Pompa Air: Mesin untuk Menjaga Suplai Air Hunian

Pompa air blower

Ketersediaan air bersih adalah salah satu kebutuhan yang esensial bagi setiap orang, Air bersih digunakan untuk berbagai kepentingan mulai dari keperluan sanitasi hingga untuk dikonsumsi.

Oleh sebab itu, setiap orang mengusahakan untuk mendapat akses ke suplai air bersih. Usaha tersebut termasuk memasang jenis pompa air tertentu untuk mendapatkan suplai air tambahan dengan mudah. Omong-omong, ini tidak membahas pompa air galon ya.

Pengertian Pompa Air

Apa yang dimaksud dengan pompa air?

Pengertian pompa air adalah sebuah mesin yang memiliki fungsi untuk mengalirkan air dari dalam tanah ke keran yang ada di rumah. Cara kerja pompa air adalah dengan menghisap air dari sumber air, kemudian didistribusikan melalui pipa saluran air di rumah atau ditampung terlebih dulu di tangki air.

Dulu, banyak rumah memperoleh air melalui cara manual yakni menimba di sumur atau menekan tuas pompa tangan. Sekarang, mayoritas orang telah beralih menggunakan teknologi pompa air bertenaga listrik untuk mencukupi kebutuhannya, mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga industri.

H.A. Wirtz dari Z├╝rich menciptakan pompa pada tahun 1736. Teori, deskripsi, dan analisis mekanis pertama yang diterbitkan ditulis oleh JH Ziegler seizin Wirtz pada 1766. Pompa asli Wirtz ditenagai oleh roda arus di Sungai Limmat untuk memindahkan air ke tempat pewarnaan kain.

Harga yang harus dibayar untuk mendapat air relatif lebih murah dan hemat apabila menggunakan alat pompa. Cukup beli dan pasang produk mesin pompa air lalu bisa dapat akses ke sumber air tanpa tagihan air bulanan.

Pompa Air Terbaik untuk Rumah Tangga

Jenis pompa air yang tepat dapat memberi manfaat maksimal bagi kualitas air yang hadir di rumahmu. Beberapa pertimbangan harus dipikirkan sebelum memutuskan untuk memasang merek pompa air tertentu.

Salah satu pertimbangan tersebut adalah mengetahui letak kedalaman sumber air di rumahmu. Contohnya, kamu bisa menggunakan jenis pompa air sumur dangkal untuk kedalaman kurang dari 7 meter.

Selanjutnya adalah penyesuaian terhadap besaran tenaga listrik di rumah. Baiknya kamu memilih jenis pompa air yang memakan daya listrik kurang dari tenaga listrik rumahmu. Jangan terlalu besar jika kamu masih butuh menggunakan alat lain selama pompa hidup.

Pertimbangan berikutnya adalah besaran kebutuhan penggunaan air. Contohnya rumah yang dihuni keluarga besar, penggunaan air setiap harinya pasti cukup banyak. Untuk itu, pilihlah jenis pompa air yang dapat memompa air dengan debit besar, cepat, dan deras.

Jenis-Jenis

Setelah tau pengertian pompa air, sekarang beralih ke jenis-jenis pompa air. Ada banyak jenis pompa air yang tersedia di pasaran. Masing-masing pompa tentu memiliki spesifikasi dan kinerja yang berbeda. Jika salah pilih tentu kinerja dan kualitas air yang dihasilkan tidak maksimal.

Berikut ini merupakan daftar jenis pompa air yang dapat kamu jadikan referensi.

1. Pompa Sumur Dangkal

Jenis pompa ini berfungsi maksimal untuk kedalaman kurang dari 9 meter. Tipe pompa air mini ini cocok digunakan bagi hunian berlahan sempit dan penggunaan ringan. Pompa untuk sumur dangkal terbagi dalam kategori watt kecil dan semi jet.

Pompa dengan watt kecil (berkisar antara 75, 125, hingga 200 watt) dapat menghisap air hingga kedalaman permukaan air 6 meter. Untuk semi jet, dapat menjangkau hingga 8 meter.

Daya dorong dan debit air yang dihasilkan pompa berdaya:

  • 75 watt daya dorong maksimal 20 meter dan debit air maksimal 16 liter/menit
  • 125 watt daya dorong maksimal 21 meter dan debit air maksimal 29 liter/menit
  • 200 watt daya dorong maksimal 30 meter dan debit air maksimal 50 liter/menit

Sedangkan untuk jenis pompa air sumur dangkal tipe semi jet umumnya memiliki daya dorong dan debit air yang lebih besar dari pompa sumur dangkal 200 Watt. Jenis pompa air ini tersedia dalam tipe otomatis dan tidak.

Salah satu produk mesin yang saya sarankan adalah Pompa Otomatis PS-135 E dari Shimizu.

2. Pompa Sumur Dalam

Jenis pompa air ini dapat bekerja optimal ketika menghisap air dengan kedalaman lebih dari 9 meter. Pompa yang sering disebut jet pump ini adalah sudah umum digunakan oleh rumah tangga.

Ada dua tipe jenis pompa air sumur dalam, yaitu semi jet (semi jet pump) dan jet (jet pump). Perbedaan antara keduanya adalah jenis pompa air jet ada tabung, sedangkan semi jet tidak ada tabung yang dapat menambah kekuatan daya hisap dan pancar pompa air.

3. Pompa Booster

Jenis pompa ini tidak dipasang dekat sumber air, namun di tengah instalasi pipa air. Fungsi pompa booster adalah untuk pendorong shower atau memperkuat daya pancar aliran dalam instalasi pipa air dalam rumah. Pompa mesin air jenis ini banyak terdapat pada rumah-rumah yang memasang alat water heater listrik.

