Ratu Kecantikan Banting Setir Jadi Masinis Kereta

Finalis Miss World Australia Arshdeep Kaur baru saja memutuskan untuk berpindah karier. Hal itu tentu membuat banyak orang terkejut dengan keputusannya.

Alih-alih berkarir di industri hiburan atau profesi lain yang lebih feminim, ratu kecantikan itu dengan tekad bulat memutuskan untuk jadi masinis kereta.

Ratu kecantikan jadi masinis kereta

Wanita 27 tahun tersebut menyatakan bahwa itu adalah salah satu keputusan terbaik dalam hidupnya.

Arshdeep awalnya tak pernah menyangka bahwa dirinya akan bekerja di bidang transportasi apalagi jadi masinis. Sebelumnya, wanita keturunan India itu bahkan sudah bersiap diri mendaftar sebagai dosen.

Namun, beberapa bulan lalu ia melihat lowongan Sydney Trains yang sedang mencari masinis. Merasa ingin melakukan perubahan dalam hidupnya, Arshdeep akhirnya mendaftar program pelatihan.

Ratu kecantikan jadi masinis

Ratu Kecantikan Berlatih Jadi Masinis

Finalis ratu kecantikan ini akan menyelesaikan masa pelatihan dan resmi jadi masinis tahun depan. Arshdeep mengaku perubahan kariernya itu seperti pencapaian besar.

“Orang-orang sering terkejut ketika aku mengatakan bahwa aku seorang masinis tapi Sydney Trains bekerja keras untuk mendobrak stereotip gender,” ujarnya seperti dilansir dari Wolipop Detik.

Finalis Miss World Australia Arshdeep Kaur

Tak bisa dipungkiri, masinis memang bukan merupakan profesi yang populer bagi kebanyakan wanita. Tapi di tempat pelatihannya kini, untuk pertama kalinya dalam sejarah, setengah peserta pelatihan adalah wanita.

Selain lingkungan kerja, ia mengaku telah mendapat dukungan dari keluarga. “Ayah sangat bangga namun tidak terkejut. Sejak kecil orangtuaku selalu mengajarkah kami bahwa wanita dan pria setara, dan tidak ada yang tidak mungkin jika kamu punya intensi baik dan bekerja keras”, katanya.

Foto Arshdeep Kaur

Arshdeep juga menceritakan pengalamannya belajar jadi masinis. “Hal favoritku adalah ketika anak-anak kecil melambaikan tangannya padaku ketika kami lewat,” ujarnya.

“Terasa sangat bangga bisa melayani komunitas dan Sydney berjalan,” tambah pemilik akun Instagram @arshdeep_kaur121 itu.

Meski begitu Arshdeep mengakui bahwa pekerjaan itu tidak mudah. Kadang ia melakukan kesalahan yang membuatnya down. Untungnya, wanita cantik itu terus mendapat dukungan dari lingkungan kerjanya.

Potret cantik Arshdeep Kaur

“Lingkungan menciptakan tembok norma sosial dan kita harus mulai mendobraknya. Ada nenek, ibu, model, dan wanita dari berbagai ras bekerja di industri kereta. Itu bukan tidak bisa diraih dan tidak ada yang tidak mungkin jika kamu benar-benar bertekad,” pungkas Arshdeep.