Profil & Informasi tentang Negara Uni Emirat Arab [Lengkap]

Profil negara Uni Emirat Arab

Informasi mengenai Uni Emirat Arab.

NamaUni Emirat Arab
Nama resmiUni Emirat Arab
الإمارات العربيّة المتّحدة
Al-Imārāt al-‘Arabīyah al-Muttaḥidah (Arab)
Ibu kotaAbu Dhabi
Semboyan-
Lagu kebangsaanعيشي بلادي
‘Išiy bilādī
Bentuk PemerintahanMonarki semi-konstitusional
Sistem PemerintahanSemi-konstitusional
Kemerdekaan2 Desember 1971
Kepala NegaraPresiden
Kepala PemerintahanPerdana Menteri
Badan Legislatifالمجلس الوطني الإتحادي‎
Al-Majlis al-Watani al-Ittihadi
Bahasa NasionalArab
AgamaIslam
Kristen
Hindu
Buddha
Mata UangDirham Uni Emirat Arab (د.إ.) (AED)
Zona WaktuWaktu Standar Teluk (GST) (UTC+4)
Kode Telepon+971
Domain.ae
Situs Resmi Kepresidenanhttps://u.ae/
Jumlah Penduduk9.992.083 (estimasi Juli 2020)

Uni Emirat Arab (disingkat UEA) adalah negara federasi tujuh emirat kaya akan minyak bumi. Tujuh emirat tersebut adalah Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah, dan Umm al-Qaiwain. UEA adalah tempat berdirinya bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Batas-batas wilayah Uni Emirat Arab:

Letak negara Uni Emirat Arab
Letak Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab memiliki bendera dengan bentuk dan tampilan seperti berikut.

Bendera negara Uni Emirat Arab
Bendera Uni Emirat Arab

Pembagian Administratif

Uni Emirat Arab adalah federasi tujuh emirat. Dubai adalah emirat dengan populasi terpadat dengan 35,6% populasinya. Emirat Abu Dhabi memiliki 31,2% populasi.

Abu Dhabi memiliki area seluas 67.340 km² (tidak termasuk pulau-pulau kecil) yang merupakan 86,7% wilayah negara itu. Emirat ini memiliki garis pantai yang membentang lebih dari 400 km dan dibagi untuk tujuan administratif menjadi tiga region.

Emirat Dubai memanjang di pantai Teluk Persia sekitar 72 km. Dubai memiliki luas 3.885 km² (tidak termasuk pulau-pulau kecil) yang setara dengan 5% luas UEA.

Ada eksklave Oman seluas 75 km² yang dikelilingi wilayah UEA. Eksklave tersebut dikenal sebagai Wadi Madha. Terletak di antara Semenanjung Musandam dan Oman di Emirat Sharjah.

Permasalahan perbatasan wilayah itu telah diselesaikan pada tahun 1969. Di dalam eksklave Wadi Madha terdapat eksklave Emirat Sharjah, UEA yang disebut Nahwa. Eksklave Nahwa terdiri dari empat puluh rumah dengan klinik dan telephone exchange.

Pembagian wilayah administratif Uni Emirat Arab
7 Emirat UEA

7 Emirat yang tergabung dengan Uni Emirat Arab:

  1. Abu Dhabi,
  2. Ajman,
  3. Dubai,
  4. Fujairah,
  5. Ras al-Khaimah,
  6. Sharjah,
  7. Umm al-Qaiwain.
Lambang negara Uni Emirat Arab
Lambang negara Uni Emirat Arab

Geografi

Uni Emirat Arab adalah sebuah negara yang penuh dengan padang pasir. Posisi strategis UEA menjadikannya sebagai tempat persinggahan ekspor dan impor minyak dunia.

Letak astronomis Uni Emirat Arab adalah di antara 22°30’LU hingga 26°10’LU dan 51°BT hingga 56°25′BT. Luas wilayah Uni Emirat Arab adalah 67.340 km². Emirat terbesar, Abu Dhabi, menyumbang 87% dari total luas UAE. Emirat terkecil, Ajman, hanya mencakup 259 km².

Negara ini berbagi perbatasan sepanjang 530 km dengan Arab Saudi di barat, selatan, dan tenggara. Selain Arab Saudi, UEA juga memiliki perbatasan sepanjang 450 km dengan Oman di tenggara dan timur laut.

Perbatasan darat dengan Qatar di wilayah Khawr al Udayd adalah sekitar 19 km meski hal tersebut masih disengketakan.

Vila-vila perumahan di Palm Jumeirah, Dubai.
Palm Jumeirah, Dubai.

Agama

Islam adalah agama resmi dan menjadi mayoritas di negara UEA. Pemerintah memberlakukan larangan untuk menyebarkan agama melalui berbagai media.

Di seluruh negeri berdiri sekitar 31 gereja, satu kuil Hindu di wilayah Bur Dubai, satu Sikh Gurudwara di Jebel Ali, dan sebuah kuil Buddha di Al Garhoud.

Berdasarkan sensus Kementerian Perekonomian pada tahun 2005, 76% populasi beragama Islam, 9% Kristen, dan 15% agama lain (terutama Hindu).

Angka-angka sensus tidak menghitung ekspatriat dan menganggap Imam Baha’i serta Druze sebagai Islam. Di antara penduduk Islam, 85% populasi adalah Sunni dan Syiah 15%, yang sebagian besar terkonsentrasi di Emirat Sharjah dan Dubai.

Burj Khalifa adalah struktur buatan manusia tertinggi di dunia.
Burj Khalifa adalah struktur buatan manusia tertinggi di dunia.

Bahasa

Bahasa Arab adalah bahasa nasional di Uni Emirat Arab. Karena federasi emirat itu diduduki Inggris hingga 1971, bahasa Inggris tetap menjadi bahasa utama di UAE.

Pantai Marina Dubai
Pantai Marina Dubai

Demografi

Uni Emirat Arab didiami oleh 9,3 juta jiwa dengan jumlah warga negara UEA jauh lebih sedikit daripada ekspatriat yang menyumbang 85% populasi. Kebanyakan ekspatriat berasal dari Asia Selatan.

Kebanyakan penduduk pribumi adalah keturunan Persia. Tingkat pertumbuhan penduduk UEA relatif rendah dibandingkan negara-negara tetangganya.

Mobil patroli Polisi Abu Dhabi bertugas di Istana Emirate.
Mobil patroli Polisi Abu Dhabi bertugas di Istana Emirate.