Review Manga One Piece Chapter 988


One Piece chapter 988 akhirnya bisa kita baca setelah menunggu sekitar 2 minggu. Di chapter kali ini kita akan melihat bagaimana kelanjutan Perang Wano yang baru saja di mulai.

Apa kejutan yang ada di chapter 988 ini? Mari kita bahas chapter ini dengan singkat.

Maaf Membuatmu Menunggu – One Piece 988

Halaman cover di chapter ini melanjutkan kisah “Gang Bege: Oh My Family!” yang memperlihatkan Pound benar-benar ditinggal oleh kedua anak kandungnya berlayar dengan kapal Gang Bege.

Namun, meski ditinggal anaknya dan terlihat beberapa ledakan di sekitar, Pound tetap berenang mengejar kapal anaknya.

One Piece 988 review

Di panel pertama, Kaido mengatakan bahwa dia tau tentang mode sulong Suku Mink. Jack dan anak buahnya menyusul Kaido melalui sebuah gerbang di atas Tengkorak Onigashima.

Di antara orang-orang yang datang bersama Jack, ikut pula Numbers No. 7.

Sesaat setelah mereka datang, mode sulong mulai diperlihatkan oleh Suku Mink. Jack berkata pada anak buahnya bahwa mereka jangan ragu karena mode sulong tidak akan bertahan lama.

Mode sulong Suku Mink

Menghadapi Suku Mink, anak buah Kaido akan bertarung dengan wujud binatang mereka masing-masing.

Di panel selanjutnya terlihat Guardian (Roddy & BB) dan 3 Musketeer (Giovanni, Shishilian, & Concelot) mempersilahkan Master Nekomamushi dan Duke Inuarashi untuk fokus dengan Kaido.

Anak buah kepercayaan Suku Mink tersebut terlihat akan menghadapi Jack dengan mode sulong mereka.

Opini dan Teori

Di chapter mendatang, selain melihat kekuatan full Suku Mink dengan mode sulongnya, kita akan melihat debut salah satu Numbers.

Kaido dan anak buahnya saya rasa menahan imbang serbuan para Mink yang sebentar lagi mengamuk. Karena ini perang besar, tentu kedua pihak akan terlihat seimbang di awal.

Berpindah tempat, di panggung pesta terlihat King dan Quenn sedang bercengkerama tentang kecekatan Jack membaca situasi. Ada juga Big Mom yang bergumam, “Mereka sudah mulai ya?”

Sementara itu, Shinobu mengambil risiko berusaha menyelamatkan Momonosuke meski King dan Quenn masih berada di panggung.

Benar dugaan, kedua bencana Kaido menyadari usaha Shinobu. King langsung melempar Shinobu ke gedung di depan panggung. Sontak, Luffy, Nami, dan Carrot mengkhawatirkan Shinobu. Terlihat Nami sudah memeluk Zeus.

Ternyata, usaha penyelamatan Momonosuke berhasil. Tapi King dan Quenn kebingungan karena tidak melihat siapapun di sana.

Momonosuke berhasil dibebaskan dan terbang menjauhi panggung utama. Bos Hyogoro terlihat kaget namun Shinobu tidak. Shinobu langsung menggunakan peralatan terbangnya menjauhi panggung sambil mengeluh kesakitan.

Melihat Momo kabur, King berinisiatif untuk menangkapnya kembali. Dia terbang dengan cepat mengejar Momo.

Opini dan Teori

Sudah beberapa chapter berjalan, Quenn terlihat kagetan. King juga sempat kaget tapi langsung mengambil tindakan. Sedangkan Jack, mungkin karena dia yang termuda di antara 3 bencana Kaido, dia selalu berinisiatif.

Tak disangka tak dinyana, Sanji dengan kostum Germa 66 “kebanggaannya” menendang kaki King. Seperti tak diharapkan, Nami nyeletuk, “Bukannya Sanji sedang sibuk mengejar gadis-gadis di sini?!”

Dengan cekatan King langsung berusaha mencekik Sanji berharap dia akan menyerahkan Momonosuke. Namun sayang, Sanji melemparkan bocah itu ke Shinobu sambil berkata, “Hei Momo, Aku kagum dengan perkenalan dirimu tadi!”

