Ucapan Pernikahan yang Penuh Makna

  1. Home
  2. /
  3. Blog
  4. /
  5. Gaya Hidup
  6. /
  7. Ucapan Pernikahan yang Penuh...

Bagikan ke media sosial:

Ucapan pernikahan
Ucapan pernikahan

Setiap orang yang ada di dunia ini pasti berharap akan dipertemukan dengan pasangannya. Ya, seperti yang diketahui Tuhan telah menciptakan manusia di dunia ini secara berpasang-pasangan jadi tidak heran jika setiap pasangan di dunia ini berharap untuk bisa serius lanjut ke tahap pernikahan.

Ucapan pernikahan merupakan sebuah ungkapan selamat sekaligus doa yang diberikan untuk para mempelai. Lalu apakah kamu tahu apa saja ucapan yang bisa diberikan pada hari bahagia tersebut?

Jika sebentar lagi saudara atau kerabat dekatmu ada yang akan menikah namun kamu masih bingung akan memberikan ucapan apa, simak ungkapan-ungkapan yang pas untuk diberikan di hari bahagia tersebut.

Kata-Kata Selamat Menikah

Ucapan Pernikahan 1

“Selamat menempuh hidup baru! Semoga dilancarkan dan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah.”

Kata-kata pertama yang biasa diucapkan seseorang pada orang yang menikah adalah ucapan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah.

Bagi seorang muslim, ternyata kata-kata ini bukan sekedar ucapan selamat saja loh namun pada ucapan tersebut terselip sebuah doa sebagaimana tertulis pada Q.S. Ar Rum ayat 21, sakinah artinya adalah tenang atau tenteram lalu mawaddah artinya cinta kasih dan yang terakhir wa rohmah artinya rahmat.

Jadi kalimat tersebut memiliki arti semoga kamu bersama dengan pasanganmu bisa membangun keluarga yang harmonis dihujani ketenangan dan ketenteraman, cinta kasih serta rahmat dari Allah SWT. Sederhana namun ketika diartikan ternyata memiliki makna tersirat yang sangat mendalam.

Ucapan Pernikahan 2

“Selamat menjalani sunah Rasul! Semoga menjadi ibadah yang penuh rahmat, berkah dan kebahagiaan.”

Kata selamat selanjutnya yang bisa kamu ucapkan juga adalah kalimat yang dituliskan di atas. Hampir sama dengan kata selamat yang pertama hanya saja kalimat yang kedua ini langsung disampaikan dalam bahasa Indonesia.

Seperti yang diketahui pernikahan termasuk dalam sunnah Rasul. Bagi seorang muslim sangat disarankan untuk melakukan sunnah Rasul yaitu hal-hal yang telah dilakukan oleh Rasulullah sebagai bentuk untuk mendapat rahmat dari Allah SWT.

Pernikahan adalah salah satu sunnah Rasul yang dikatakan sebagai bentuk ibadah juga untuk mendapat berkat, rahmat dan ridho dari Allah Ta’ala.

Ucapan Pernikahan 3

“Barakallahu laka, selamat sudah menyempurnakan ibadahmu! Semoga Allah SWT menjaga pernikahanmu.”

Kata selamat selanjutnya masih berlaku untuk para muslim, biasanya ada juga yang mengucapkan langsung dengan kata-kata dalam bahasa Arab. Barakallahu laka artinya semoga Allah memberkahimu, kata ini ternyata memang biasa diucapkan untuk ucapan pernikahan.

Jika sebelumnya kamu pernah mendengar kata barakallahu fi umrik yang digunakan untuk selamat ulang tahun, barakallahu laka bisa kamu gunakan untuk kata selamat pernikahan.

Kamu sudah mengetahui bahwa pernikahan adalah sunnah Rasul, pernikahan juga bentuk penyempurna ibadah bagi seorang muslim. Jadi untuk bisa menyempurnakan ibadahnya di dunia, seorang muslim melakukan pernikahan sesuai takdir Allah sebagaimana yang sudah dituliskan dalam Al-Qur’an.

Ucapan Pernikahan 4

“Semoga pernikahanmu langgeng sampai maut yang memisahkan!”

Kata-kata selanjutnya merupakan doa yang bisa disampaikan kepada pengantin agar pernikahannya bisa langgeng sampai akhir hayat. Semoga kamu dan pasanganmu merupakan pasangan yang ditakdirkan oleh Allah SWT untuk dipertemukan di dunia ini.

Itulah beberapa ucapan pernikahan yang biasa diucapkan beberapa orang dan termasuk kata-kata yang bersifat religius. Kamu tentu bisa mengucapkan selamat pernikahan dengan kata-kata yang lain namun ada baiknya bahwa kata-kata tersebut adalah kata-kata yang memiliki doa.


Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial: