Profil & Informasi tentang Negara Mesir [Lengkap]

  • 5
    Shares

Profil biodata negara Mesir

Profil negara Mesir.

NamaMesir
Nama resmiRepublik Arab Mesir
جمهوريّة مصر العربيّة
Jumhūriyyat Miṣr al-ʿArabiyyah(Arab)
Ibu kotaKairo
Semboyan-
Lagu kebangsaanبلادي بلادي بلادي
Biladi, Biladi, Biladi
Bentuk PemerintahanRepublik semi-presidensial
Sistem PemerintahanSemi Presidensial
KemerdekaanKemerdekaan dari Britania Raya: 28 Februari 1922
Republik diumumkan: 18 Juni 1953
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan Legislatifمجلس النواب
Majlis an-Nuwwab
Bahasa NasionalArab
AgamaIslam
Kristen
Mata UangPound Mesir (ج.م.) (EGP)
Zona WaktuWaktu Eropa Timur (EET) (UTC+2)
Kode Telepon+20
Domain.eg dan مصر.
Situs Resmi Pemerintahanhttp://www.sis.gov.eg/
Jumlah Penduduk104.124.440 (estimasi Juli 2020)

Mesir adalah Macan Afrika yang terletak di Timur Tengah. Sejarah mencatat bahwa Mesir adalah negara pertama di dunia yang mengakui kedaulatan Indonesia. Mesir merupakan negara di Benua Afrika yang terletak di kawasan Afrika Utara.

Geologi negara Mesir yang kaya akan sumber daya alam menyumbang banyak devisa negara. Hasil tambang seperti minyak dan gas, bijih besi, posfat, mangan, lempung, gipsum, talk, asbes, timah, emas, dan zinc ada di Mesir. Gurun Mesir memberi pasokan garam yang berlimpah.

Mesir yang juga dikenal sebagai Egypt adalah tempat bagi flora dan fauna seperti pohon akasia, lettuce, bunga teratai, pohon kurma, semak papirus, gandum, kapas, dan tebu tumbuh, serta burung ibis, buaya nil, elang mesir, gerbil, kuda nil, jerboa, gazelle, kobra, dan flamingo hidup.

Batas-batas wilayah negara Mesir:

Identifikasi lokasi negara Mesir
Letak negara Mesir

Mesir memiliki bendera dengan tampilan seperti di bawah ini.

Bendera identitas negara Mesir
Bendera Mesir

Geografi

Letak astronomis negara Mesir adalah 22°LU hingga 32°LU dan 25°BT hingga 35°BT. Luas wilayah negara Mesir adalah 1.001.450 km² yang menjadikannya negara terluas ke-30 di dunia.

Karena letak geografis negara Mesir dan karakteristik iklim gersangnya yang ekstrem, sekitar 99% populasi terkonsentrasi di sekitar Lembah dan Delta Sungai Nil yang dekat Laut Mediterania.

Mesir berbatasan dengan Libya di barat, Sudan di sebelah selatan, Laut Mediterania di utara, dan di sisi timur terdapat Jalur Gaza, Israel, serta Laut Merah. Sama dengan negara di sekitarnya, bentuk muka bumi mesir didominasi gurun.

Mesir sadar bahwa mereka memiliki posisi geopolitik yang penting di perbatasan Asia-Afrika dengan memiliki sebuah jembatan tanah (Tanah Genting Suez) antara Afrika dan Asia.

Wilayah tersebut dilalui sebuah terusan yang menghubungkan Laut Mediterania di utara dengan Samudera Hindia (melalui Laut Merah) di selatan.

Selain Lembah Sungai Nil, lanskap Mesir didominasi oleh gurun dengan beberapa oasis bertebaran di sana. Tiupan angin yang kencang menciptakan banyak bukit pasir yang tingginya bisa mencapai 30 meter.

