Sosok Dibalik Dewa Kipas yang Kalahkan GothamChess

  • 1
    Share

Dewa kipas vs GothamChess

Dewa kipas trending di Twitter siang ini. Tak disangka ternyata yang dimaksud dewa kipas adalah nickname seorang pecatur Indonesia yang dapat mengalahkan Levy Rozman alias GothamChess yang merupakan master catur internasional dalam laga online.

Sosok dibalik nickname Dewa Kipas tersebut adalah Dadang Subur, bapak-bapak pecatur Indonesia yang kini berusia 60 tahun.

Pertandingan catur tersebut berlangsung di situs catur online, chess.com pada 2 Maret 2021. Kemenangan Dewa_Kipas disangsikan oleh pengikut GothamChess.

Perlu diketahui, GothamChess adalah sosok master catur internasional sekaligus Youtuber dengan 700 ribu subscribers. Dirinya kerap berbagi tips bermain catur pada para penggemar melalui Youtube maupun siaran langsung di Twitch.

Diduga, para pengikut GothamChess melaporkan Dadang Subur sebab dicurigai melakukan kecurangan. Tentu, akun Dewa_Kipas milik Dadang Subur diblokir dari chess.com akibat laporan tersebut.

Peringatan banned chess.com - Sosok dibalik dewa kipas

Sosok Dibalik Dewa Kipas

Menurut keterangan anaknya, Ali Akbar, ayahnya tidak melakukan kecurangan dan bermain jujur. Klarifikasi juga dilakukan Ali Akbar melalui laman Facebook miliknya.

Postingan klarifikasi
Klarifikasi di Facebook

“Bapak saya itu pemain yang dulunya sering ikut turnamen. Beliau juga sempat menjadi salah satu anggota Percasi dan menjuarai banyak turnamen. Salah satunya mendapat peringkat satu di kejuaraan catur ke-37 Kota Singkawang pada 2005,” ujar Ali seperti dilansir dari detik.

Dadang Subur mulai fokus pada debut caturnya semasa kuliah dan ikut banyak klub catur ketika itu. Kemudian dirinya memutuskan pensiun setelah pindah ke Jakarta sepuluh tahun silam.

“Tapi itu sudah lama, karena bapak saya sudah pensiun dah lama tidak main catur. Jadi hanya main lewat aplikasi smartphone,” imbuhnya.

ELO rating 2.300 yang diperoleh ayahnya, menurut Ali memang murni dari hasil kerja cerdas dirinya bermain catur di chess.com. Sebanyak 332 pertandingan sudah ayahnya jalani. Ali Akbar mengonfrmasi bahwa ayahnya baru bergabung main catur online pada 12 Februari lalu.

“Sebagaimana halnya video game yang semuanya harus dimulai dari level 1, bapak saya pun harus mulai dari ELO 800 (peringkat terendah dalam chess.com). Namun, ELO bapak saya saat turnamen offline dulu tentu saja jauh melebihi itu (sekitar 2.500),” ujar Ali.

Selama tiga minggu Dadang Subur telah memenangkan 232 pertandingan, 90 kali kalah, dan 10 kali remis. Hingga akhirnya, Dadang Subur berhasil mencapai ELO 2.300 dari ELO awal yang diberikan yakni 800 saja.

Pada akhirnya, Dewa Kipas dan GothamChess sepakat berdamai. Ali Akbar, putra Dadang Subur, menyatakan bahwa pihaknya sudah berdamai dengan GothamChess. Mereka tidak ada rencana untuk melakukan tanding ulang.

“Untuk para warganet Indonesia, tolong berhenti menyerang dan mem-bully Levy (pemilik akun GothamChess). Masalah kami sudah selesai dengan damai. Tidak ada dendam apapun,” pungkas Ali.


  • 1
    Share
Subscribe
Notify of
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar