11 Produk Kecantikan Lokal Indonesia [Referensi]


Pada masa kini, wanita semakin memerlukan produk kosmetik untuk menunjang penampilannya maka tak ayal banyak merek kecantikan asli buatan Indonesia bermunculan.

Dengan munculnya brand-brand lokal maka Indonesia mulai bersaing dengan produk kosmetik berskala global. Beberapa brand kosmetik lokal Indonesia sudah lama dikenal masyarakat adalah Mustika Ratu, Sariayu, atau Wardah.

Seiring perkembangan zaman, bermunculan juga brand kosmetik Indonesia seperti Bali Alus, Inez Cosmetics atau Make Over menjadi alternatif pilihan bagi konsumen Indonesia.

Untuk menarik pembeli, brand-brand kosmetik lokal melakukan berbagai inovasi dan promosi untuk memperkenalkan produknya kepada khalayak, salah satunya dengan memanfaatkan blogger-blogger dalam negeri.

Selain melalui blognya, mereka juga bisa promosi melalui akun sosial media seperti Instagram, Line, Facebook, Youtube atau Twitter.

Blogger tersebut membagikan informasi update tentang kelebihan dan kelemahan produk-produk kosmetik yang telah dicobanya. Hal itu bisa menjadi pendorong yang efektif bagi pembaca agar mereka tertarik dan termotivasi untuk mencobanya juga.

Merek kosmetik lokal apa yang jadi pilihan terbaik?

Produk-produk dan peralatan kosmetik lokal yang banyak tersedia di department store, supermarket, pusat kosmetik yang trusted maupun yang ditawarkan lewat intenet semakin beragam. Susah ya milihnya sekarang.

Banyaknya produk kecantikan lokal baru yang sesuai dengan trend terkini bisa memberikan keuntungan bagi konsumen karena pilihannya juga semakin bervariasi.

Yang jelas, memilih produk-produk kecantikan lokal perlu memperhatikan berbagai aspek kesehatan dan keamanannya. Pastikan bahwa produk dan alat-alat kosmetik tersebut menggunakan bahan-bahan alami yang aman digunakan dan tanpa efek samping.

Daftar Merek dan Produk Kosmetik/Make-up Lokal Indonesia

Brand-brand kosmetik berikut ini adalah asli buatan Indonesia yang menjadi pilihan favorit oleh banyak masyarakat Indonesia.

1. Merek Kosmetik Lokal – Mustika Ratu

Produk kecantikan lokal paling bagus

Brand kosmetik pertama dalam daftar ini adalah Mustika Ratu. Mustika Ratu menghadirkan produk-produk kecantikan dengan ramuan tradisional dari bahan-bahan alami berupa jamu yang aman dikonsumsi.

Produk-produk jamu Mustika Ratu yaitu jamu perawatan, hair care, health drink, facial care, detoks, pelangsing, perawatan khusus pria dan wanita, women’s health and treatment, serta penurun kolesterol.

Untuk produk kosmetika decorative, tersedia pelembab, lipstik, lip care, pemulas bibir, alas bedak, bedak, maskara, pemulas pipi, dan pensil alis.

Produk-produk perawatan rambut (hair care) Mustika Ratu meliputi aneka ragam shampo, minyak, ramuan penyubur rambut, dan hair mask cem ceman.

Mustika Ratu menyediakan pula produk-produk untuk perawatan tubuh (body care), perawatan wajah (face care), dan pemutih (whitening).

2. Merek Kosmetik Lokal – Wardah

Produk perawatan yang bagus dan murah

Lalu selanjutnya, merek kosmetik lokal Indonesia yang menjadi favorit yaitu Wardah. Wardah yang telah diluncurkan ke pasaran sejak tahun 1995. Wardah dikembangkan oleh PT Paragon Technology and Innovation dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan kosmetik yang halal.

Merek kosmetik lokal ini menggunakan teknologi canggih terkini di bawah pengawasan ahli dan dokter kulit untuk menghasilkan jenis-jenis produk kecantikan yang berkualitas. Brand values yang diusung Wardah yaitu: pure and safe, beauty expert, dan inspiring beauty.

Setiap produk-produk dan peralatan kecantikan Wardah telah memenuhi standar kesehatan dan aman untuk digunakan.

