Usaha Online Tanpa Modal yang Menjanjikan Tahun 2022

Peluang usaha online
Usaha online tanpa modal yang menjanjikan

Hari ini saya mau sedikit bercerita tentang bagaimana caranya seseorang mendapatkan uang dari rumah. Artikel ini saya khususkan untuk kamu yang mau mencari uang tambahan lewat usaha online.

Jelas, artikel ini akan sedikit panjang karena saya berusaha merangkum cerita banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilan lewat usaha online. Jadi, langsung saja kita mulai pembahasannya.

1. Bisnis Afiliasi

Afiliasi adalah peluang bisnis online pertama yang harus kamu coba lakukan. Kegiatan bisnis utamanya adalah menawarkan produk di internet maupun secara offline.

Pendapatanmu dihitung dengan sistem komisi. Masing-masing perusahaan tentu menetapkan sistem komisi yang berbeda-beda. Satu hal yang pasti, komisi dihitung berdasarkan konversi. Konversi tersebut dapat berupa penjualan produk, install aplikasi, dan pendaftaran.

Berikut adalah salah satu hasil menjalankan bisnis afiliasi di salah satu e-commerce Indonesia.

Pendapatan afiliasi Shopee ID
Pendapatan afiliasi Shopee sumber Quora

Kamu bisa lihat sendiri bahwa tingkat konversinya 7%. Itu angka yang lumayan tinggi dalam aktivitas promosi. Saya rasa, jenis bisnis ini bisa untuk kamu seriusi dalam waktu lama.

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup, kamu juga bisa coba program afiliasi menyasar pengguna berbahasa Inggris. Soal pendapatan jelas jauh lebih besar. Kamu bisa melihat pendapatan dalam setahun seorang affiliate marketer berikut ini.

Pendapatan bulanan affiliate marketer
Pendapatan bulanan affiliate marketer

Memang itu adalah pendapatan pada tahun 2017. Namun saya rasa, pendapatannya telah jauh meningkat sebab banyak orang telah beralih dari pasar offline ke pasar online.

Sekarang, sudah dapat gambaran besarnya?

Salah satu kesulitan bisnis ini adalah tidak tau bagaimana cara memulainya, bagaimana caranya saya akan dibayar ketika berhasil menawarkan suatu barang.

Untuk melakukan bisnis afiliasi, kamu perlu mendaftar sebagai afiliasi ke perusahaan yang dimaksud. Jika masih belum tau barang apa yang ingin kamu jual, kamu bisa daftar ke affiliate network.

Affiliate network menyediakan banyak perusahaan yang sedang menjalankan kampanye afiliasi. Kamu bisa mengurus akun afiliasimu di satu tempat yang sama tanpa perlu repot membuat akun di masing-masing website perusahaan.

2. Jasa Desain Grafis

Sebagian besar pemilik usaha kini telah menyadari batapa pentingnya sebuah desain pada perusahaannya. Desain tersebut tak lagi hanya soal desain kemasan, namun sudah merambah ke desain logo, desain website, desain postingan, hingga desain presentasi.

Semua desain tersebut tentu tak lepas dari tangan dingin seorang graphic designer profesional. Salah satu masalah yang dialami oleh orang yang baru terjun ke bisnis ini adalah tidak tahu tempat untuk menawarkan jasa desain tersebut seperti berikut ini.

Kontes desain
Tempat kontes desain grafis

Kamu bisa mendaftar ke tempat jual desain yang mempertemukan desainer dan perusahaan secara profesional untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Admin Sosial Media

Peluang berikutnya adalah admin media sosial, sebuah profesi yang muncul semenjak pemilik usaha tau betapa berpengaruhnya akun media sosial bagi pendapatan perusahaan.

Untuk melakukan bisnis ini tentu membutuhkan kreatifitas dalam meracik konten agar mendapat keterlibatan yang baik. Tak berhenti di situ, kamu perlu mengerti sedikit ilmu desain agar kamu bisa membuat postingan sendiri.

Tentu agak berat jika di awal kamu harus merekrut seorang desainer. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa gunakan alat desain grafis online yang bisa membuatkanmu desain profesional berkelas.

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa langsung membangun portfolio media sosial yang bisa ditunjukkan pada calon klien. Ketika kredibilitas akunmu sudah terbangun, kamu bisa mendapat uang dengan banyak cara, termasuk:

  • Afiliasi
  • Jualan produk
  • Iklan
  • Jasa manajemen sosial media

4. YouTube

Saya rasa poin ini adalah yang paling membosankan sebab semua orang sudah tau betapa besarnya platform yang satu ini. Kamu yang ingin mendapatkan penghasilan dari YouTube harus mengunggah video agar dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Membangun audience
  • Meningkatkan view
  • Menjaga engagement
  • Menghasilkan uang
Pendapatan YouTuber
Pendapatan YouTuber

Nah, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mendapatkan penghasilan:

  • Afiliasi
  • Jualan produk
  • Membership
  • Iklan

5. Menjual Foto

Foto adalah sesuatu yang semakin tidak bisa dilepaskan di masa sekarang ini. Hal tersebut menyebabkan kebutuhan terhadap foto akan terus ada.

