Profil & Informasi tentang Negara Israel [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Israel [Lengkap]

Informasi mengenai Israel.

NamaIsrael
Nama resmiNegara Israel
מדינת ישראל
Medīnat Yisrā'el (Ibrani)
دولة إسرائيل
Dawlat Isrā'īl (Arab)
Ibu kotaYerusalem (de jure)
Tel Aviv (de facto)
Semboyan-
Lagu kebangsaanהתקווה
Hatikvah
Bentuk PemerintahanRepublik Parlementer
Sistem PemerintahanParlementer
KemerdekaanDiumumkan: 14 Mei 1948
Diakui: 1 Mei 1949
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan Legislatifהכנסת
Knesset
Bahasa NasionalIbrani
AgamaYahudi
Islam
Kristen
Druze
Mata UangShekel Baru (₪) (ILS)
Zona WaktuWaktu Standar Israel (IST) (UTC+2)
Musim panas (DST): Waktu Musim Panas Israel (IDT) (UTC+3)
Kode Telepon+972
Domain.il dan ישראל.
Situs Pemerintahanhttps://www.gov.il/en
Jumlah Penduduk8.675.475 (estimasi Juli 2020)

Negara Israel adalah sebuah negara berdaulat di kawasan Timur Tengah yang dikelilingi Laut Tengah, LebanonSuriahYordaniaMesir, dan Gurun Sinai. Selain itu diapit dua wilayah Otoritas Nasional Palestina yakni Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Dengan populasi sebanyak 7,5 juta jiwa, Israel adalah satu-satunya negara Yahudi di dunia sejak 1946. Di Israel juga terdapat beberapa kelompok minoritas yaitu etnis Arab yang berkewarganegaraan Israel serta kelompok keagamaan lain seperti orang Islam, Kristen, Druze, dan Samaria.

Letak negara Israel
Letak Israel

Israel memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Israel
Bendera Israel

Pembagian Administratif

Negara Israel dibagi menjadi enam mehozot (distrik). Keseluruhan wilayah Distrik Yudea dan Samaria serta sebagian wilayah Distrik Yerusalem dan Distrik Utara tidak diakui dunia internasional sebagai bagian dari Israel. Di bawah distrik terdapat lima belas nafot yang dipartisi lagi menjadi lima puluh region.

Pembagian wilayah administratif Israel
Mehozot di Israel

Israel terbagi menjadi beberapa mehozot:

  1. Yerusalem,
  2. Utara,
  3. Haifa,
  4. Tengah,
  5. Tel Aviv,
  6. Selatan,
  7. Yudea dan Samaria.
Lambang negara Israel
Lambang negara Israel

Geografi

Israel terletak di wilayah Bulan Sabit Subur tepatnya daerah Levant. Israel berada di ujung timur Laut Mediterania yang dibatasi oleh Lebanon di utara, Suriah di timur laut, Yordania dan Tepi Barat di timur, serta Mesir dan Jalur Gaza di barat daya. Israel secara astronomis terletak di antara 29°LU hingga 34°LU dan 34°BT hingga 36°BT.

Ein Bokek resor di pantai Laut Mati
Ein Bokek resor di pantai Laut Mati

Demografi

Pada 2018, populasi Israel diperkirakan 8.934.000 orang, 74,5% di antaranya adalah orang Yahudi. Orang Arab membentuk 20,9% populasi, sementara jumlah orang Kristen non-Arab dan ateis mencapai 4,6%.

Selama beberapa dekade terakhir, banyak pekerja imigran dari Rumania, Thailand, Tiongkok, Afrika, dan Amerika Selatan memilih untuk menetap di Israel. Data pasti mengenai hal tersebut tidak diketahui karena banyak dari mereka yang tinggal secara ilegal tetapi perkiraan yang bisa diberikan adalah 203.000 jiwa. Pada Juni 2012, sekitar 60.000 imigran Afrika telah memasuki Israel. Sebanyak 92% populasi Israel tinggal di daerah perkotaan.

Makhtesh Ramon, sejenis kawah yang unik untuk Israel dan Semenanjung Sinai
Makhtesh Ramon, sejenis kawah yang unik untuk Israel dan Semenanjung Sinai

Bahasa

Israel memiliki satu bahasa resmi yakni bahasa Ibrani. Bahasa Arab yang sebelumnya telah dianggap sebagai bahasa resmi Negara Israel, pada tahun 2018 diklasifikasikan sebagai mendapat ‘status khusus di negara’.

Karena imigrasi massal dari bekas Uni Soviet dan Etiopia, bahasa Rusia dan Amharik masih bisa didengar di Israel. Bahasa Prancis digunakan oleh sekitar 700.000 orang Israel, kebanyakan berasal dari Perancis dan Afrika Utara. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi selama periode Mandat namun kehilangan status tersebut setelah berdirinya Israel. Bahasa tersebut tetap memiliki peran yang sebanding dengan bahasa resmi.

Tiberias dan Laut Galilea
Tiberias dan Laut Galilea

Agama

Israel menguasai bagian utama Tanah Suci, wilayah yang sangat penting bagi semua agama Abrahamik yakni Yudaisme, Kristen, Islam, Druze, dan Baha’i.

Populasi penganut agama Yahudi sangat bervariasi. Survei sosial menunjukkan bahwa 49% mengidentifikasi diri sebagai Hiloni (sekuler), 29% sebagai Masorti (tradisional), 13% sebagai Dati (agama), dan 9% sebagai Haredi (ultra-Ortodoks). Populasi Haredi Yahudi diperkirakan lebih dari 20% populasi Israel pada tahun 2028.

Membentuk 17,6% populasi, Muslim merupakan minoritas agama terbesar di Israel. Sekitar 2% populasi beragama Kristen dan 1,6% adalah seorang Druze. Penganut Buddha dan Hindu juga ada di Israel meski dalam jumlah yang sedikit.

Salju di Galilea
Salju di Galilea

Situs Keagamaan

Kota Yerusalem sangat penting bagi orang Yahudi, Muslim, dan Kristen karena tempat itu adalah lokasi berdirinya situs-situs penting bagi agama mereka, misalnya Kota Tua yang terbentuk dari Tembok Barat dan Bukit Bait Suci, Masjid Al-Aqsha, dan Gereja Makam Suci.

Lokasi keagamaan penting lainnya adalah Nazareth (kota tempat Yesus tumbuh dewasa), Tiberias dan Safed (dua kota suci dalam Yudaisme), Masjid Putih di Ramla (Kuil Nabi Saleh), dan Gereja Saint George di Lod (makam Santo George).

Sejumlah landmark keagamaan lainnya terletak di Tepi Barat. Landmark tersebut antara lain makam Yusuf di Nablus, tempat kelahiran Yesus dan Makam Rahel di Betlehem, dan Gua Para Leluhur di Hebron.

Kubah Batu dan Tembok Barat, Yerusalem.
Kubah Batu dan Tembok Barat, Yerusalem.

Pusat administrasi Baha’i dan Kuil Báb terletak di Haifa, pemimpin agama dimakamkan di Acre. Selain staf pemeliharaan, tidak ada populasi Baha’i di Israel. Beberapa mil di selatan Pusat administrasi Baha’i terdapat Mesjid Mahmood yang berafiliasi dengan gerakan reformis Ahmadiyah. Kababir, lingkungan campuran orang Yahudi dan Ahmadi Arab di Haifa adalah satu-satunya dari jenisnya di negara ini.