Wisata Jepara, Destinasi Liburan Terbaik untuk Dikunjungi

Wisata Jepara menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi saat berada di Jawa Tengah. Kota ini memiliki berbagai macam keistimewaan bentang alam pantai yang cukup menarik. Bahkan tidak hanya alamnya saja yang menarik, kamu juga bisa menikmati wisata furniture.

Sehingga saat berkunjung ke tempat ini, kamu bisa melihat-lihat berbagai macam furniture dengan kualitas terbaik. Tentunya wisata yang akan kamu nikmati ini bisa menjadi wisata tak terlupakan. Supaya tidak penasaran, berikut ini beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi di Jepara.

Wisata Jepara, Lokasi Terbaik untuk Liburan

Tidak perlu jauh-jauh keluar negeri jika kamu hanya ingin menikmati wisata pantai. Cukup dengan berkunjung ke daerah Jepara, maka kamu sudah bisa menikmati wisata tersebut. Berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selama berada di daerah Jepara.

1. Taman Nasional Karimunjawa

Wisata Jepara
Berenang bersama hiu di Taman Nasional Karimunjawa

Siapa yang tidak ingin berkunjung ke Taman Nasional Karimunjawa yang mengangumkan ini? Bahkan tidak hanya wisatawan lokal saja yang mengunjungi wisata ini, banyak wisatawan mancanegara yang berbondong-bondong mengunjungi destinasi ini.

Kamu bisa menikmati bermain air dengan diving, berenang, dan kegiatan di air lainnya. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat ini, kamu bisa mengunjunginya di daerah Karimunjawa, Jepara.

2. Pantai Kartini

Pantai Kartini
Pantai Kartini

Sebagai kota kelahiran Ibu Kartini, kota ini juga memiliki tempat wisata yang mengabadikan nama beliau. Kamu bisa mengunjungi Pantai Kartini ini saat berada di Jepara. Selain pantai, kamu juga bisa menikmati wahana yang berada di sekitar pantai.

Wisata Traveloka

Wahana tersebut, bisa kamu nikmati dengan memasuki patung kura-kura yang berukuran sangat besar. Wahana tersebut sangat cocok kamu nikmati bersama dengan sanak keluarga. Apabila kamu ingin mengunjungi wisata di Jepara ini, kamu bisa datang ke Desa Bulu, Kec. Jepara.

3. Pantai Ombak Mati

Pantai Ombak Mati
Pantai Ombak Mati

Memang banyak sekali wisata pantai yang bisa kamu nikmati selama berada di wilayah Jepara. Salah satu wisata pantai yang perlu kamu coba adalah pantai Ombak Mati. Dulu, pantai ini memiliki nama Pantai Bondo. Seiring berjalannya waktu, pantai ini diberi nama Ombak Mati.

Saat berkunjung ke sini, kamu akan mendapatkan suasana yang tenang dan juga nyaman bahkan terasa seperti memiliki pantai secara pribadi. Untuk bisa menikmati pantai tanpa ombak ini, kamu bisa langsung datang ke Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, daerah Jepara.

4. Pantai Punuk Sapi

Pantai Jepara Punuk Sapi
Pantai Punuk Sapi

Sebagaimana namanya, pantai ini memiliki bentuk seperti punuk sapi. Bentuk tersebut bisa kamu lihat ketika melihat pantai dari ketinggian. Di pantai tersebut terdapat gundukan yang menyerupai punuk sapi, sehingga tidak salah jika pantai tersebut diberi nama pantai Punuk Sapi.

Untuk bisa menikmati keindahan alam di sekitar Pantai Punuk Sapi, maka kamu bisa berkunjung ke Jepara. Tepatnya di daerah Balong, Kec. Kembang, Kab. Jepara.

5. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk
Pantai Pungkruk

Daerah Jepara memang terkenal dengan wisata pantainya, maka tidak heran jika banyak wisata pantai yang bisa kamu kunjungi. Salah satu pantai yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Pungkruk. Di tempat ini, kamu disuguhi pemandangan pantai yang sangat indah.