Sedikit wilayah Gurun Sahara dan Gurun Libya adalah kedaulatan Mesir. Pada zaman kuno, gurun yang disebut sebagai “tanah merah” ini dilindungi oleh Kerajaan Firaun.

Ringkasan dan rangkuman pembagian wilayah administratif Mesir
Peta kegubernuran di Mesir

Pembagian Administratif

Mesir dibagi menjadi 27 kegubernuran (muhafazhat; tunggal: muhafazhah).

  1. Matruh,
  2. Alexandria,
  3. Beheira,
  4. Kafr El Sheikh,
  5. Dakahlia,
  6. Damietta,
  7. Port Said,
  8. Sinai Utara,
  9. Gharbia,
  10. Monufia,
  11. Qalyubia,
  12. Sharqia,
  13. Ismailia,
  14. Giza,
  1. Faiyum,
  2. Kairo,
  3. Suez,
  4. Sinai Selatan,
  5. Beni Suef,
  6. Minya,
  7. New Valley,
  8. Asyut,
  9. Red Sea,
  10. Sohag,
  11. Qena,
  12. Luxor,
  13. Aswan.
Deskripsi lambang negara Mesir
Lambang negara Mesir

Demografi

Mesir merupakan negara Timur Tengah yang paling banyak penduduknya, sekitar 74 juta orang tinggal di sana. Mayoritas populasi tinggal di sepanjang Sungai Nil, terutama Iskandariyah, Kairo, sepanjang Delta Sungai Nil, dan dekat Terusan Suez.

Penduduk Mesir lebih banyak tinggal di sepanjang Sungai Nil karena kesuburan, curah hujan, serta akses air yang lebih baik daripada daerah lain.

Kondisi populasi Mesir hampir homogen. Pengaruh Mediterania (dari Italia atau Yunani) dan Arab berbaur di utara dan pengaruh lokal ada di selatan. Penduduk Mesir Kuno bertutur kata dengan bahasa Mesir dan menggunakan hieroglif asli Mesir.

Bahasa Mesir berkembang menjadi bahasa Demotik pada 600 SM dan menjadi bahasa Koptik pada 200 M, kedua bahasa banyak dipengaruhi oleh bahasa Yunani, sebelum bahasa itu mati sekitar abad ke-17 Masehi.

Bahasa Arab datang bersama agama Islam pada abad ke-7, mendominasi masyarakat Mesir sejak saat itu hingga kini.

Walau bahasa Koptik sudah mati, komunitas Kristen Koptik masih menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa dalam liturginya, meskipun dalam sehari-hari mereka berbicara dalam bahasa Arab.

Sebagai bekas koloni Britania Raya di Afrika, bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa kedua. Bahasa Inggris sering dipakai pada bidang ekonomi dan oleh masyarakat terpelajar dan elit.

Data Giza Necropolis
Giza Necropolis adalah Keajaiban kuno tertua dan yang masih ada.

Agama

Berbicara tentang agama, hal itu memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat Mesir. Kairo juga dikenal dengan berbagai menara masjid dan gerejanya. Meski begitu, menurut konstitusi Mesir, semua peraturan perundang-undangan harus sesuai dengan hukum Islam.

Negeri tersebut mengakui mazhab Hanafi lewat Kementerian Agama. Para imam dilatih di sekolah keahlian imam dan di Universitas Al-Azhar yang memiliki komite fatwa.

Sebagian besar (90%) penduduk mesir beragama Islam, mayoritas Sunni dan sebagian juga menganut ajaran Sufi lokal. Sekitar 10% populasi menganut agama Kristen, 78% darinya adalah denominasi Koptik (Koptik Ortodoks, Katolik Koptik, dan Protestan Koptik).

Gereja Kristen Koptik memiliki keunikan dibandingkan denominasi Kristen lainnya karena mereka masih menggunakan bahasa kuno sebagai bahasa liturgi.

Masjid An-Nassir Muhammad, Kairo - Biografi
Masjid An-Nassir Muhammad, Kairo

  • 5
    Shares