SemutAspal

Benua Asia: Benua Terluas dan Terpadat di Dunia

Profil Benua Asia
Profil Benua Asia
Benua Asia
Luas Wilayah44.579.000 km²
Populasi4.560.667.108
Kepadatan Populasi100/km²
PDB$65,44 triliun
PDB (nominal)$31,58 triliun
PDB per kapita$7.350
DemonimAsian
Negara49 anggota PBB
1 pengamat PBB, 5 negara lain
Dependensi6
Non-anggota PBB4
BahasaLihat daftar bahasa
Zona WaktuUTC +2 hingga UTC +12
Internet TLD.asia
UN M49 code142 – Asia
001 – World

Profil Benua Asia

Benua terluas di permukaan bumi adalah Asia. Selain itu, Asia adalah benua terpadat di bumi. Asia berbagi daratan Benua Eurasia dengan Benua Eropa dan daratan Benua Afro-Eurasia dengan Eropa dan Afrika.

Luas Benua Asia adalah 44.579.000 km² (sekitar 30% luas bumi dan 8,7% luas permukaan bumi). Asia, yang telah lama menjadi rumah bagi mayoritas populasi manusia, adalah tempat bagi banyak peradaban pertama.

Asia tidak hanya terkenal karena ukuran dan populasinya yang besar, tetapi juga permukiman padat dan luas, serta wilayah luas yang nyaris tidak berpenghuni. 4,5 miliar penduduknya (per Juni 2019) setidaknya adalah 60% populasi dunia.

Secara umum, letak geografis Benua Asia adalah di antara Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan di sebelah utara Benua Asia dibatasi oleh Samudra Arktik.

Alasan Eropa dan Asia dianggap sebagai benua yang berbeda adalah perbedaan konstruksi sejarah dan budaya, bukan karena terpisah jelas secara geografis.

Batas paling umum yang diterima menempatkan Asia di sebelah timur Terusan Suez, Selat Turki, Pegunungan Ural dan Sungai Ural, serta di sebelah selatan Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, dan Laut Hitam.

Etimologi

Ide tempat yang disebut “Asia” pada awalnya adalah konsep peradaban Yunani, meskipun ini tidak sesuai dengan seluruh benua yang saat ini dikenal dengan nama itu.

Kata dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Latin dengan bentuk yang sama yakni “Asia”. Apakah “Asia” dalam bahasa lain berasal dari bahasa Latin Kekaisaran Romawi jauh lebih tidak pasti, dan sumber utama kata Latin tidak pasti.

Salah satu penulis klasik pertama yang menggunakan Asia sebagai nama seluruh benua adalah Pliny. Perubahan makna metonimis ini adalah umum dan dapat diamati dalam beberapa nama geografis lainnya, seperti Skandinavia dari Scania.

Geografi dan Iklim

Benua yang paling luas adalah Benua Asia yang mencakup 9% total luas permukaan bumi (30% luas daratannya), dan memiliki garis pantai terpanjang yaitu 62.800 kilometer.

Asia pada umumnya didefinisikan sebagai empat per lima bagian timur Eurasia. Asia memiliki 49 negara, Lima di antaranya yakni Georgia, Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan, dan Turki adalah negara lintas benua yang juga memiliki wilayah di Eropa.

Asia memiliki iklim dan fitur geografis yang sangat beragam. Iklim berkisar dari arktik dan sub-arktik di Siberia hingga tropis di India selatan dan Asia Tenggara. Asia lembap di bagian tenggara, dan kering di sebagian besar wilayah.

Beberapa rentang suhu harian terbesar di Bumi terjadi di bagian barat Asia. Sirkulasi monsun mendominasi seluruh bagian selatan dan timur. Bagian barat daya benua panas.

Siberia adalah salah satu tempat terdingin di belahan bumi utara. Tempat paling aktif di Bumi untuk aktivitas siklon tropis terletak di timur laut Filipina dan selatan Jepang.