Melihat Sanji melakukan hal itu, King langsung menusuk Sanji dengan mulut Pteranodonnya yang kuat dan kokoh. Sampai-sampai Sanji mengeluh, “Bisa-bisa perutku berlubang!”

Mendengar reaksi Sanji, King malah berkata bahwa Sanji tidak hanya akan berlubang melainkan terbelah menjadi dua.

Tak sempat menghilang lagi, akhirnya King menghantamkan Sanji ke salah satu gedung di Onigashima. Luffy mengakui bahwa serangan King yang barusan benar-benar dahsyat.

Opini dan Teori

Entah ini hanya permulaan atau tidak, Sanji sudah merasakan kuatnya paruh Pteranodon. Sanji akhirnya rela menggunakan red suitnya padahal dulu sempat ingin dibuang. Mungkin karena kekuatannya yang sangat diimpi-impikan oleh Sanji.

Luffy meminta Yamato untuk menjaga Momonosuke bersama Shinobu. Mendengar itu, Yamato berkata “Kau yakin?” sambil terus menghadapi Ulti.

Menjawab pertanyaannya sendiri, Yamato mengatakan bahwa menjaga anak sendiri adalah hal yang wajar.

Big Mom menyerang Luffy

Big Mom yang di chapter 987 sudah menemukan Luffy, sekarang sudah menaiki Prometheus dan menggenggam Napoleon. Big Mom juga menyuruh pasukannya untuk mengalahkan para penyusup agar nanti bisa melanjutkan pesta.

“Kau sudah mengganggu acara pernikahan, pesta minum teh, dan sekarang perjamuan besar ini, kau benar-benar suka merusak kesenangan orang ya!” kata Bigmom.

IKOKU! dan BOOOM! Big Mom melubangi salah satu gedung di Onigashima.

Melihat serangan Big Mom, para samurai bertanya-tanya perihal identitas Big Mom dan dijawab oleh seseorang yang tau bahwa Big Mom adalah kapten bajak laut yang kekuatannya setara dengan Kaido.

Reaksi samurai mendengar hal itu, “Jadi di tempat ini ada 2 orang yang kekuatannya setara dengan Kaido?!”

Opini dan Teori

Kemungkinan besar yang dimaksud 2 orang yang kekuatannya setara dengan Kaido adalah Big Mom dan Luffy. Hal ini sesuai dengan apa yang dipercayai oleh Kinemon. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa ada kartu rahasia yang masih Oda simpan untuk menjawab pertanyaan ini.

Serangan Big Mom yang gagal mengenai Luffy membuat Yonkou itu memanggil Zeus. Tapi dia tidak datang-datang karena sudah ada di kekepannya Nami.

Nami yang panik dikejar-kejar Big Mom menanyai keberpihakan Zeus. Awan imut itu jelas menjawab bahwa dia tidak bisa melawan Big Mom.

Tiba-tiba disautlah Zeus dari Nami oleh Big Mom. Zeus langsung mendapat perintah untuk menyerang Nami dengan serius, jika tidak maka Zeus sendirilah yang akan lenyap.

Zeus yang tidak punya pilihan mengiyakan perintah Big Mom dan meminta maaf kepada Nami. Si Kucing Pencuri yang mendengar kata-kata Zeus berteriak sambil menangis, “Aku benci kamu! Tak akan kumaafkan!”

Tak lama kemudian, Franky dan Brook yang mengendarai Kurosai FR-U IV datang menghantam Big Mom. Nami terselamatkan, Zeus terbelah menjadi dua, dan Big Mom tidur terlentang.

Review Once Piece 988

Opini dan Teori

Ada satu detail yang memperlihatkan Brook baru saja telah menyimpan pedangnya. Kemungkinan besar, Brook lah yang membuat Zeus terbagi dua.

“Ah ternyata aku menabrak sesuatu! Ya sudahlah. Bukan masalah bagiku selama itu bukan bunga.” – Franky, Arc Wanokuni

One Piece 988 selesai dan minggu depan libur lagi. Semangat!