Profil & Informasi tentang Negara Spanyol [Lengkap]

Informasi mengenai Spanyol.

NamaSpanyol
Nama resmiKerajaan Spanyol
Reino de España (Spanyol)
Regne d'Espanya (Katalan)
Espainiako Erresuma (Basque)
Reino de España (Galician)
Reiaume d'Espanha (Occitan)
Ibu kotaMadrid
SemboyanPlus Ultra
(Latin: "Jauh Ke Depan")
Lagu kebangsaanMarcha Real
Bentuk PemerintahanMonarki konstitusional
Sistem PemerintahanKonstitusional
KemerdekaanMonarki Katolik: 1479
De facto: 23 Januari 1516
De jure: 1715
Konstitusi pertama: 1812
Republik Spanyol: 14 April 1931
Negara Spanyol: 1 Oktober 1936
Kepala NegaraRaja
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen
Bahasa NasionalSpanyol
AgamaKatholik Roma
Mata UangEuro (€) (EUR)
Zona WaktuWaktu Eropa Tengah (CET) (UTC+1)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST) (UTC+2)
Kode Telepon+34
Domain.es
Situs Resmihttp://administracion.gob.es/

Spanyol, secara resmi bernama Kerajaan Spanyol adalah sebuah negara di Semenanjung Iberia, Eropa Barat Daya. Batas darat Spanyol dengan negara Eropa lain khususnya Prancis dan Andorra adalah Pegunungan Pirenia. Spanyol memiliki wilayah seberang laut misalnya Kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudera Atlantik, dan beberapa pulau lainnya di Laut Mediterania.

Batas-batas wilayah negara Spanyol:

  • Utara: Samudera Atlantik,
  • Selatan: Laut Mediterania dan Maroko,
  • Barat: Samudera Atlantik dan Portugal,
  • Timur: Prancis dan Andorra.
Letak negara Spanyol
Letak Spanyol

Spanyol memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Spanyol
Bendera Spanyol

Negara Spanyol adalah hasil integrasi 17 komunitas otonom dan 2 kota otonom yang merupakan divisi administrasi tertinggi negara ini. Komunitas otonom terbagi menjadi provinsi dengan jumlah totalnya adalah 50 provinsi. Pada gilirannya, provinsi terdiri dari beberapa kotamadya.

Di Catalonia, ada dua divisi tambahan yakni comarca dan vegueria yang keduanya memiliki kekuasaan administratif. Comarques menjadi agregasi kotamadya, dan vegueries menjadi agregasi comarca. Konsep comarca ada di semua komunitas otonom namun berbeda dengan Catalonia, ini hanyalah subdivisi historis dan geografis.

Pembagian wilayah administratif Spanyol.
Komunitas otonom Spanyol

Dengan luas wilayah 505.992 km², Spanyol adalah negara terluas kelima puluh dua di dunia dan negara keempat terluas di Eropa. Lebih kecil dari Prancis sekitar 47.000 km² dan 81.000 km² lebih luas dari negara bagian California (Amerika Serikat). Gunung Teide (Tenerife) adalah puncak gunung tertinggi di Spanyol dan merupakan gunung api terbesar ketiga di dunia dari basisnya.

Satu fakta yang menarik, Spanyol adalah negara transbenua sama seperti Rusia, Turki, atau Mesir. Kerajaan ini terletak di 26°LU hingga 44°LU dan 19°BB hingga 5°BT.

Di sebelah barat, Spanyol berbatasan dengan Portugal. Di selatan, kerajaan itu berbatasan dengan Gibraltar (wilayah seberang laut Inggris) dan Maroko, melalui enklave mereka di Afrika Utara (Ceuta, Melilla, dan semenanjung Vélez de la Gomera). Di timur laut, sepanjang pegunungan Pyrenees adalah perbatasan Spanyol dengan Prancis dan Kerajaan Andorra. Di sepanjang Pyrenees di Girona, terdapat sebuah kota kecil yang disebut Llívia dikelilingi oleh Republik Prancis Kelima.

Sepanjang 1.214 km, perbatasan Portugal-Spanyol adalah perbatasan terpanjang antar negara Uni Eropa.

Lambang negara Spanyol
Lambang negara Spanyol

Spanyol secara konstitusi multibahasa.

Bahasa Spanyol (español) – diakui dalam konstitusi sebagai Kastilia (castellano) – adalah bahasa resmi di seluruh negeri. Hak dan kewajiban bagi setiap orang Spanyol adalah mengetahui bahasa resmi negeri itu.

Konstitusi juga menetapkan bahwa “semua bahasa Spanyol lainnya” adalah bahasa resmi di komunitas otonom masing-masing sesuai dengan statuta dan undang-undang regional organik mereka.

Bahasa resmi Spanyol lainnya:

  • Catalan (català atau valencià) di Catalonia, Komunitas Valencia, dan Kepulauan Balearic.
  • Galician (galego) di Galicia.
  • Basque (euskara) di Negara Basque dan Navarre.
  • Occitan (aranés) di Catalonia.

Bahasa Spanyol dituturkan oleh 74% populasi, Catalan oleh 17% populasi, Galician 7%, dan Basque beroleh 2% populasi. Occitan digunakan oleh kurang dari 5.000 orang, itupun hanya di wilayah kecil Val d’Aran.

Bahasa minoritas Romawi lainnya meski bukan bahasa resmi memiliki pengakuan khusus. Bahasa tersebut antara lain bahasa Astur-Leonese (asturianu, bable atau llionés) dan Aragonese (aragonés) di Aragon.

Di kota Melilla, otonomi Spanyol di Afrika Utara, Riff Berber dituturkan oleh sebagian besar populasi di sana. Di daerah wisata tepi Pantai Mediterania, bahasa Inggris dan Jerman dituturkan secara luas oleh wisatawan asing dan pekerja pariwisata.

Pantai di utara Pegunungan Cantabrian memiliki iklim laut yang lembab.
Pantai di utara Pegunungan Cantabrian memiliki iklim laut yang lembab.

Katolik Roma yang memiliki sejarah panjang di Spanyol tetap menjadi agama dominan. Meskipun tidak lagi memiliki status resmi di mata hukum, di semua sekolah umum negeri itu, para siswa harus mengikuti kelas agama atau etika. Katolik Roma adalah yang paling sering diajarkan, meskipun ajaran Islam, Yudaisme, dan Kristen evangelis juga diakui.

Menurut studi bulan Juni 2016 oleh Pusat Penelitian Sosiologi Spanyol, sekitar 70% populasi Spanyol mengidentifikasi diri sebagai umat Katolik, 2% keyakinan lain, dan sekitar 25% mengidentifikasi ateis. Sebagian besar populasi tidak berpartisipasi aktif dalam layanan keagamaan.

Studi yang sama juga menunjukkan bahwa orang-orang Spanyol yang mengidentifikasi diri mereka sebagai religius, 59% hampir tidak pernah bahkan tidak pernah ke gereja, 16% pergi ke gereja beberapa kali dalam setahun, 9% beberapa kali per bulan, dan 15% setiap hari Minggu atau beberapa kali per minggu.

Jajak pendapat dan survei baru-baru ini telah mengungkapkan bahwa 20% hingga 27% penduduk Spanyol ateis atau agnostik.

Taman Nasional Ordesa y Monte Perdido di Pyrenees, sebuah Situs Warisan Dunia.
Taman Nasional Ordesa y Monte Perdido di Pyrenees, sebuah Situs Warisan Dunia.

Secara keseluruhan, sekitar 9% populasi mengikuti pelayanan keagamaan setidaknya sekali setiap bulan. Meskipun masyarakat Spanyol telah menjadi lebih sekuler dalam beberapa dekade terakhir, masuknya imigran Amerika Latin yang cenderung merupakan praktisi Katolik yang kuat telah membantu Katolik Roma untuk memulihkan keadaan.

Konstitusi Spanyol mengabadikan sekularisme dalam pemerintahan serta kebebasan beragama. Tidak ada agama yang harus memiliki “karakter negara”. Negara dapat “bekerja sama” dengan kelompok agama manapun. Namun, anomali signifikan masih dapat ditemukan, termasuk adanya undang-undang penistaan agama yang secara teoritis mengkriminalisasi kritik terhadap agama. Kasus terakhir penistaan agama di Spanyol setidaknya terjadi pada tahun 2012.

Sejauh ini ada empat Paus Spanyol yakni Damasus I, Calixtus III, Alexander VI, dan Benedict XIII.

Ujung tenggara semenanjung Iberia memiliki iklim kering.
Ujung tenggara semenanjung Iberia memiliki iklim kering.

Gereja-gereja Protestan memiliki sekitar 1.200.000 jemaat. Ada sekitar 105.000 jemaat Saksi-Saksi Yehuwa. Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir memiliki sekitar 46.000 jemaat dengan 133 sidang di seluruh negeri dan memiliki bait suci di Distrik Moratalaz, Madrid.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Persatuan Komunitas Islam Spanyol menunjukkan bahwa ada sekitar 1.700.000 populasi dengan latar belakang Muslim tinggal di Spanyol pada 2012, sekitar 3-4% dari total penduduk Spanyol. Sebagian besar mereka adalah imigran dan keturunan orang Maroko dan negara-negara Afrika lainnya. Lebih dari 514.000 (30%) dari orang-orang tersebut memiliki paspor Spanyol.

Gelombang imigrasi baru-baru ini juga telah menyebabkan peningkatan jumlah penganut Hindu, Budha, Sikh, dan Muslim. Setelah Reconquista pada 1492, umat Muslim tidak hidup di Spanyol selama berabad-abad. Ekspansi kolonial abad ke-19 di Afrika Utara memberi sejumlah penduduk di Maroko Spanyol dan Sahara Barat kewarganegaraan Spanyol penuh.

Gunung Teide, Tenerife, Kepulauan Canary
Gunung Teide, Tenerife di Kepulauan Canary.

Yudaisme praktis tidak ada di Spanyol sejak tragedi pengusiran pada 1492 hingga abad ke-19, ketika orang-orang Yahudi diizinkan masuk ke Spanyol. Saat ini ada sekitar 62.000 orang Yahudi di Spanyol atau 0,14% populasi. Sebagian besar datang di abad ke-20, sementara beberapa adalah keturunan dari orang-orang Yahudi Spanyol awal.

Keturunan Sefardim yang diusir pada tahun 1492 diberikan kewarganegaraan Spanyol jika mereka memintanya.

Spread the love