Sedot WC: Harga Jasa dan Tips agar Tidak Mampet

Harga jasa sedot WC

Salah satu hal wajib yang perlu dilakukan secara rutin ketika kamu sudah memiliki rumah adalah sedot WC. Aktivitas perawatan ini perlu dilakukan dengan baik agar rumah tetap nyaman dihuni.

Tentu akan sangat tidak nyaman tinggal di rumah apabila WC bermasalah, apalagi karena mampet. Artikel ini akan membahas tips agar WC tidak mampet serta rincian biaya jasa sedot WC.

Langsung saja kita mulai pembahasannya.

Mengapa Perlu Sedot WC?

Hampir semua barang yang kamu miliki perlu perawatan. Tujuannya tentu untuk menjaga performa dan kualitas ketika barang itu digunakan dalam waktu selama mungkin. Tak terkecuali WC yang kamu gunakan hampir setiap hari.

Salah satu perawatan yang bisa kamu lakukan untuk tempat “mendapat pencerahan” itu adalah dengan melalui proses sedot tinja. Lantas, mengapa sedot WC itu perlu untuk dilakukan?

Sedot WC perlu dilakukan karena dalam sebuah tempat pembuangan yang bernama septic tank terdapat beberapa bagian yang berbeda. Bagian yang terberat akan ditempatkan di paling bawah dan kotoran yang ringan di atas.

Jika demikian, tentu akan ada batasan di mana septic tank akan penuh dan perlu dibuang agar tidak mencemari tempat sekitarnya. Tak berhenti di situ saja, septic tank yang penuh juga akan mempersulit proses flushing.

Apabila sudah terjadi seperti itu, kotoran dari WC akan sulit masuk ke septic tank. Sudah pasti, aroma yang timbul bila ini terjadi akan sangat tidak nikmat dan dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.

Tiap rumah tentu memiliki jumlah dan ukuran septic tank yang berbeda-beda sehingga tidak bisa ditetapkan kapan waktu yang tepat untuk menguras tangki pembuangan itu.

Umumnya, sebuah septic tank di rumah akan penuh dalam waktu maksimal 3 tahun sebelum akhirnya dikuras. Apabila jumlah bakteri dalamnya sudah tidak efektif menghancurkan kotoran secara organik, prosesnya mungkin akan melambat sehingga septic tank akan penuh lebih cepat.

Sedot tinja perlu dilakukan secara berkala supaya WC di rumah tidak mampet dan menimbulkan bau yang tidak sedap serta berpotensi menimbulkan penyakit.

Harga Jasa Sedot WC

Selain menghindari mampat, penyedotan WC harus dilakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap besih, nyaman, dan sehat saat ditinggali. Tidak ada beda wc mampet dan penuh, kalau sudah bau tetap tidak nyaman.

Beberapa hal buruk yang dapat terjadi apabila mengabaikan kondisi WC yang mampet adalah air limbah yang meluap dan mencemari lingkungan hingga mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan akan sangat mengganggu.

Jika sudah terjadi hal demkian, tentu akan sangat merepotkan. Mau beraktivitas di rumah akan sangat tidak nyaman, tidur akan tidak nyenyak, dan ujungnya kualitas kesehatan menurun.

Jadi, sebisa mungkin panggil jasa sedot WC sebelum aroma tidak sedap menyeruak keluar dari septic tank. Sekarang sudah banyak jasa sedot tinja panggilan yang siap membantu proses penyedotan septic tank.

Biaya yang ditawarkan masing-masing jasa bervariatif dan setiap truk yang dipakai memiliki kapasitas penyedotan berbeda-beda, mulai dari 2 meter kubik, 4 meter kubik, hingga 6 meter kubik untuk hunian berukuran besar.

Biaya sedot lumpur tinja berkisar pada tarif mulai dari Rp450.000 per 5 meter kubik. Ada juga perusahaan jasa sedot tinja swasta yang mematok tarif Rp300.000 per 5 meter kubik. Ada pula yang memberikan harga sekitar Rp75.000 per meter kubik.

Itu semua tergantung pada wilayah kabupaten atau kota yang kamu tinggali. Biaya jasa di kota besar seperti Semarang, Jakarta, dan Surabaya akan lebih mahal daripada di daerah Sukoharjo, Ambarawa, atau Magelang.

Peralatan Sedot WC

Kedengarannya memang mudah namun menyedot WC tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena efeknya dapat berpengaruh pada lingkungan. Jasa penyedot tinja yang baik akan selalu memastikan penggunaan alat terbaik untuk sedot WC.

Berikut adalah beberapa alat sedot WC yang umum digunakan.

  • Setiap jasa penyedot WC setidaknya memiliki sebuah truk tangki yang dilengkapi pompa bertekanan tinggi untuk menyedot kotoran dalam septic tank. Masing-masing truk tangki memiliki ukuran yang beraneka ragam, umumnya berukuran 2 meter kubik yang cocok untuk rumah berukuran kecil.
  • Alat semprot air bertekanan tinggi agar tangki septic bersih total.
  • Sarung tangan dan sepatu bot karet yang digunakan untuk menghindari kontak dengan kotoran yang selain bau juga berbahaya bagi kulit.
  • Tongkat panjang minimal 1 meter untuk mengecek kondisi septic tank sudah penuh atau belum.

Tips Agar WC Tidak Mampet

Banyak orang menyepelekan kondisi toilet dalam rumahnya padahal tempat itu juga mempengaruhi kesehatan penghuni rumah. Toilet yang tidak terawat dan kotor adalah satu penyebab WC mampet.

Supaya WC kamu tidak mampet, ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Jangan sembarangan membuang barang ke dalam WC. Biasanya orang membuang tisu ke dalam toilet alih-alih ke tempat sampah. Itu merupakan kebiasaan buruk yang membuat WC mampet.
  • Pastikan kotoran masuk sepenuhnya dengan menyiram debit air yang sesuai. Jika ada tombol flush, pencet dengan penuh agar air keluar secara sempurna.
  • Bersihkan WC secara teratur untuk mempermudah proses flushing.
  • Coba gunakan cairan pembersih kimia ketika kemampuannya membuang kotoran berkurang untuk mengurangi terjadinya pemampatan.
  • Segera hubungi penyedot WC jika kamu sudah yakin bahwa ini adalah waktunya panggil jasa sedot WC karena septic tank telah penuh.

Begitulah beberapa tips yang bisa disampaikan agar kondisi WC tetap optimal. Buka artikel berikut jika kamu tertarik untuk renovasi rumah.