Benarkah Uang dapat Membuat Kita Bahagia?

  • 1
    Share

Bahagia adalah soal keputusan yang tidak sama antara satu orang dengan yang lain. Jadi, hal yang wajar kalau definisi bahagia berbeda menurut masing-masing individu.

Uang memang bukan faktor utama kebahagiaan, namun uang dapat memberi kemampuan untuk bahagia bagi mereka yang mampu memanfaatkannya dengan baik.

Mengapa bisa terjadi? Mari kita bayangkan bahwa kita memiliki banyak uang. Berikut beberapa alasan kenapa uang dapat menciptakan suatu kebahagiaan.

Uang membuat bahagia

1. Kebutuhan Terpenuhi

Hal yang pertama jelas, uang membantu kita memenuhi kebutuhan hidup. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier. Sehingga dengan memiliki uang, kita dapat merasa bahagia dan aman.

Kita dapat merasakan indahnya kehidupan karena uang. Tanpa uang, semua impian hampir tidak mungkin tercapai. Jika dulu ada keinginan yang belum terpenuhi, dengan memiliki uang kita bisa memenuhinya.

2. Belanja yang Diinginkan

Keinginan untuk berbelanja kerap tertunda karena alokasi dananya tidak cukup. Ketika sudah memiliki uang selepas menabung beberapa lama, kita dapat membeli barang-barang yang kita inginkan.

Mau beli yang ini atau yang itu, tidak perlu pikir panjang lagi. Harga barang bukan lagi sesuatu yang perlu dipermasalahkan, karena sudah punya budget untuk membeli apapun yang diinginkan.

Bukan hanya untuk diri sendiri, barang-barang itu juga bisa diberikan kepada keluarga tercinta. Sehingga mereka akan ikut bahagia, sama seperti yang kamu rasakan.

3. Menambah Pengetahuan dan Pengalaman

Uang juga bisa digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Alhasil, pengetahuan semakin bertambah dan jenjang karir di perusahaan menanjak. Sangat menarik, bukan?

Selain itu, uang adalah modal yang bisa membuatmu menjelajahi dunia. Kamu bisa bebas traveling di dalam atau luar negeri. Selain menghilangkan stres, pengalaman hidup jelas semakin bertambah.

Demi mewujudkan mimpi itu, luangkan waktu untuk merencanakan perjalanan itu dengan baik. Dengan perencanaan yang baik, maka perjalanan relatif berjalan dengan lancar.

4. Dapat Memberi

Memberikan sedikit dari milikmu kepada orang lain adalah hal mulia. Di samping bersedekah kepada fakir miskin, kamu juga bisa menjadi donatur pembangunan rumah ibadah, rumah sakit, atau tempat tinggal bagi mereka yang membutuhkan.

Ikut berpartisipasi membantu sesama bisa jadi adalah hal yang paling membahagiakan dalam hidup. Berikan sesuai dengan kemampuan dan keikhlasan, sehingga tidak menjadi beban bagi diri sendiri.

5. Bebas Utang

Kemerosotan finansial bukan hanya karena gaji tipis, tapi juga karena utang. Semua utang harus dibayar sebelum tenggat waktu agar tidak menimbulkan denda yang malah memperparah kondisi finansial.

Berhubung sekarang sudah punya uang, maka utang tersebut bisa dibayar lunas. Mau utang yang nominalnya kecil atau besar, semuanya bisa lunas sehingga finansial sehat terwujud.

Kelola uang dengan baik agar tidak menimbulkan potensi terjadinya utang di masa mendatang. Karena hidup akan sangat repot bila harus berutang.

6. Membangun Bisnis

Keinginan membangun suatu bisnis terpaksa harus terkubur karena tidak memiliki dana. Tidak peduli punya skill yang mumpuni, jika tidak punya modal, bisnis tersebut tidak akan berkembang.

Namun, masalah itu nampaknya tidak akan terjadi kalau kamu mempunyai banyak uang. Apapun yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis dapat terpenuhi, sehingga tujuan bisnis dapat tercapai.


  • 1
    Share