Source Code Windows XP Bocor di Internet


Source code Windows XP bocor

Source code dua sistem operasi Microsoft, yaitu Windows XP dan Windows Server 2003, telah bocor di internet.

Keduanya bocor lewat jaringan torrent, termasuk banyak situs file sharing. Ini adalah kali pertama source code Windows XP bocor ke publik, meski kabarnya source tersebut sudah menyebar secara dari tangan ke tangan selama bertahun-tahun.

Microsoft mengaku masih menyelidiki masalah ini. Tak diketahui seberapa besar dampak bocornya source code ini pada keamanan pengguna, baik personal maupun perusahaan yang masih menggunakan Windows XP.

Seperti diketahui, Microsoft telah menghentikan dukungan terhadap Windows XP sejak 2014. Meski pada tahun 2017 kembali memberikan pembaruan untuk menambal celah keamanan yang dieksploitasi oleh ransomware WannaCry.

Di sisi lain, Microsoft memiliki program khusus, Goverment Security Program (GSP), yang membuat pemerintah dan organisasi memiliki akses ke source code tersebut. Itu artinya, source code tersebut memang sudah terbuka ke pihak luar sebelumnya.

Sebelum source code Windows XP ini bocor, Microsoft juga sudah pernah mengalami masalah serupa. Misalnya source code terkait Windows 10 yang setidaknya berukuran 1GB bocor di internet beberapa tahun lalu.

Selain itu source code terkait Xbox pun sudah berulang kali bocor di internet, termasuk Xbox Series X yang merupakan konsol terbaru besutan Microsoft.