Tempat Instagramable di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Libur panjang menjadi salah satu momen yang paling dinantikan agar bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih. Tempat instagramable di Semarang bisa menjadi destinasi yang patut kamu kunjungi lalu mengabadikan momen itu.

Di Semarang, kamu bisa menjumpai berbagai tempat wisata, mulai dari wisata alam, museum, dan taman bermain. Jangan lupa untuk membawa kamera atau ponsel untuk memotret beberapa rekomendasi tempat instagramable berikut.

Tempat Instagramable di Semarang

Berikut adalah daftar tempat wisata di Semarang yang tidak boleh kamu lewatkan untuk berburu foto:

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu - tempat instagramable di Semarang
Lawang Sewu

Bangunan yang berdiri tahun 1904 ini merupakan kantor kereta api Belanda yang memiliki 928 pintu. Banyak nuansa dan cerita mistis yang beredar tentang bangunan ini tapi tidak menyurutkan semangat para wisatawan untuk datang berkunjung.

Tempat wisata Semarang hits yang kental akan nilai sejarah ini memiliki lorong-lorong teras dengan latar geometris sehingga menjadi spot cantik untuk berfoto. Perspektif artistik juga diperlihatkan dengan deretan pintu besar dan pilar dari bangunan di Sekayu ini.

2. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang

Kawasan yang berlokasi di Jalan Letjen Supraptop Tanjung Mas, Semarang ini menyuguhkan pemandangan cantik dari gedung-gedung klasik peninggalan Belanda. Beberapa bangunan masih berfungsi sampai sekarang, seperti Gereja Blenduk.

Wisata Traveloka

Nuansa negara Belanda ini membuat banyak wisatawan mengambil potret, khususnya di depan gedung Spiegel Bar & Bistro. Bangunan yang dulunya digunakan sebagai toko pengusaha Austria-Hungaria hingga dekorasi rumah ini menjadi spot foto cantik.

3. Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park
Dusun Semilir Eco Park

Kamu pasti sudah tidak asing dengan wisata Semarang terbaru di Jalan Seokarno-Hatta Nomor 49 Ngemple, Bawen, Semarang ini. Dusun Semilir Eco Park terkenal dengan perosotan warna-warninya yang sering muncul di media sosial.

Kamu cukup membayar Rp 5.000 untuk mengakses 3 lokasi foto yang menarik di kawasan ini, yaitu Jembatan Senggol, Tempat Makan Sepoi-sepoi, dan bangunan berbentuk stupa. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

4. Brown Canyon

Brown Canyon
Brown Canyon

Tempat wisata yang berada di Rowosari, Tembalang, Semarang ini memiliki panorama yang mirip dengan Grand Canyon seperti di Amerika Serikat, Phi Phi Island. Hasil galian yang masih aktif ini membentuk tebing kecoklatan yang cantik.

Pemandangan ini menghasilkan potret yang instagramable, apalagi dengan cuaca yang cerah sehingga terlihat jelas keindahan tempat wisata gratis ini. Jangan lupa pakai kacamata dan masker untuk melindungi wajah dari debu.

5. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong

Tempat instagramble di Semarang Laksamana Cheng Ho ini beralamatkan di Jalan Simongan Nomor 129 Bongsari, Semarang. Klenteng ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, tapi juga tempat wisata dengan arsitektur yang mempesona.

Hampir di setiap sudut klenteng menjadi spot foto yang menarik, apalagi di area yang ada patung-patung dan taman yang tidak kalah indahnya. Dengan sudut pengambilan foto yang tepat, kamu akan terlihat seperti berada di Kuil Fushima Inari di Jepang.

6. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat wisata edukasi ini berada di Jalan Panjang Kidul Nomor 1, Panjang Kidul, Ambarawa, Semarang. Stasiun kereta api yang masih aktif ini memiliki banyak jalur yang rusak dan kemudian dialihfungsikan sebagai bagian dari museum.

Kamu bisa menemukan spot foto paling menarik di aula utama stasiun yang serupa dengan Peron 9 3/4 Harry Potter. Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

7. Benteng Pandem, Ambarawa

Tempat wisata instagramable di Semarang, Benteng Pendem
Wisata Benteng Pendem

Benteng Pendem terletak di Bugisari, Lodoyong, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Sesungguhnya, benteng dengan gaya arsitektur Belanda ini bernama Benteng Fort Willem I.

Bangunan tua peninggalan Belanda ini bisa kamu jadikan latar belakang foto instagramable. Pengunjung tidak dikenai tiket masuk untuk menikmati nuansa benteng bersejarah ini. Benteng ini dapat kamu kunjungi antara pukul 08.00 – 18.00 WIB.

8. Gardu Pandang Lereng Kelir

Gardu Pandang Lereng Kelir, tempat wisata instagramable di Semarang
Gardu Pandang Lereng Kelir

Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir yang terletak di Dusun Gertas, Gertas, Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang menawarkan pemandangan menawan. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 1384 mdpl.