Pendapatan jualan foto
Pendapatan jualan foto

Di atas adalah screenshot pendapatan seseorang yang berhasil menjual foto secara online. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama dengan bergabung di tempat jual foto.

6. Pembuatan Website

Website adalah salah satu aset yang seharusnya dimiliki oleh sebuah perusahaan. Kamu yang memiliki kemampuan lebih di bidang pemrograman website tentu sangat cocok menjalankan bisnis ini. Bidang bisnis yang bisa kamu ambil antara lain:

  • Pembuatan website yang lengkap
  • Pembuatan plugin WordPress
  • Desain template
  • Desain theme

7. Pengembang Software

Hampir semua orang kini merasakan bagaimana dimudahkannya hidup dengan teknologi. Tak sedikit dari mereka yang ingin memiliki software untuk mempermudah usaha mereka.

Tentu kamu juga bisa masuk ke bisnis software saat ini. Bangun portfoliomu secara tekun agar kemampuan dan pendapatanmu makin bertambah seiring waktu.

Kamu bisa mencari pekerjaan pertamamu di tempat cari proyek online. Selain proyek software, kamu juga bisa mencari proyek lain misalnya jasa edit foto. Hasil yang didapatkan dari tempat tersebut cukup bisa diandalkan jika diseriusi.

Pendapatan online
Hasil usaha pengembangan software

8. Blogger

Kamu yang tidak terlalu suka tampil di depan kamera bisa coba menjadi blogger. Pekerjaan utama blogger adalah membuat artikel yang ditayangkan di website.

Kamu bisa mengangkat topik apapun untuk mengisi blog pribadimu itu, mulai dari keuangan, wisata, hingga properti. Blogger bisa mendapatkan penghasilan dengan cara iklan dan afiliasi.

Salah satu hal yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis ini secara profesional adalah nama domain dan hosting yang andal. Kamu bisa menggunakan Niagahoster dan gunakan kupon: semutaspal untuk mendapatkan bonus khusus.

Selama bertahun-tahun menggunakan Niagahoster, saya belum pernah menghadapi kendala berarti. Jika kesusahan, customer service selalu siap sedia membantu 24 jam.

9. Menjual E-Book

E-book adalah salah satu produk digital yang bisa kamu jual ketika memiliki suatu hal premium untuk dibagi. Dalam e-book tersebut kamu bisa menuliskan relatif lebih banyak hal dibandingkan artikel.

Langkah pertama memulai bisnis ini adalah membuat ebook tersebut sebaik mungkin. Setelah jadi, kamu bisa memasarkannya lewat website dan media sosial secara organik maupun berbayar melalui iklan.

10. Penerjemah

Profesi penerjemah juga bisa kamu jadikan opsi sebab banyak orang membutuhkan penerjemah untuk urusan bisnis. Dokumen bisnis yang penting tentu harus diterjemahkan secara profesional. Kamu bisa memulai karir profesional sebagai penerjemah melalui platform freelance seperti Projects.

11. Kursus Online

Belajar adalah salah satu kegiatan yang akan dilakukan manusia hingga akhir hidupnya. Dengan internet, masyarakat tentu diberikan opsi untuk melakukan kursus secara online. Mereka bisa belajar banyak hal baru dan menarik, mulai dari bermain piano hingga mengedit video.

Tentu ini adalah usaha online yang cocok dilakukan oleh kamu yang telah memiliki pengalaman lebih dalam suatu hal. Kamu hanya perlu merekam video lalu disusun menjadi materi kursus online yang diunggah di website kursus online.

12. Reseller

Reselling adalah model bisnis yang banyak dipilih karena dapat membeli dan menjual barang yang telah dikontrol dari supplier ke pembeli. Kamu seakan-akan memiliki toko sendiri.

Jika menjadi reseller, kamu dapat mengontrol kualitas setiap barang yang dijual sehingga dapat terus menjaga kepercayaan pembeli. Supplier tidak memiliki akses ke pembeli, begitupun sebaliknya. Kamu bisa menjual beragam hal di tokomu itu, misalnya kosmetik, pakaian, perabotan, bahkan sembako.

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Tentukan produk yang ingin ditawarkan
  2. Pilih supplier tangan pertama agar dapat harga lebih murah
  3. Beli produk yang ingin dijual lagi
  4. Tentukan harga jual yang tepat
  5. Bangun kepercayaan melalui media sosial
  6. Layani pembeli dengan baik

13. Dropshipper

Hampir sama dengan reselling, dropshipping merupakan model bisnis yang menjualkan produk pihak lain. Bedanya, dropshipper tidak perlu menyiapkan tempat untuk menampung produk yang belum terjual. Produk akan langsung dikirim supplier ke pembeli dengan nama dropshipper.

Dropshipper jelas merupakan solusi bagi kamu yang ingin fokus jualan tanpa perlu memikirkan manajemen stok. Langkah memulai bisnis ini hampir sama dengan ketika memulai bisnis reseller.

  1. Tentukan produk yang ingin ditawarkan
  2. Pilih supplier tangan pertama agar dapat harga lebih murah
  3. Tentukan harga jual yang tepat
  4. Sepakati pembagian hasil, tata cara pemesanan, dan pengiriman dengan supplier
  5. Bangun kepercayaan melalui media sosial
  6. Layani pembeli dengan baik

14. Podcast

Podcast tak ubahnya seperti radio di masa modern ini. Kamu bisa mencoba menjadi podcaster jika kamu gemar berbicara tapi tidak percaya diri di depan kamera.

Pertumbuhan pendengar podcast di seluruh dunia
Pertumbuhan pendengar podcast di seluruh dunia

Industri podcast memiliki kue yang besar. Seperti YouTube dan blog, industri ini dilirik oleh pengiklan dan perusahaan. Oleh sebab itu, kamu bisa mendapatkan uang dengan beberapa cara berikut ketika pendengar loyalmu sudah banyak.

  • Iklan
  • Afiliasi
  • Membership
  • Jualan produk

15. Jasa Penulisan Artikel

Artikel adalah salah satu tulang punggung informasi yang tersebar di internet. Banyak artikel yang berada di internet dibuat oleh tangan dingin para penulis artikel yang andal.

Ini adalah peluang usaha online yang cocok untuk kamu yang ingin menulis tapi tidak ingin ribet dengan urusan website. Selain menjadi kontributor di website, kamu juga bisa menawarkan jasa penulisan untuk dokumen profesional perusahaan atau instansi sesuai dengan kemampuanmu.

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan mencari calon klien di tempat cari proyek online. Sembari mencari, kamu juga perlu membangun portfolio artikel buatanmu sendiri.

16. Jasa Edit Video

Video adalah jenis konten paling menarik saat ini dan hanya sedikit orang yang memiliki kemampuan mumpuni untuk membuatnya. Jelas, ini merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Untuk memulainya, kamu bisa mulai dengan membangun portfolio videomu di platform berbagi video misalnya YouTube dan Instgram. Tentu kamu akan lebih percaya diri bertemu calon klien ketika portfoliomu sudah terisi.

17. Streamer

Streaming adalah kegiatan yang biasanya dilakukan oleh para gamer yang ingin berbagi momen ketika mereka bermain. Meski begitu, kamu yang memiliki hobi bermain alat musik juga bisa coba menjadi streamer.

Penikmat streamer biasanya adalah orang-orang yang sedang mencari hiburan sehingga mereka akan melihat konten-konten yang menarik. Itu tandanya bahwa tak selalu pemain profesional yang akan mereka lihat.

Pendapatan streamer
Pendapatan streamer

Usaha online ini mendapatkan uang dengan beberapa cara:

  • Hadiah
  • Iklan
  • Afiliasi
  • Jualan produk

18. Pemasaran Digital

Digital marketing adalah bisnis salah satu jenis usaha online baru yang banyak bermunculan. Jasa yang diberikan dapat meliputi banyak hal, misalnya:

  • Pembuatan website
  • SEO
  • Periklanan digital (mis. Google Ads dan FB Ads)
  • Manajemen media sosial
  • Manajemen online shop

Usaha ini masih memiliki kue yang sangat besar untuk dikerjakan, mengingat masih banyak perusahaan yang belum tau bagaimana meningkatkan kehadirannya di internet.

19. Jastip

Meski internet sudah sampai ke pelosok negeri, tak semua dari mereka mau membeli produk secara online. Itu adalah sebuah peluang usaha. Kamu bisa menjembatani keduanya dengan jasa titip (jastip).

Teman saya ada yang melakukan jenis usaha ini dan lumayan memberi uang jajan tambahan. Sebuah bisnis kecil yang omzetnya lumayan besar jika diseriusi. Kamu bisa memulai usaha online ini dengan membuka jastip makanan, minuman, pakaian, atau skincare sesuai dengan kebutuhan di sekitarmu.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup