Benua Antartika: Daratan di Kutub Selatan

Benua Antartika: Daratan di Kutub Selatan

Informasi tentang Benua Antartika.

Benua Antartika
Area14.200.000 km²
Populasi1000 hingga 5000 tergantung musim
Kepadatan Populasi0.00008 hingga 0.00040/km²
DemonimAntarctic
NegaraTidak ada
Internet TLD.aq
UN M49 code010 – Antarctica
001 – World

Antartika adalah benua paling selatan di Bumi. Antartika secara geografis adalah tempat Kutub Selatan yang hampir seluruh wilayahnya di selatan Lingkaran Antartika dan dikelilingi oleh Samudra Selatan.

Dengan 14.200.000 km², Antartika adalah benua terluas kelima dan hampir dua kali ukuran Australia. Dengan 0,00008 orang per km², Antartika adalah benua yang paling jarang penduduknya.

Sekitar 98% daratan Antartika ditutupi oleh es dengan ketebalan rata-rata 1,9 km yang meluas ke semua wilayah kecuali bagian paling utara Semenanjung Antartika.

Fakta Singkat

Antartika adalah benua paling dingin, paling kering, paling berangin, dan memiliki ketinggian rata-rata tertinggi di dunia. Sebagian besar Antartika adalah gurun kutub dengan presipitasi tahunan 200 mm di sepanjang pantai dan jauh lebih sedikit ke daratan.

Hujan tidak terjadi di sana selama hampir 2 juta tahun, namun 80% dari cadangan air tawar dunia disimpan di sana, cukup untuk menaikkan permukaan laut global sekitar 60 meter jika semuanya mencair.

Suhu di Antartika mencapai -89.2°C (atau bahkan -94.7°C jika diukur dari luar angkasa), meskipun rata-rata untuk kuartal ketiga (waktu terdingin dalam setahun) adalah −63°C. 1.000 hingga 5.000 orang tinggal sepanjang tahun di stasiun penelitian yang tersebar di benua tersebut.

Organisme asli Antartika meliputi berbagai jenis ganggang, bakteri, jamur, tanaman, protista, dan hewan tertentu, seperti tungau, nematoda, penguin, anjing laut dan tardigrades. Vegetasi tempat itu terjadi adalah tundra.

Letak Benua Antartika
Benua Antartika

Sejarah

Antartika tercatat sebagai wilayah terakhir di Bumi dalam sejarah yang ditemukan, tidak terlihat hingga tahun 1820 ketika ekspedisi Rusia Fabian Gottlieb von Bellingshausen dan Mikhail Lazarev di Vostok dan Mirny melihat lapisan es Fimbul.

Namun, benua ini sebagian besar tetap diabaikan selama sisa abad ke-19 karena daratannya yang tidak bersahabat, kurangnya sumber daya yang mudah diakses, dan terisolasi.

Pada tahun 1895, pendaratan pertama yang dikonfirmasi dilakukan oleh tim Norwegia. Gunung berapi aktif Antartika yang terkubur belum ditemukan tahun 2013.

Antartika adalah kondominium de facto, diperintah oleh pihak-pihak Sistem Antartika yang memiliki status konsultasi.

Dua belas negara menandatangani Perjanjian Antartika pada tahun 1959, dan tiga puluh delapan negara telah menandatanganinya sejak saat itu.

Perjanjian itu melarang kegiatan militer dan penambangan mineral, melarang ledakan nuklir dan pembuangan limbah nuklir, mendukung penelitian ilmiah, dan melindungi ekologi benua.

Eksperimen yang sedang berlangsung dilakukan oleh lebih dari 4.000 ilmuwan dari banyak negara.

Gunung Erebus, gunung berapi aktif di Pulau Ross
Gunung Erebus, gunung berapi aktif di Pulau Ross

Etimologi

Nama Antartika adalah versi romanisasi dari kata majemuk Yunani ἀνταρκτική (antarktiké), feminin dari ἀνταρκτικός (antarktikós), yang berarti “berlawanan dengan Kutub Utara”, “berlawanan dengan utara”.

Sebelum memperoleh konotasi geografis saat ini, istilah ini digunakan untuk lokasi lain yang dapat didefinisikan sebagai “berlawanan dengan utara”. Sebagai contoh, koloni Prancis yang berumur pendek di Brasil pada abad ke-16 disebut “Antartika Prancis”.