4. Pompa Air Celup

Sesuai namanya, pengertian pompa air ini adalah pompa yang dipasang dengan cara dicelup ke dalam air. Pompa ini berfungsi untuk menyedot air dan mengalirkannya ke dalam alat penyaring air. Mesin ini sering dijumpai sebagai mesin pompa air aquarium karena daya pancarnya kurang lebih hanya 5 meter.

5. Pompa Air Diesel

Jenis pompa air ini menggunakan mesin diesel berbahan bakar solar dan berfungsi untuk memompa air dengan volume debit air yang besar. Umumnya, jenis pompa air tanpa listrik ini digunakan untuk keperluan pengairan pada persawahan, perikanan, dan perkebunan.

6. Pompa Air Otomotif

Jenis pompa air otomotif kerap ditemukan pada kendaraan bermotor. Fungsi dari mesin ini adalah untuk mengalirkan cairan pendingin mesin saat proses pembakaran bahan bakar. Air yang digunakan pada jenis pompa air otomotif adalah campuran glikol dan air.

7. Pompa Air Agrikultur

Jenis pompa air self priming agrikultur sering dimanfaatkan oleh petani untuk keperluan mengalirkan air pada tanaman dan membantu pertumbuhan. Selain itu, jenis pompa ini juga dapat digunakan untuk menyedot air dan dipompa ke sebuah area seperti tempat pengolahan pupuk kimia.

8. Pompa Air Laut

Pompa air laut adalah jenis pompa yang dirancang untuk tujuan melarutkan kadar keasinan yang terkandung pada air laut. Hal ini dilakukan untuk menurunkan efek buruk air garam seperti korosi pada benda-benda logam.

Jenis pompa ini juga bisa ditemukan pada kapal laut. Pompa ini dapat digunakan juga untuk mentransfer air laut yang dibutuhkan dalam keadaan darurat seperti pemadaman kebakaran. Mesin ini biasanya terbuat dari bahan stainless steel atau perunggu.

9. Pompa Air Industrial

Pompa air industri adalah salah satu jenis pompa yang digunakan untuk industri berskala besar. Beberapa industri yang menggunakan jenis pompa ini untuk membantu operasional adalah industri manufaktur, minyak dan gas, pertambangan, makanan dan minuman, industri kimia dan farmasi.

10. Pompa Sirkulasi Air Panas

Pompa sirkulasi air panas kerap digunakan oleh industri-industri yang membutuhkan tenaga panas untuk operasionalnya.

Mesin ini digunakan untuk mengambil air yang telah dipanaskan dalam boiler dan mendistribusikannya melalui jaringan pipa dan penukar panas (biasanya radiator atau konvektor).

Pompa sirkulasi umumnya bertenaga listrik dan dikendalikan oleh rangkaian relai yang ditutup ketika ada panggilan panas, dan terbuka ketika suhu ruangan telah melebihi set point.

Cara Pasang Otomatis Pada Pompa Air

Pemasangan pompa air listrik otomatis untuk rumah tangga relatif mudah dilakukan. Kamu bisa perhatikan beberapa langkah berikut ini agar tidak terjadi kesalahan.

  • Sambungkan kabel listrik positif ke salah satu terminal saklar otomatis. Kemudian, sambungkan terminal kabel saklar otomatis yang lain ke salah satu kabel pompa air. Jangan lupa, sambungkan kabel listrik negatif ke arah kabel pompa air sisi lain.
  • Beri pengaman berupa isolasi khusus kabel pada sambungan kabel untuk menghindari terjadinya korsleting listrik.
  • Pasang kabel grounding pada salah satu sekrup mesin pompa air ke tanah.
  • Lakukan pengetesan sebelum memasang saklar dengan cara membuka salah satu keran. Jika belum menyala, kendurkan sekrup pompa air hingga menyala. Setelahnya, tutup keran air apabila mesin berhasil menyala.

Jika merasa hal tersebut sulit dilakukan dan tidak memiliki waktu, kamu bisa menggunakan jasa service pompa air di daerahmu.

Penyebab Umum Pompa Air Bermasalah

Setiap mesin pompa air yang terpasang terkadang bermasalah. Ada banyak hal yang mungkin menjadi penyebab pompa air tidak menyala tiba-tiba. Terlebih apabila mesin berdengung bahkan tidak berbunyi sama sekali. Penyebab paling umum pompa air tiba-tiba ngadat antara lain:

  • Tegangan atau voltase listrik turun
  • Dinamo (motor listrik) rusak atau terbakar
  • Adanya kerusakan pada kapasitor

Jika dikemudian hari kamu mengalami permasalahan pompa air, berikut beberapa trik yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

  • Cek kabel penghubung antara arus listrik dan pompa air. Putusnya kabel arus listrik tentu membuat pompa air jadi mati.
  • Lepaskan pompa air dari tempatnya, lalu bawa ke lokasi yang lebih aman dan kering. Cek kehalusan putaran kipas pompa air tersebut. Jika putaran tidak stabil, maka ada kemungkinan bearing telah rusak. Solusinya, mesin dibongkar dan ganti bearing.
  • Periksa kondisi tiap komponen (terutama kapasitor dan kumparan) secara fisik dan lakukan pengetesan menggunakan alat tester (tespen) untuk mengetahui letak kerusakannya.

Tambahan informasi, kamu bisa membeli pompa air melalui berbagai toko online yang tersedia seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau website resmi brand yang jual pompa air. Kamu juga melihat daftar harga pompa air paling murah di sana.

Brand pompa air yang bagus dan bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli antara lain adalah pompa air Shimizu, Showfou, Sanyo, Grundfos, dan Wasser.

Itulah beberapa informasi tentang pompa air dari pengertian hingga penyebab pompa bermasalah yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan berguna.