Beberapa produk Wardah di antaranya yaitu produk perawatan kulit (skin treatment) seperti Lightening Facial Scrub, Luminous Face Powder, Essential Facial Wash, Day Cream, dan Night Cream.

Selain itu, produk cleanser and make up removers, moisturizers, eye and lip treatment, BB and CC cream, exfoliators and masks, sun protection, dan produk-produk make up.

3. Merek Kosmetik Lokal – Inez

Produk perawatan wajah terkenal

Produk kecantikan branded lokal Indonesia lainnya yang bisa menjadi pilihan yaitu Inez Cosmetics. PT. Kosmetikatama Super Indah adalah perusahaan yang mengembangkan merek kecantikan lokal yang satu ini sejak tahun 1998 dengan pabriknya ada di Malang.

Pada awal pengembangannya, merek ini dibantu oleh ahli kosmetika dari Eropa yang telah berpengalaman selama berpuluh tahun.

Inez mempunyai beragam produk dan alat-alat makeup yang meliputi decorative untuk tata rias wajah (make up) seperti eye shadow, bedak tabur, lipstik, bedak wajah, dan lainnya. Ada pula produk-produk perawatan (treatment) untuk wajah dan kulit tubuh yaitu sabun pelembab muka, pembersih wajah, whitening, anti acne, dan penyegar wajah.

4. Merek Kosmetik Lokal – Make Over

Produk kecantikan Indonesia - skincare

Apakah Make Over produk lokal? Tentu saja.

Brand kosmetik asli Indonesia ini telah menjadi pilihan bagi para wanita yang mendambakan kecantikan. Lewat produk-produk kecantikan yang ditawarkannya, Make Over mampu membuat wanita terlihat menawan dan menjadi pusat perhatian.

Brand kosmetik populer Make Over dikembangkan oleh PT Paragon Technology and Innovation ini sering digunakan untuk keperluan komersial seperti photoshoot, iklan maupun acara televisi, dan fashion show.

Make Over menghadirkan aneka jenis produk kosmetik di antaranya yaitu hydration serum, corrective base make up, ulta cover liquid matt foundation, face contour kit, perfect cover creamy foundation, camouflage cream face concealer, perfect cover two way cake, shimmering powder, dan silky smooth translucent powder.

Ada pula produk-produk decorative untuk bibir, pipi ataupun mata dengan beragam warna seperti eye shadow, mascara, eye liner, eye brow, blush on, lip colour pencil, lip liner, dan lipstik.

5. Merek Kosmetik Lokal – Caring Colours

Produk kosmetik lokal terlaris

Caring Colours merupakan brand kosmetik keluaran lokal Indonesia yang dikembangkan oleh Martha Tilaar Group dan ddukung dengan para ahli dan dokter yang berpengalaman. Brand ini menghadirkan produk-produk kecantikan terbaik.

Caring Colours yang berslogan “The Colours that Care” menggunakan bahan-bahan alami seperti jojoba oil, avocado oil, colagen, vitamin C, vitamin E, mulberry extract, dan lainnya yang dapat mempercantik dan merawat kulit.

Untuk wanita masa kini yang ingin tampil cantik dan trendy, terdapat produk-produk kecantikan untuk perawatan kulit (skin care) seperti facial foam dan moisturize. Produk-produk kosmetik lainnya yaitu liquid foundation, eye liner, eye shadow, loose powder, maskara, lipstik, BB cream, dan two way cake.

6. Merek Kosmetik Lokal – Emina

Review produk lokal kecantikan

Merek kosmetik lokal Emina dikembangkan oleh PT Paragon Technology and Innovation dengan konsep “Cantik itu Simple and Fun”.

Emina menyediakan beragam produk-produk kecantikan terbaik yang cocok digunakan untuk para gadis remaja.

Produk-produk kosmetik merek Emina meliputi mineral mineral compact powder, loose powder, BB cream, CC cake, blush on, cream blush, pencil eyeliner, pencil eyebrow, eye shadow, lipstick, maskara, dan lip color balm.

Tak cuma itu, ada pula produk-produk skin care seperti cleanser, toner, serum, mask, moisturizer, sunscreen, dan scrub.

