Profil & Informasi tentang Negara Oman [Lengkap]

Profil & Informasi tentang Negara Oman [Lengkap]

Informasi mengenai Oman.

NamaOman
Nama resmiKesultanan Oman
سلطنة عُمان
Salṭanat ʻUmān (Arab)
Ibu kotaMuskat
Semboyan-
Lagu kebangsaanنشيد السلام السلطاني
Našīd as-Salām as-Sultānī
Bentuk PemerintahanMonarki Absolut
Sistem PemerintahanMonarki Absolut
Kemerdekaan9 Agustus 1970
Kepala NegaraSultan
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan LegislatifParlemen (مجلس الدولة [Majlis ad-Dawlah] + مجلس الشورى [Majlis as-Syura])
Bahasa NasionalArab
AgamaIslam
Kristen
Hindu
Buddha
Yahudi
Mata UangRial Oman (ر.ع.) (OMR)
Zona WaktuWaktu Standar Teluk (GST) (UTC+4)
Kode Telepon+968
Domain.om dan عمان.
Situs Resmihttp://www.oman.om/
Jumlah Penduduk4.664.844 (estimasi Desember 2019)

Oman adalah sebuah kesultanan yang terletak di pesisir tenggara Semenanjung Arab, Asia Barat Daya. Oman berbatasan dengan Uni Emirat Arab di barat-laut, Arab Saudi di barat, dan Yaman di barat daya.

Pesisir ini dibatasi oleh Laut Arab di tenggara dan Teluk Oman di timur laut. Enklave Madha dan Musandam dikelilingi oleh Uni Emirat Arab di perbatasan daratnya serta Selat Hormuz dan Teluk Oman yang memisahkan Oman dengan Iran.

Letak negara Oman
Letak Oman

Geografi

Oman secara astronomis terletak di antara 16°LU hingga 28°LU dan 52°BT hingga 60°BT. Gurun adalah pemandangan yang umum di sebagian besar wilayah Oman bagian tengah.

Di sepanjang daerah utara terdapat Pegunungan Al Hajar. Di pantai tenggara Oman terdapat Pegunungan Qara atau Dhofar. Ibu kota Muskat, Sohar, dan Sur berada di pantai utara. Iklim Oman di daerah pesisir lembab namun di daerah yang jauh dari pantai cenderung panas dan kering.

Oman memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera identitas negara Oman
Bendera Oman

Pembagian Administratif

Kesultanan Oman secara administratif dibagi menjadi sebelas kegubernuran. Di bawah kegubernuran terdapat 60 wilayat di seluruh negeri.

  • Ad Dakhiliyah,
  • Ad Dhahirah,
  • Al Batinah Utara,
  • Al Batinah Selatan,
  • Al Buraimi,
  • Al Wusta,
  • Ash Sharqiyah Utara,
  • Ash Sharqiyah Selatan,
  • Dhofar,
  • Muskat,
  • Musandam.
Peta pembagian wilayah administratif Oman
Peta pembagian kegubernuran di Oman

Demografi

Pada 2014, populasi Oman kurang lebih berjumlah 4 juta jiwa dengan 2,23 jutanya adalah warga Oman dan 1,76 juta ekspatriat. Oman memiliki populasi pemuda yang cukup banyak, sekitar 43 persen penduduknya masih berusia di bawah usia 15 tahun.

Hampir 50% populasi Oman tinggal di Muskat dan pesisir Batinah. Orang Oman sebagian besar adalah etnis-etnis yang berasal dari Arab, Baluchi, dan Afrika.

Lambang negara Oman
Lambang negara Oman

Agama

Hampir keseluruhan orang Oman beragama Islam dengan denominasi Ibadi dan diikuti oleh Sunni. Hampir semua non-Islam di Oman adalah para pekerja asing. Agama non-Islam di Oman antara lain Jain, Buddha, Zoroastrian, Sikh, Yahudi, Hindu, dan Kristen.

Komunitas Kristen berpusat di daerah perkotaan utama Muskat, Sohar, dan Salalah. Komunitas ini termasuk Katolik, Ortodoks Timur, dan berbagai denominasi Protestan lainnya. Lebih dari 50 kelompok, persekutuan, dan majelis Kekristenan yang dibentuk oleh pekerja imigran dari Asia Tenggara aktif di Muskat.

Ada juga komunitas Hindu dan Kristen dari India. Setidaknya ada dua tempat ibadah agama Hindu di Muskat yang salah satunya sudah berusia lebih dari seratus tahun. Ada komunitas Sikh yang signifikan di Kesultanan Oman meski tidak ada gurdwara permanen. Pemerintah menyediakan banyak gurdwara kecil di kamp darurat.

Lanskap gurun Oman

Bahasa

Bahasa Arab adalah bahasa resmi Kesultanan Oman.

Bahasa Mehri dipakai di daerah sekitar Ṣalāla di Ẓafār dan perbatasan Yaman. Bahasa Baluchi digunakan secara luas di Oman.

Bahasa pribumi yang terancam punah di Oman antara lain bahasa Kumzari, Bathari, Harsusi, Hobyot, Jibbali, dan Mehri. Bahasa Isyarat Oman adalah bahasa komunitas tuna rungu Oman.

Wadi Shab

Bahasa Inggris digunakan secara luas dalam komunitas bisnis. Hampir semua penanda jalan tertulis dalam bahasa Arab dan Inggris.

Bahasa Baluchi adalah bahasa ibu orang-orang Baloch dari Balochistan di barat Pakistan, Iran timur, dan Afghanistan selatan. Bahasa tersebut juga digunakan oleh beberapa keturunan pelaut Sindhi.

Banyak penduduk juga berbicara bahasa Urdu karena masuknya imigran Pakistan selama akhir 1980-an dan 1990-an. Selain itu, bahasa Swahili kerap kali juga ditemui karena hubungan historis antara Oman dan Zanzibar.

  • 1
    Share