Profil & Informasi tentang Negara Arab Saudi [Lengkap]

Profil negara Arab Saudi

Informasi mengenai Arab Saudi.

NamaArab Saudi
Nama resmiKerajaan Arab Saudi
المملكة العربية السعودية
Al-Mamlakah al-'Arabiyah as-Sa'ūdiyah (Arab)
Ibu kotaRiyadh
Semboyanلا إله إلا الله محمد رسول الله
Lā ʾilāha ʾillā-llāh, Muḥammadur rasūlu-llāh
(Arab: "Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah")
Lagu kebangsaanسارعي
An-Našīd al-Waṭaniyy
Bentuk PemerintahanMonarki Absolut
Sistem PemerintahanMonarki Absolut
Kemerdekaan23 September 1932
Kepala NegaraRaja
Kepala PemerintahanRaja
Badan Legislatifمجلس الشورى
Majlis asy-Syura
Bahasa NasionalArab
AgamaIslam
Mata UangRiyal Saudi (ر.س) (SAR)
Zona WaktuWaktu Standar Arab (AST) (UTC+3)
Kode Telepon+966
Domain.sa dan السعودية.
Situs Resmi Kepresidenanhttps://www.saudi.gov.sa/wps/portal/snp/main

Wilayah Arab Saudi kini, dulunya adalah tempat kelahiran Nabi Muhammad serta tumbuh dan berkembangnya agama Islam. Pada bendera Arab Saudi terdapat dua kalimat syahadat yang berarti “Tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan-Nya”.

Batas-batas wilayah Arab Saudi:

Letak negara Arab Saudi
Letak Arab Saudi

Arab Saudi memiliki bendera dengan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Arab Saudi
Bendera Arab Saudi

Pembagian Administratif

Arab Saudi dibagi menjadi 13 region (Arab: مناطق إدارية; manatiq idāriyya, sing. منطقة إدارية; mintaqah idariyya). Region dibagi lagi menjadi 118 kegubernuran (bahasa Arab: محافظات; muhafazat, sing. محافظة; muhafazah). Jumlah tersebut termasuk 13 ibu kota daerah, yang memiliki status yang berbeda sebagai kotamadya (Arab: أمانة; amanah) yang dipimpin oleh walikota (Arab: أمين; amin). Di bawahnya terdapat sub-gubernur (bahasa Arab: مراكز; marakiz, sing. مركز; markaz).

Pembagian wilayah administratif Arab Saudi

Berikut adalah daftar region di Arab Saudi.

  1. Bahah,
  2. Hududusy Syamaliyah,
  3. Jauf,
  4. Madinah,
  5. Qasim,
  6. Riyadh,
  7. Syarqiyah (Provinsi Timur),
  8. ‘Asir,
  9. Ha’il,
  10. Jizan,
  11. Makkah,
  12. Najran,
  13. Tabuk.
Lambang negara Arab Saudi
Lambang negara Arab Saudi

Geografis

Secara astronomis, Arab Saudi terletak di antara 15°LU hingga 32°LU dan 34°BT hingga 57°BT. Luas kedaulatannya mencakup wilayah seluas 2.240.000 km². Arab Saudi menempati empat per lima daratan Semenanjung Arab dan merupakan negara terluas di Asia Barat.

Permukaan terendah Arab Saudi berada di Teluk Persia dan Jabal Sauda’ pada ketinggian 3.133 m adalah titik tertingginya. Gurun yang terkenal berada di bagian selatan Arab Saudi yang dijuluki “Daerah Kosong”.

Namun di bagian barat dayanya, terdapat kawasan pegunungan yang berumput hijau. Hampir tidak ada sungai atau danau permanen di kerajaan Saudi, tapi terdapat sangat banyak wadi.

Masjid Faisal di Islamabad dinamai setelah raja Saudi. Kerajaan itu adalah sekutu kuat Pakistan. WikiLeaks mengklaim bahwa Saudi "sudah lama terbiasa memiliki peran penting dalam urusan Pakistan".
Masjid Faisal di Islamabad dinamai setelah raja Saudi. Kerajaan itu adalah sekutu kuat Pakistan. WikiLeaks mengklaim bahwa Saudi “sudah lama terbiasa memiliki peran penting dalam urusan Pakistan”.

Demografis

Populasi Arab Saudi pada Juli 2013 diperkirakan mencapai angka 26,9 juta, termasuk antara 5,5 juta dan 10 juta imigran non-nasional, meskipun sulit untuk mendapat data akurat karena kecenderungan historis pemerintah Saudi yang suka meningkatkan hasil sensus.

Bahasa resmi Arab Saudi adalah bahasa Arab. Bahasa Isyarat Saudi adalah bahasa utama bagi komunitas tuna rungu di kerajaan. Komunitas ekspatriat berbicara bahasanya sendiri, yang paling banyak adalah Tagalog (700.000 penutur), Rohingya (400.000 penutur), Urdu (380.000 penutur), dan Arab Mesir (300.000 penutur).

Masjid Quba di Madinah, Hijaz. Ini dianggap sebagai masjid pertama yang berasal dari masa hidup Nabi Islam Muhammad.
Masjid Quba di Madinah, Hijaz. Ini dianggap sebagai masjid pertama yang berasal dari masa hidup Nabi Islam Muhammad.

Agama

Hampir semua warga Arab Saudi beragama Islam. Perkiraan populasi Sunni Arab Saudi berkisar antara 75% dan 90%, dengan sisa 10-25% adalah Syiah. Bentuk resmi dan dominasi Sunni di Arab Saudi umumnya dikenal sebagai Wahhabisme (pendukung lebih memilih nama Salafisme) yang sering digambarkan sebagai “puritan”, “toleran”, atau “ultra konservatif” oleh pengamat, dan sebagai Islam yang “sejati” oleh para pengikutnya. Disebarkan di Jazirah Arab oleh Muhammad ibn Abd al-Wahhab pada abad ke-18. Denominasi lain seperti minoritas Syiah secara sistematis ditekan.

Al-Masjid Al-Ḥarām (Masjid Suci) di Mekah. Kabah di depan jemaah haji.
Al-Masjid Al-Ḥarām (Masjid Suci) di Mekah.

Menurut perkiraan, ada sekitar 1.500.000 orang beragama Kristen di Arab Saudi dan hampir semuanya adalah pekerja asing. Arab Saudi memperbolehkan orang Kristen masuk ke kerajaan sebagai pekerja sementara, namun tidak mengizinkannya untuk beribadah secara terbuka. Persentase warga Arab Saudi yang beragama Kristen secara resmi adalah nol karena Arab Saudi melarang konversi agama dari Islam (murtad) dan menghukumnya dengan kematian. Menurut Pew Research Center ada sekitar 390.000 umat Hindu di Arab Saudi dan sama seperti orang Kristen, hampir semuanya adalah pekerja asing.

Mungkin ada ateis dan agnostik di Arab Saudi, namun mereka secara resmi disebut “teroris”.

Dalam laporan kebebasan beragama tahun 2017, Departemen Luar Negeri AS menandai Arab Saudi sebagai Negara Kepedulian Khusus (CPC).

  • 1
    Share