Perbedaan Kontrak Future dan Forward

Perbedaan kontrak future dan forward
Perbedaan forward dan future

Bagi seseorang yang sudah lama terjun di dalam dunia investasi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah future contract. Future contract sendiri merupakan sebuah kesepakatan antara kedua belah pihak yaitu pembeli dan penjual untuk memperdagangkan asetnya di masa yang akan datang.

Umumnya, tarif aset baru dapat ditetapkan ketika perjanjian itu dibuat. Namun apa sih perbedaan kontrak future dan forward itu?

Perbedaan Kontrak Future dan Forward

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa kontrak forward adalah sebuah kesepakatan antara dua belah pihak dalam kegiatan jual beli aset pada harga yang ditentukan di masa mendatang. Tidak jarang bahwa forward ini dimanfaatkan untuk spekulasi.

Perbedaan kontrak future dan forward yang mencolok terletak pada tanggalnya. Forward hanya memiliki satu tanggal penyesuaian yakni di bagian akhir kontrak karena ini termasuk dalam bentuk perjanjian pribadi antara kedua belah pihak tanpa transaksi melalui bursa.

Sebab sifat yang dimiliki oleh forward lebih fleksibel dalam menentukan persyaratan dan ketentuannya.

Cara Kerja Forward Contract

Contoh kontrak future
Tanda tangan kontrak

Perlu untuk diketahui bahwa pada transaksi forward terdapat dua kelompok yaitu spekulator dan hedger. Seorang hadger membutuhkan barang fisik untuk menjaga harga produk di masa depan. Sedangkan spekulator hanya fokus pada selisih harga jual beli dan belum tentu membutuhkan barangnya.

Adapun model penetapan harga yang umum digunakan untuk menghitung forward adalah seperti berikut ini.

  • Tidak terdapat biaya transaksi maupun pembatasan penjualan
  • Menggunakan tarif pajak yang sama untuk seluruh keuntungan dan laba bersih
  • Pinjam meminjami dengan tingkat bebas risiko
  • Kemungkinan arbitrase dieksploitasi ketika muncul

Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa umumnya nilai kontrak forward akan berubah saat nilai aset dasar juga berubah. Di dalam kontrak ini juga terdapat empat komponen utama yang bisa digunakan sebagai pertimbangan kedua belah pihak. Adapun beberapa elemen yang dimaksud adalah seperti ini.

1. Aset

Pada kontrak forward bisa dibilang aset termasuk ke dalam faktor utama. Aset ini merupakan sebuah aktiva dasar yang ditentukan di dalam kontrak atau perjanjian.

2. Tanggal Kontrak

Komponen selanjutnya yang ada di dalam kontrak satu ini adalah tanggal akhir perjanjian selesai dilakukan. Aset bisa langsung diserahkan dan melakukan pembayaran setelah tanggal penyelesaian itu.

3. Kuantitas

Kuantitas juga termasuk salah satu elemen yang ada di dalam forward. Elemen ini akan membantu menentukan banyaknya unit aset yang dibeli atau dijual.

4. Nilai Aset

Komponen ini merupakan harga yang ditentukan untuk melakukan pembayaran pada tanggal jatuh tempo. Ini juga mencakup jenis pembayaran serta mata uang yang akan digunakan untuk menyelesaikan transaksi tersebut.

Demikianlah pembahasan singkat tentang perbedaan kontrak future dan forward yang wajib kamu ketahui, terutama yang ingin terjun ke dunia investasi.

Perlu diketahui bahwa forward contract ini bersifat fleksibel sehingga tidak diperdagangkan di bursa efek dan umumnya dijual belikan secara over-the-counter yang telah dibuat oleh kedua belah pihak.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup