Review Manga One Piece Chapter 998

One Piece chapter 998 akhirnya rilis dan bisa kita baca setelah menunggu sekitar 2 minggu. Di chapter kali ini kita akan melihat bagaimana kemampuan para Tobi Roppo dalam wujud zoannya masing-masing.

Apa kejutan lain yang ada di chapter 998 ini? Mari kita bahas chapter ini dengan singkat.

Zoan Kuno – One Piece 988

Halaman cover di chapter ini menunjukkan Enel yang sedang berbaring di atas perut seekor kucing raksasa. Dia berbaring bersama si kucing ditemani alunan musik. Aktivitas santai keduanya tampak diamati oleh seekor tikus.

Review One Piece 998

Chapter 998 di buka dengan antusiasme anak buah Kaido kala mengetahui Pulau Onigashima bisa dia terbangkan. Mereka juga bertanya-tanya berada di pihak manakah Marco Si Phoenix.

Setelah percakapan singkatnya kemarin, Marco tiba-tiba langsung membakar Chopper. Tindakan Marco itu memantik emosi Brook dan Zoro hingga berniat menyerang Si Phoenix. Namun, Si Rusa yang lama kelamaan menyadari api yang membakarnya tidak berbahaya, dia menjadi tenang.

Panas api biru Marco pas untuk menghentikan penyebaran virus. Tak lama setelah itu, dokter suku Mink memanggil dari kejauhan. Mereka berniat membantu Chopper melipatgandakan anti virus yang telah didapatnya.

Akan tetapi, para iblis es datang hendak menyerang dua dokter itu. Beruntung ada Marco di sana, dia membakar semua iblis es yang hendak menyerang dengan api birunya.

Reaksinya sama seperti Chopper, takut terbakar tapi lama kelamaan mereka merasa baik-baik saja dan tidak menggigil lagi. Termasuk Oomasa, dia telah sadarkan diri. “Kalau tenaga kalian habis, kalian akan kembali menjadi iblis es,” ucap Marco.

Api biru Marco menyembuhkan banyak orang

Melihat kekacauan yang dibuat Marco, dari atas Queen memberi komando agar segera merebut kembali vaksin yang telah dibawa pihak aliansi pembebasan.

Mantan Komandan Divisi I Bajak Laut Shirohige lantas menawari ojek kilat bagi Zoro, Brook, dan Robin jika mau pergi ke atas. Namun, ketiganya mengkhawatirkan Chopper bila ditinggal sendirian.

Namun, dari jauh terdengar teriakan Bos Yakuza yang menjamin keselamatan Chopper di menara yang sedang bergelut memperbanyak vaksin.

Opini dan Teori

Dalam beberapa panel terlihat betapa waspadanya kru Bajak Laut Topi Jerami, sampai-sampai juga menyerang Marco. Alasannya masuk akal sebenarnya, sebab mereka belum tau kekuatan api Marco yang bisa dipakai juga untuk “menyembuhkan”.

Tak lama kemudian terlihat Apoo yang ternyata masih bisa bangkit berdiri. Tapi sayang, dia langsung dilumat oleh gigi allosaurus X Drake. Ia juga menjamin keselamatan aliansi di lantai tersebut.

Beralih ke Jinbe dan Luffy, mereka berdua sedang bergelut di lantai 4. Dalam interaksi keduanya, Oda menyelipkan sedikit humor.

Jinbe: Bisa jadi Sanji telah menemukan musuh tangguh dan melawannya di lantai 3.
Luffy: Ternyata begitu. Aku harus mengasah lagi haki kenbunshoku milikku.

Padahal kita tau, apa niat awal Sanji berpisah dengan kedua orang ini di chapter 997. Di lantai 4, Jinbe juga berniat melakukan hal yang sama seperti Sanji dan membiarkan Luffy lanjut ke atas.

Pergi menuju Franky yang kemarin ditinggal sendiri untuk menghadapi Sasaki. Kali ini, Sasaki tidak main-main lagi. Dia berubah wujud menjadi seekor triceratops, makhluk hidup terkuat yang tercatat dalam sejarah Bumi menurut klaim Sasaki.

Melihat kondisi Sanji, dia dikejar-kejar oleh Black Maria dan anak buahnya. Wujud zoan wanita tinggi besar itupun terungkap yakni laba-laba raksasa. Tapi bukan Sanji namanya jika tidak menganggap surga sarang Black Maria itu, isinya cewek semua.

Akhirnya kita juga diperlihatkan wujud zoan Who’s Who yang akan dihadapi oleh Jinbe. Seekor cybertooth raksasa dan anak buah kucingnya akan bergelut dengan Jinbe.

Who’s Who juga mengatakan bahwa dia mengenal Jinbe saat masih bergabung dengan Shichibukai. Tapi dia tidak mau memperkenalkan diri lebih jauh.

Daftar Buah Iblis Flying Six Tobi Roppo

X Drake: zoan purba ryu-ryu no mi model allosaurus
Sasaki: zoan purba ryu-ryu no mi model triceratops
Black Maria: zoan purba kumo-kumo no mi model rosamygale grauvogeli
Who’s Who: zoan purba neko-neko no mi model sabertooth tiger
Ulti: zoan purba ryu-ryu no mi model pachycephalosaurus
Page One: zoan purba ryu-ryu no mi model spinosaurus

Page One dan Ulti masih mengejar-ngejar Nami yang diselamatkan Otama. Di dalam gudang, kita diperlihatkan sebuah patung naga raksasa yang sudah tak terpakai. Menurut keterangan Yamato, patung itu dirusak oleh teman Yamato beberapa tahun lalu.

Dalam cerita Yamato, tergambar siluet Portgas D. Ace. One Piece 998 tamat di sini.