Kamu bisa melihat pemandangan Ambarawa dan pegunungan indah dari tempat instagramable di Semarang ini. Tak jauh dari situ, hutan pinus yang nyaman untuk bersantai juga bisa kamu jadikan latar belakang foto instagramable. Tentu, kamu bisa berkemah di tempat ini.

9. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur, tempat wisata instagramable di Semarang
Wisata Air Terjun Kali Pancur

Ini merupakan air terjun tertinggi di Semarang. Dengan ketinggian mencapai 100 meter, air terjun ini terletak di lereng Gunung Telomoyo, tepatnya Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang sehingga kamu bisa menikmati suasana asri dan menyejukkan. Tenang saja, fasilitas seperti toilet dan warung makan sudah tersedia di sini. Dengan begitu, kamu bisa dengan tenang mengambil foto instagramable untuk diunggah di media sosialmu.

10. Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo, tempat wisata instagramable di Semarang
Ayana Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo menawarkan spot-spot foto keren yang instagramable untuk diunggah ke media sosial. Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Beragam spot foto yang bisa digunakan, antara lain bubble tent, balon udara, hammock, dan kursi ayunan.

11. Taman Bunga Celosia, Bandungan

Taman Bunga Celosia Bandungan, tempat wisata instagramable di Semarang
Wisata Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia mempunyai 3 area yang berada di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Jalan Candi Gedong Songo, Beroken, Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Meski disebut Taman Bunga Celosia, taman ini memiliki koleksi bunga lain, misalnya hebras, lavender, dan krisan.

Selain itu, kamu tidak hanya memiliki kebun bunga sebagai spot foto instagramable. Destinasi ini juga menyediakan rumah hobbit, balon udara, Rural Japanese, White Marine Park, New Little Korea, Little Amsterdam, dan Taman Lampion.

12. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti Semarang
Wisata Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti adalah wisata alam berupa resort di area pegunungan Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Destinasi wisata Semarang ini menawarkan panorama indah Rawa Pening.

Suasananya yang sejuk sangat cocok dikunjungi bersama orang terdekat. Berbagai wahana permainan sudah tersedia, termasuk flying fox, ATV, panahan, dan berkuda. Fasilitas seperti kedai kopi, kolam renang, dan villa juga tersedia.

13. Cimory on the Valley

Cimory on the Valley
Cimory on the Valley

Semarang mempunyai Cimory on the Valley yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Wisata ini menawarkan berbagai wahana bermain anak yang mengasyikkan.

Wahana anak tersebut meliputi Cimory Dairyland berupa mini zoo lengkap dengan berbagai hewan ternak dan Mini Mania yang berisi banyak landmark dunia.

14. Eling Bening

Eling Bening Ambarawa
Eling Bening

Tempat rekreasi Eling Bening menawarkan panorama indah Gunung Andong, Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Rawa Pening secara menawan. Eling Bening terletak di kawasan perbukitan Ngrawan tepatnya di Jalan Sarjono, Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di destinasi wisata Semarang ini, misalnya berenang, outbound, flying fox, berkuda, hingga berkemah. Berbagai spot foto instagramable bisa kamu gunakan sebagai latar belakang postingan media sosialmu.

Tempat wisata ini cocok kamu kunjungi bersama keluarga karena buka setiap hari pada pukul 08.00 – 18.00 WIB.

15. Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Ambarawa
Bukit Cinta Rawa Pening

Kamu bisa berkunjung ke Bukit Cinta Rawa Pening untuk mendapatkan tempat foto menarik dan instagramable. Destinasi wisata ini bisa kamu kunjungi bersama keluarga untuk sekedar bersantai menikmati suasana.

Di tempat ini, kamu bisa menemukan jembatan panjang yang membentang di atas rawa dan patung naga berukuran kolosal yang kerap dijadikan tempat mengambil foto.

16. Wisata Alam Perantunan

Wisata Alam Perantunan
Perantunan

Wisata Perantunan terletak di Desa Gintungan, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan indah Rawa Pening.

Tempat ini merupakan salah satu pos pendakian Gunung Ungaran yang berada di ketinggian 2050 mdpl. Jika mau, kamu bisa berkemah di kawasan wisata dan menikmati sejuknya suasana pegunungan.

17. Merbabu View & Cafe

Merbabu View & Cafe
Spot foto di Merbabu View & Cafe

Merbabu View & Café menawarkan sajian sedap yang bisa kamu nikmati bersama keluarga. Dari tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Merbabu. Arsitektur kafe kekinian ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengabadikan kenangan.

Masih banyak tempat instagramable di Semarang yang tidak kalah menarik dari beberapa rekomendasi di atas. Jangan lupa untuk selalu berpose di setiap sudut destinasi wisata yang instagramable agar hasil foto memuaskan.

Bagikan ke media sosial:

Tutup