Penggunaan resmi pertama nama “Antartika” sebagai nama benua pada tahun 1890 dikaitkan dengan kartografer Skotlandia John George Bartholomew.

Di dekat pantai, bulan Desember terlihat cukup beriklim.
Di dekat pantai, bulan Desember terlihat cukup beriklim.

Penggantian Nama

Benua kutub selatan yang telah lama dibayangkan (tetapi belum ditemukan) awalnya bernama Terra Australis, kadang-kadang disingkat menjadi “Australia” seperti yang terlihat dalam ilustrasi potongan kayu berjudul Sphere of the winds, yang terkandung dalam buku teks astrologi yang diterbitkan di Frankfurt pada 1545.

Meskipun frasa Latin yang lebih panjang lebih dikenal, nama pendek Australia digunakan dalam lingkaran ilmiah Eropa.

Kemudian pada abad kesembilan belas, otoritas kolonial di Sydney menghapus nama Belanda dari New Holland.

Alih-alih menciptakan nama baru untuk menggantikannya, mereka mengambil nama Australia dari benua kutub selatan, meninggalkannya tanpa nama selama sekitar delapan puluh tahun. Selama periode itu, geografer harus puas dengan frasa canggung seperti “Benua Antartika”.

Mereka mencari pengganti yang lebih puitis, menyarankan berbagai nama seperti Ultima dan Antipodea. Akhirnya Antartika diadopsi pada tahun 1890-an.

Lambang Perjanjian Antartika sejak 2002.
Lambang Perjanjian Antartika sejak 2002.

Geografi

Ada sejumlah sungai dan danau di Antartika, sungai terpanjangnya adalah Onyx. Danau terbesarnya, Vostok, adalah salah satu danau sub-glasial terbesar di dunia.

Antartika dibagi dua oleh Pegunungan Transantartika yang dekat dengan tanjung antara Laut Ross dan Laut Weddell.

Bagian barat Laut Weddell dan timur Laut Ross disebut Antartika Barat dan sisanya Antartika Timur, karena mereka kira-kira sama dengan Belahan Barat dan Timur relatif terhadap meridian Greenwich.

Sekitar 98% Antartika ditutupi oleh lapisan es Antartika dengan ketebalan rata-rata setidaknya 1,6 km. Benua ini memiliki sekitar 90% es di dunia dan karenanya sekitar 70% air tawar dunia berada di sana.

Jika semua es di Antartika mencair, permukaan laut akan naik sekitar 60 m. Di sebagian besar benua, curah hujan sangat rendah, 20 mm per tahun.

Antartika Barat ditutupi oleh Lapisan Es Antartika Barat. Jika lembaran itu pecah, permukaan laut akan naik beberapa meter dalam waktu yang relatif singkat secara geologis, mungkin dalam beberapa abad.

Antartika Timur terletak di sisi Samudra Hindia dari Pegunungan Transantartika dan terdiri dari Coats Land, Queen Maud Land, Enderby Land, Mac. Robertson Land, Wilkes Land, dan Victoria Land. Antartika Timur sebagian besar ditutupi oleh Lapisan Es Antartika Timur.

Es biru yang menutupi Danau Fryxell, di Pegunungan Transantartika.
Es biru yang menutupi Danau Fryxell, di Pegunungan Transantartika.

Fitur Geografis

Vinson Massif, puncak tertinggi di Antartika pada 4.892 m, terletak di Pegunungan Ellsworth. Antartika memiliki banyak gunung lain, baik di benua utama dan pulau-pulau di sekitarnya.

Gunung Erebus di Pulau Ross adalah gunung berapi aktif paling selatan di dunia. Gunung berapi terkenal lainnya ditemukan di Pulau Penipuan, yang terkenal dengan letusan raksasa pada tahun 1970.

Antartika adalah rumah bagi lebih dari 70 danau yang terletak di dasar lapisan es benua. Danau Vostok, ditemukan di bawah Stasiun Vostok Rusia pada tahun 1996, adalah danau subglasial terbesar di dunia.

Pernah diyakini bahwa danau itu tertutup selama 500.000 hingga satu juta tahun, tetapi sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa, seringkali, ada aliran besar air dari satu danau ke danau lainnya.