Gurun Gobi berada di Mongolia dan Gurun Arab membentang di sebagian besar Timur Tengah. Sungai Yangtze di Cina adalah sungai terpanjang di Asia. Himalaya antara Nepal dan Cina adalah gunung tertinggi di dunia.

Hutan hujan tropis membentang di sebagian besar Asia selatan. Hutan konifer dan gugur berada lebih jauh ke utara. Letak astronomis Benua Asia adalah di antara 26°BT hingga 170°BT dan 11°LS hingga 80°LU.

Bahasa

Asia adalah rumah bagi beberapa keluarga bahasa dan banyak isolat bahasa. Sebagian besar negara Asia memiliki lebih dari satu bahasa asli.

Misalnya, menurut Ethnologue, lebih dari 600 bahasa digunakan di Indonesia, lebih dari 800 bahasa digunakan di India, dan lebih dari 100 bahasa digunakan di Filipina. China memiliki banyak bahasa dan dialek di berbagai provinsi.

Agama

Banyak agama besar dunia bermula dari Asia, termasuk lima yang paling dipraktikkan di dunia yaitu Kristen, Islam, Hindu, agama rakyat Cina (diklasifikasikan sebagai Konfusianisme dan Taoisme), dan Buddha. Mitologi Asia rumit dan beragam.

Kisah Banjir Besar misalnya, seperti yang disampaikan kepada orang-orang Yahudi dalam narasi Nuh di Alkitab Ibrani — dan kemudian kepada orang-orang Kristen dalam Perjanjian Lama dan bagi umat Islam dalam Al-Qur’an — pertama kali ditemukan dalam mitologi Mesopotamia, En Elima Elis dan Epik Gilgames.

Mitologi Hindu juga menceritakan tentang avatar Wisnu dalam bentuk ikan yang memperingatkan Manu tentang banjir yang mengerikan. Mitologi Tiongkok kuno juga menceritakan tentang Banjir Besar yang meliputi generasi.

Daftar Negara-Negara di Benua Asia

Berikut adalah daftar lengkap negara-negara di Asia. Untuk melihat profil masing-masing negara, silakan diklik tombol kuning di sebelahnya.

NegaraIbu Kota
Asia Barat Daya
QatarDoha
YordaniaAmman
IrakBaghdad
SiprusNikosia
LebanonBeirut
BahrainManama
OmanMuskat
IsraelTel Aviv
KuwaitKuwait
YamanSanaa
Uni Emirat ArabAbu Dhabi
PalestinaRamallah
SuriahDamaskus
GeorgiaTbilisi
ArmeniaYerevan
AzerbaijanBaku
IranTeheran
TurkiAnkara
Arab SaudiRiyadh
Asia Tengah
TurkmenistanAshgabat
KazakhstanNursultan
KirgizstanBishkek
UzbekistanTashkent
TajikistanDushanbe
Asia Selatan
MaladewaMalé
AfghanistanKabul
IndiaNew Delhi
PakistanIslamabad
NepalKathmandu
Sri LankaSri Jayawardenapura Kotte
BhutanThimphu
BangladeshDhaka
Asia Tenggara
LaosVientiane
MyanmarNaypyidaw
ThailandBangkok
Brunei DarussalamBandar Seri Begawan
FilipinaManila
SingapuraSingapura
VietnamHanoi
MalaysiaKuala Lumpur
Timor LesteDili
IndonesiaJakarta
KambojaPhnom Penh
Asia Timur
Korea UtaraPyongyang
MongoliaUlan Bator
Korea SelatanSeoul
JepangTokyo
TiongkokBeijing

Dapatkan berita terbaru! Ikuti kami di Google News dan dapatkan kabar terupdate langsung di genggaman.

Promo garansi Shopee
Yosua Herbi
Herbi adalah seorang Web Developer asal Jawa Tengah. Pada tahun 2019, dia menyelesaikan program studi D-3 Manajemen Informatika.
Logo SemutAspal