Pengertian Weighted Average Cost of Capital

Weighted average cost of capital

Apabila kamu sedang mempelajari saham terkait weighted average cost of capital (WACC) maka lebih baik pahami definisinya terlebih dahulu. Berikut ini merupakan fungsi dan pengertian weighted average cost of capital agar makin paham dan memperoleh strategi yang tepat dalam membeli bererapa saham.

Pengertian

Weighted average cost of capital adalah sebuah rasio keuangan untuk menghitung total biaya modal alias cost of capital dari sebuah perusahaan, seluruh sumber utang maupun ekuitas perusahaan dihitung secara proporsional. Hal ini berkaitan erat dengan struktur modal alias capital structure dari perusahaan.

Ekuitas perusahaan yang dimaksud berasal dari preferred stock dan common stock atau sering disebut juga dengan istilah saham biasa. Di sisi lain, utang atau debit yang dimaksud bisa berasal dari obligasi maupun hutang jangka panjang.

Perhitungan WACC tersebut dilakukan oleh perusahaan yang mempunyai hutang dan ekuitas. WACC menggunakan sistem perhitungan yang sangat kompleks.

Pendanaan yang berasal dari hutang dianggap lebih mudah dihitung jika dibandingkan dengan ekuitas karena kupon bunga bank dan juga obligasi sudah ditentukan di awal.

Saham biasa cenderung tidak digunakan dan diganti dengan saham preferen dalam perhitungan WACC karena saham preferen mempunyai karakteristik gabungan saham biasa dan obligasi sehingga akan seperti yang dijanjikan kepada investor.

Fungsi Weighted Average Cost of Capital

Financial Modelling

Fungsi pertama dari weighted average cost of capital adalah sebagai financial modeliling. WACC tersebut menjadi tingkat diskonto yang mampu menghitung tingkat net present value pada sebuah bisnis.

Mengukur Biaya

Tujuan lain dari WACC adalah mengukur dan menentukan biaya di setiap bagian capital structure alias struktur modal pada perusahaan. Semua itu disesuaikan dengan proporsi ekuitas, saham preferen, dan utang perusahaan.

Melakukan Analisa Struktur Modal Perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa fungsi lain dari WACC ini yaitu untuk melakukan analisa struktur modal perusahaan alias capital structure, baik itu dari sumber pendanaan yang diperoleh berdasarkan hutang, ekuitas, atau kombinasi keduanya.

Mengukur Kinerja

Selain ketiga hal di atas, kamu juga bisa mengukur kinerja manajmen dari perusahaan sehingga dapat menguji kelayakan bisnis dan performa tertentu jika berinvestasi di perusahaan tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk dapatkan artikel terbaru!

Bagikan ke media sosial:

Jual
Tutup