga yang berbatasan langsung dengan wilayah timur Indonesia adalah ….

Kita bisa menjawab, “Ya. Kita memiliki perbatasan langsung dengan 3 negara.” dan kita menjelaskannya juga.

Berikut adalah negara di sekitar kita yang memiliki perbatasan langsung dengan Indonesia.

1. Timor Leste

berbatasan langsung dengan Timor Leste

Timor Leste adalah negara yang terletak di bagian timur pulau Timor dan beribu kota di Dili. Meski belum menjadi anggota ASEAN, Timor Leste adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang terhubung secara langsung dengan daratan Indonesia.

Indonesia memiliki perbatasan darat dengan negara Timor Leste melalui Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Timor.

Tanah Timor ini dulunya merupakan koloni Portugal dan Timor Leste juga pernah dikuasai oleh Indonesia dari tahun 1975 hingga tahun 2000-an.

2. Papua Nugini

berbatasan langsung dengan Papua Nugini

Papua Nugini adalah negara yang berbagi pulau dengan Papua, Indonesia. Negara ini adalah satu-satunya negara di luar kawasan Asia Tenggara yang berbatasan dengan wilayah Indonesia.

Negara yang beribu kota di Port Moresby ini berbatasan daratan dengan Republik Indonesia melalui Provinsi Papua, yang merupakan provinsi tertimur di Indonesia.

Papua Nugini dulunya merupakan koloni Inggris dan Jerman. Hingga pada suatu ketika Jerman menyerahkan bagiannya kepada Inggris, Jerman dulunya menguasai daerah utara Papua Nugini sekarang.

3. Malaysia

berbatasan langsung dengan Malaysia

Malaysia adalah sebuah negara yang ibu kotanya terletak di Semenanjung Malaya tepatnya Kuala Lumpur. Wilayahnya terbagi dua oleh sebuah wilayah Indonesia di Provinsi Kepulauan Riau.

Satu-satunya negara ASEAN yang berbatasan secara langsung dengan daratan Indonesia adalah Malaysia.

Sabah dan Serawak, dua wilayah Malaysia yang berada di bagian utara Kalimantan adalah sebagian wilayah Malaysia yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Malaysia berbagi perbatasan langsung dengan daratan Indonesia melalui Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan juga Kalimantan Utara di Borneo (Pulau Kalimantan).

Buka link berikut jika ada pertanyaan yang seperti “Negara manakah yang berbatasan langsung dengan Malaysia?

Kesimpulan

Jadi, Indonesia berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini. Jumlah negara yang memiliki perbatasan langsung dengan Indonesia hanya tiga negara, dua di sebelah timur dan 1 di sebelah utara.

Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia itu adalah 3 dari 10 negara yang berbatasan dengan Indonesia. Kamu bisa mengetahui 7 lainnya dalam artikel Daftar Negara-Negara yang Berbatasan dengan Indonesia.

Terima kasih.

  • 1
    Share