Sayuran Baik untuk Ginjal yang Lebih Sehat

  • 1
    Share

Sayuran baik untuk ginjal

Meski ginjal adalah organ kecil yang terletak di perut bagian bawah, nyatanya ginjal memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ginjal perlu dirawat dan dijaga untuk menghindari disfungsi yang membuat kesehatan tubuh memburuk. Berikut ini adalah beberapa sayuran yang bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.

1. Bawang Putih

Kita kerap bertemu dengan bumbu dapur yang satu ini. Bawang putih sering digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang putih dapat membantu menyehatkan ginjal karena sifat diuretik yang luar biasa.

Sifat diuretik itu membantu menghilangkan kelebihan natrium dan air dari tubuh dengan memaksa ginjal untuk mengeluarkan natrium melalui buang air kecil. Bawang putih dipercaya mampu melindungi ginjal dari efek berbahaya logam berat seperti timbal.

Bawang putih dapat mengurangi efek peradangan, melawan infeksi, membersihkan tubuh, menurunkan kolesterol, dan bertindak sebagai antibiotik alami.

2. Paprika Merah

Paprika merah dikenal sebagai sayuran ramah ginjal karena kandungan potasium yang dikandungnya rendah. Kadar potasium yang tinggi dalam darah bisa mempersulit kerja ginjal karena sulit mengeluarkannya, sehingga dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis.

Paprika merah mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C, A, B6, asam folat, dan serat. Kamu bisa mengonsumsi paprika merah sebagai hidangan di salad atau memakannya mentah-mentah.

3. Kubis

Sama seperti paprika merah, kubis juga bebas dari potasium yang ramah bagi hati dan ginjal. Sayuran cruciferous ini kaya akan phytochemical untuk membantu tubuh melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit kronis termasuk kanker.

Kubis juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin B6, K, C, dan asam folat. Ini membuat kubis menjadi makanan yang ramah untuk ginjal.

4. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran cruciferous lain yang bisa jadi alternatif bagus untuk diet ramah ginjal. Sayuran ini menawarkan kandungan asam folat dan serat dalamnya untuk membantu membersihkan ginjal serta memperkuatnya.

Kembang kol adalah salah satu sayuran rendah potasium yang bisa dikonsumsi oleh orang-orang dengan penyakit ginjal kronis.

5. Asparagus

Asparagus mengandung asparagin yang memberi efek pembersihan pada ginjal. Sayuran ini juga dapat mencegah batu ginjal dan memfasilitasi fungsi ginjal. Asparagus kaya serat, vitamin A, C, E dan K yang dapat membantu meningkatkan aksi seluler di ginjal.


  • 1
    Share