Bahkan air di pantai tersebut juga sangat jernih. Sehingga sangat cocok untuk kamu nikmati bersama dengan keluarga. Untuk berkunjung ke Pantai Pungkruk, kamu bisa datang ke Mororejo, Kec. Mlonggo.

Pastikan kamu datang bersama dengan keluarga untuk menikmati pemandangan alam yang indah di pantai ini. Jangan lupa juga untuk menikmati hidangan makanan laut di sekitar pantai.

6. Pulau Panjang

Pulau Panjang Jepara
Pulau Panjang

Wilayah seluas 19 hektare ini memiliki perairan dangkal yang amat jernih dan dipenuhi terumbu karang. Keindahan yang ditawarkan pulau ini sangat memikat, udara bersih serta lingkungannya yang asri jadi daya tarik utamanya.

Kamu bisa menyewa sepeda untuk berkeliling pulau menikmati suasana menenangkan. Ditambah lagi, Pulau Panjang belum terlalu padat pengunjung yang rasanya seperti menghuni pulau pribadi.

7. Jepara Ocean Park

Jepara Ocean Park
Jepara Ocean Park

JOP adalah waterpark terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah. Lokasinya di Pantai Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah cukup ditempuh dengan 15 menit berkendara dari pusat kota Jepara.

Tema yang diusung dalam berbagai wahana permainan wisata ini adalah bangunan ala Eropa Timur dan kawasan Timur Tengah. Harga tiket masuk adalah Rp60.000/orang saat hari biasa dan Rp75.000 saat weekend.

8. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur
Pantai Teluk Awur

Dengan air laut yang bening, Pantai Teluk Awur adalah destinasi wisata terbaru di Kabupaten Jepara dengan fasilitas yang sudah cukup lengkap. Sesuai namanya, karakteristik Pantai Teluk Awur adalah air laut yang menjorok ke daratan membentuk setengah lingkaran.

9. Pulau Mandalika

Pulau Mandalika
Pulau Mandalika

Wisata Pulau Mandalika adalah pulau kecil di lepas pantai Jepara. Bila ingin berkunjung, wisatawan dapat menggunakan perahu nelayan dan berlayar selama 30 menit. Bila melihatnya dari obyek wisata Benteng Portugis di Jepara, pulau ini nampak seperti tempurung kura-kura raksasa yang berada di tengah laut.

10. Museum R.A Kartini

Museum R.A Kartini
Museum R.A Kartini

Wisata Museum Kartini adalah museum yang berlokasi di utara alun-alun Jepara, Jawa Tengah. Museum ini termasuk sebagai museum umum yang menjadi objek wisata sejarah dan edukasi.

11. Benteng Portugis

Benteng Portugis
Benteng Portugis

Wisata Benteng Portugis yang berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah adalah peninggalan bersejarah yanng berdiri sejak abad ke-17. Lokasi Benteng Portugis beralamat di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo jaraknya sekitar 43 kilometer dari pusat kota Jepara.

12. Danau Blingoh

Danau Blingoh
Danau Blingoh

Wisata Danau Blingoh adalah salah satu tempat wisata di Jepara yang menarik untuk kamu kunjungi karena keindahan alam berupa pemandangan hutan dan bukit yang ditawarkan di sekitar danau.

13. Air Terjun Jurang Nganten

Air Terjun Jurang Nganten
Air Terjun Jurang Nganten

Wisata air terjun ini berada di lereng Gunung Muria. Tempatnya yang masih asri dengan pemandangan air terjun yang indah membuatnya ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Segera siapkan jadwal kamu untuk mengunjungi wisata Jepara yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Pastikan kamu memasukkan list destinasi di atas untuk kamu kunjungi karena akan ada banyak destinasi lainnya yang bisa kamu kunjungi selama berada di Jepara.

Bagikan ke media sosial:

Tutup