Ada beberapa bukti, dalam bentuk inti es yang dibor sekitar 400 m di atas garis air, bahwa perairan Danau Vostok mungkin mengandung kehidupan mikroba. Permukaan danau yang beku memiliki kemiripan dengan bulan Jupiter, Europa.

Jika kehidupan ditemukan di Danau Vostok, itu akan memperkuat argumen untuk kemungkinan kehidupan di Europa.

Pada 7 Februari 2008, sebuah tim NASA memulai misi ke Danau Untersee, mencari ekstrofil di perairannya yang sangat basa.

Jika ditemukan, makhluk yang tahan ini dapat semakin memperkuat argumen untuk kehidupan di luar bumi di lingkungan yang sangat dingin dan kaya metana.

Klaim Wilayah

TanggalNegaraTerritoryPerbatasan KlaimPeta
1840PrancisAdélie Land142°02'BB ke 136°11'BTAdélie Land
1908Britania RayaTeritori Antartika Britania Raya80°BB ke 20°BB termasuk yang tumpang tindih:Teritori Antartika Britania Raya
80°BB ke 74°BB diklaim Chili (1940)
74°BB ke 53°BB diklaim Chili (1940) dan Argentina (1943)
53°BB ke 25°BB diklaim Argentina (1943)
1923Selandia BaruDependensi Ross160°BT ke 150°BBDependensi Ross
1929NorwegiaPulau Peter I68°50'LS, 90°35'BBPulau Peter I
1933AustraliaTeritori Antartika Australia044°38'BT ke 136°11BT dan 142°02'BT ke 160°BTTeritori Antartika Australia
1939NorwegiaQueen Maud Land20°BB ke 44°38'BTQueen Maud Land
1940ChiliTeritori Antartika Chili90°BB ke 53°BB termasuk yang tumpah tindih:Teritori Antartika Chili
90°BB ke 74°BB diklaim Britania Raya (1908)
74°BB ke 53°BB diklaim Britania Raya (1908) dan Argentina (1943)
1943ArgentinaAntartika Argentina74°BB ke 25°BB termasuk yang tumpang tindih:Antartika Argentina
74°BB ke 53°BB diklaim Britania Raya (1908) dan Chili (1940)
53°BB ke 25°BB diklaim Britania Raya (1908)
-(tidak ada)Teritori tidak terklaim150°BB ke 90°BBTeritori tidak terklaim
(Marie Byrd Land)(kecuali Pulau Peter I)

Klaim Argentina, Inggris dan Chili tumpang tindih, dan telah menyebabkan gesekan. Pada tanggal 18 Desember 2012, Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris menamakan wilayah yang sebelumnya tidak disebutkan namanya sebagai Queen Elizabeth Land sebagai penghargaan untuk Queen Elizabeth II’s Diamond Jubilee.

Pada 22 Desember 2012, duta besar Inggris untuk Argentina, John Freeman, dipanggil ke pemerintah Argentina sebagai protes terhadap klaim tersebut. Hubungan Argentina-Inggris sebelumnya telah rusak sepanjang 2012 karena perselisihan kedaulatan Kepulauan Falkland di dekatnya, dan peringatan 30 tahun Perang Falklands.

Wilayah yang diperlihatkan sebagai klaim Australia dan Selandia Baru adalah wilayah Inggris hingga diserahkan setelah kemerdekaan negara-negara tersebut. Australia saat ini mengklaim wilayah terbesar. Klaim Inggris, Australia, Selandia Baru, Prancis, dan Norwegia semuanya diakui satu sama lain.

Negara-negara lain yang berpartisipasi sebagai anggota Traktat Antartika memiliki kepentingan teritorial di Antartika, tetapi ketentuan Traktat ini tidak memungkinkan mereka untuk membuat klaim saat berlaku.

  • Brasil memiliki “zona kepentingan” yang bukan klaim aktual.
  • Peru secara resmi memiliki hak untuk mengajukan klaim.
  • Rusia mewarisi hak Uni Soviet untuk mengklaim wilayah di bawah Perjanjian Antartika yang asli.
  • Afrika Selatan secara resmi memiliki hak untuk mengajukan klaim.
  • Amerika Serikat memiliki hak untuk mengajukan klaim dalam Perjanjian Antartika yang asli.
  • 1
    Share