7. Merek Kosmetik Lokal – Bali Alus

Kumpulan merek kecantikan lokal

Kekayaan alam Indonesia yang melimpah ruah merupakan potensi yang bisa menghasilkan produk-produk untuk kecantikan yang mengedepankan kesehatan.

Hal itulah yang mendasari hadirnya brand kecantikan Indonesia, Bali Alus yang produk-produknya berkualitas internasional dan telah diekspor ke beberapa negara.

Bali Alus menggunakan baham-bahan alami seperti tanaman herbal pada produk-produk seperti face care yang meliputi face soap, face and body mask, cream face, cleansing face, dan face spray.

Terdapat pula beragam produk hair care yaitu creambath, conditioner, shampo, masker rambut, dan vitamin rambut.

Bali Alus juga menyediakan macam-macam produk aromatherapy seperti essential oil, minyak angin, stick aromatherapy, dan bath salt mineral atau organic.

8. Merek Kosmetik Lokal – Sariayu

Brand merk kecantikan lokal

Kecantikan sempurna secara natural baik dari luar (outer beauty) maupun dari dalam (inner beauty) menjadi nilai dan filosofi yang diusung oleh Sariayu.

Brand kosmetik Indonesia milik Martha Tilaar group ini telah lama dikenal dan menjadi pilihan favorit bagi masyarakat. Tersedia beragam produk kosmetik seperti make up base, decorative, skin care, body care, hair care, herbal, natural whitening, color trend, dan jamu.

Produk-produk unggulan Sariayu misalnya bedak padat, two way cake, foundation, lipstik, facial massage cream, facial foam, body scrub, masker payudara, body splash cologne, lulur, conditioner, hair softener, shampo, eye shadow, dan lain-lain.

9. Merek Kosmetik Lokal – Mineral Botanica

Contoh brand produk lokal indonesia

Brand kosmetik lokal, Mineral Botanica dikenal orang lewat promosi yang dilakukannya lewat media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Produk-produk Mineral Botanica yang menjadi unggulan yaitu soft matte loose powder, lip cream, hand and body lotion, dan lainnya.

10. Merek Kosmetik Lokal – Mustika Puteri

Nama nama brand kecantikan lokal

Mustika Puteri merupakan brand kecantikan Indonesia dengan target market para remaja wanita yang dikembangkan oleh Mustika Ratu.

Sebagai brand kecantikan lokal untuk remaja, Mustika Puteri mengembangkan rangkaian produk inovatif terkini. Produk-produknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit remaja yang sensitif.

Produk-produk Mustika Puteri meliputi facial care seperti penyegar cleansing wash, normal skin, penyegar dan pembersih acne line.

Untuk produk basic make up tersedia loose powder, silky white compact powder, silky white tinted moisturizer, dan compact powder.

Rangkaian produk decorative Mustika Puteri yaitu eye shadow, color lipstick, dan lip care. Selain itu, ada beragam produk whitening series, parfum, deodorant, dan cologne.

11. Merek Kosmetik Lokal – Polka Beauty

Urutan brand kecantikan

Polka Beauty, brand kosmetik asal Indonesia ini diperuntukkan bagi para wanita muda yang aktif dan energik. Itu sesuai dengan konsep yang diusung Polka Beauty lewat produk-produk lipstik cair (lip lacquer).

Brand kosmetik Polka Beauty didirikan oleh Desty Uwais, Astrid Rahma Novalia, Fitri Reksoprodjo, dan Tiara Adikusumah. Meski baru dirilis pada tahun 2015, Polka Beauty langsung menyedot perhatian dan banyak dicari oleh mereka yang menyukai trend lip lacquer.

Penutup

Kehadiran merek-merek kosmetik lokal Indonesia yang diterima oleh masyarakat membuktikan bahwa produk-produk dalam negeri tidak kalah dengan produk-produk dari luar negeri.

Bahkan beberapa brand kosmetik terbaik di Indonesia mempunyai standar internasional, telah dipasarkan secara global, dan memiliki nama di beberapa negara.

Kira-kira benar tidak menurutmu?


Subscribe
Notify of
2 Komentar
Terlama
Terbaru Paling didukung
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar