2 Teknik Scalping Gold berdasarkan Jangkanya

Teknik scalping gold

Belakangan ini trading semakin populer, termasuk juga trading gold atau trading emas online. Bahkan investasi emas secara online terbilang lebih menguntungkan dibanding menginvestasikannya secara fisik.

Namun tentunya kamu harus memantau pergerakan harga dengan cermat untuk bekerja dengan baik dan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Karenanya, kamu harus memahami teknik scalping gold karena naik turunnya harga terjadi sangat cepat.

Teknik Scalping Gold berdasarkan Jangkanya

Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, teknik scalping gold harus kamu terapkan dengan cermat. Pemantauan grafik menjadi poin penting yang tidak boleh diabaikan dalam sistem trading.

Secara garis besar ada dua cara yang mudah untuk kamu aplikasikan, utamanya sangat bermanfaat untuk pemula. Langsung saja, berikut dua teknik yang bisa kamu gunakan:

Jangka Pendek

Teknik pertama yang bisa kamu aplikasikan adalah scalping gold jangka pendek. Teknik ini berfokus untuk memperoleh keuntungan dalam jangka waktu pendek. Artinya, kamu akan mendapatkan keuntungan dalam jumlah sedikit namun frekuensinya sering.

Untuk memaksimalkan teknik ini, yang harus kamu manfaatkan adalah timeframe kecil yaitu jangka waktu antara 1 hingga 15 menit. Untuk target keuntungannya adalah sebesar 5 sampai 10 pips dalam satu kali close.

Scalping gold untuk trading jangka pendek bisa memberimu keuntungan guna menyiapkan modal yang besar. Jika kamu memulai dengan modal kecil, tentunya membutuhkan proses untuk mencapai keuntugan besar.

Namun bukan berarti tidak mungkin, karena kamu bisa mengumpulkan kalkulasi keuntungan kecil yang sering. Untuk memberikan keuntungan yang seimbang, teknik ini merekomendasikan untuk membuka posisi satu lot.

Sementara untuk leverage yang direkomendasikan adalah 1 : 1000. Untuk meminimalisir kerugian, kamu bisa berlatih pada mode akun demo terlebih dahulu. Selanjutnya jika sudah yakin, kamu bisa langsung mempraktikkan teknik scalping gold pada real account.

Jangka Menengah

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba teknik scalping gold jangka menengah. Cara ini bisa kamu gunakan jika tidak ingin melakukan pemantauan setiap hari. Kamu hanya perlu untuk melakukan satu kali open dan close dalam setiap bulannya. Patokannya adalah dengan memperhatikan siklus musiman.

Dalam siklus musiman, harga gold cenderung naik pada bulan Januari, Agustus, September, November, dan Desember. Dari siklus ini, kamu hanya perlu fokus pada titik entry yang pas. Sehingga pembelian paling optimal bisa kamu lakukan pada bulan-bulan ini.

Dalam teknik scalping gold ini, skenario sell sebaiknya hanya kamu lakukan pada bulan-bulan yang memiliki kecenderungan penurunan harga. Kurun waktunya biasa terjadi pada bulan Maret dan Oktober. Kamu harus tetap menggambar fibonacci retracement dari bulan-bulan sebelumnya.

Fibonacci retracement sendiri merupakan suatu bentuk analisis teknikal yang biasa dipakai untuk memetakan analisis harga. Alat analisis ini biasanya tersedia secara otomatis pada setiap platform trading. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat hasil pemantauan yang lebih akurat.

Saat open posisi buy, kamu sebaiknya melakukannya dengan stop loss (SL) system. Posisinya adalah tepat pada level terendah dalam urutan sebelumnya. Target take profit (TP) bisa dibiarkan dalam posisi ‘floating’ hingga akhir bulan. TP ini juga telah disertai dengan trailing stop dalam sistemnya.

Demikian dua teknik scalping gold berdasarkan jangka waktunya yang bisa kamu terapkan. Masing-masing teknik memiliki keuntungan masing-masing dan risikonya juga berbeda.

Kamu bisa memilihnya berdasarkan modal dan juga efisiensi pemantauan grafik. Karena dalam trading, pemantauan dalam kerangka waktu tertentu menjadi poin penting yang berpengaruh pada keuntungan.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup