Warna Pinggiran Lubang Hitam Sebenarnya Apa?


10 April 2019 adalah hari bersejarah. Para astronom Internasional resmi merilis foto lubang hitam alias black hole.

Pada gambar yang dirilis tersebut, nampak lubang hitam menyerupai cincin dengan pinggiran berwarna oranye layaknya api.

Foto lubang hitam tersebut adalah hasil kerja keras dua tahun dari delapan teleskop yang tersebar di berbagai penjuru dunia dalam mengumpulkan data.

Kegiatan ini terhubung dengan EHT dan Kaite Bouman sebagai pemimpin algoritma yang menerjemahkan data menjadi gambar.

Gambar yang kita lihat adalah potret sebuah lubang hitam di Galaksi M87 yang jauhnya sekitar 500 triliun kilometer dari Bumi.

Warna pinggiran lubang hitam
Foto lubang hitam. Sumber: EHT

Apakah Warna di Pinggiran Lubang Hitam itu Oranye?

Katanya lubang hitam itu gelap tanpa cahaya, tapi kenapa ada warna oranye di bagian pinggir cincin?

Menurut laporan di jurnal National Science Foundation (NSF), lubang hitam adalah benda padat dengan massa sekitar 6,5 miliar kali matahari.

Karena besarnya massa yang dimilikinya, lubang hitam dapat melengkungkan ruang-waktu dengan memanaskan debu dan gas di sekitarnya hingga suhu ekstrem.

Teori yang beredar menyebut lubang hitam tak dapat dilihat karena tidak ada satu pun cahaya yang bisa lolos darinya.

Namun, Teori Relativitas Umum menyatakan bahwa garis besar di sekitar lubang hitam dan horizon peristiwa dapat terlihat dalam keadaan tertentu.

Lubang hitam di Galaksi M87 bukanlah lubang hitam terdekat dari Bumi. Namun karena ukurannya yang sangat masif, membuatnya dipilih sebagai target observasi untuk proyek EHT.

Pada gambar yang beredar, terlihat lingkaran hitam yang bisa disebut sebagai bayangan lubang hitam dan dikelilingi oleh sesuatu yang bercahaya.

Namun, warna oranye mirip api itu bukan warna sebenarnya, sebaliknya warna itu sengaja dipilih oleh tim ilmuwan EHT untuk menggambarkan kecerahan emisi.

“Oranye dan kuning adalah emisi yang paling intens, merah kurang intens, dan kemudian hitam hanya memiliki sedikit atau tidak sama sekali emisi,” jelas Fox.

Menurut Fox, dalam rentang optik, cincin di sekitar lubang hitam kemungkinan akan tampak berwarna putih, mungkin diwarnai dengan biru atau merah.

Terjawab sudah, mengapa warna di pinggiran lubang hitam itu oranye.